Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Ciri dan Jenis Bakteri yang Sering Menginfeksi

Ketahui Ciri dan Jenis Bakteri yang Sering Menginfeksi

Ketahui Ciri dan Jenis Bakteri yang Sering Menginfeksi

Ketahui Ciri dan Jenis Bakteri yang Sering Menginfeksi

Ketahui Ciri dan Jenis Bakteri yang Sering Menginfeksi

Ketahui Ciri dan Jenis Bakteri yang Sering Menginfeksi – Bakteri merupakan suatu organisme dengan jumlahnya yang paling banyak serta akan tersebar luas jika dibanding dengan organisme yang lainnya yang ada di bumi. Pada umumnya bakteri merupakan organisme dengan uniseluler atau bersel tunggal, bakteri tidak mengandung klorofil, prokariota atau prokariot dan dengan ukuran mikroskopik atau sangat kecil. Kata bakteri atau bacterium yang berasal dari bahasa latin. Bakteri ini mempunyai jumlah spesies yang mencapai ratusan ribu ataupun bahkan lebih. Bakteri terdapat di mana – mana mulai berada di air, di tanah, ada di organisme lain, dan tempat yang lainnya, dengan lingkungan yang ramah ataupun dengan lingkungan yang ekstrim.Untuk tumbuh kembang pada bakteri baik dengan melalui peningkatan jumlah ataupun dengan penambahan jumlah sel yang sangat dipengaruhi dengan beberapa faktor, yaitu seperti suhu, pH, sumber nutrisi, kandungan garam, zat kimia serta zat dari sisa metabolisme.

1. Ciri- ciri Bakteri
Berikut merupakan ciri-ciri bakteri, diantaranya:
a. Pada umumnya bakteri tidak berklorofil
b. Bakteri hidupnya sangat bebas atau sebagai parasit maupun pathogen
c. Bakteri bentuknya beraneka ragam
d. Mempunyai ukuran yang kecil rata- rata 1 sampai dengan 5 mikron
e. Tidak memiliki membran inti sel atau prokariot
f. Kebanyakan Uniseluler atau mempunyai satu sel
g. Bakteri jika berada di lingkungan yang ekstrim maka dinding sel tidak dapat mengandung peptidoglikan, sedangkan jika kosmopolit maka bakteri mengandung peptidoglikan.

2. Manfaat Bakteri

Manfaat atau Kegunaan Bakteri yang Menguntungkan untuk Kehidupan, sebagai berikut:
a. Dapat membantu menyuburkan tanah dimana bakteri menghasilkan nitrat
b. Sebagai pengurai sisa makhluk hidup dengan proses pembusukan
c. Untuk fermentasi dalam pembuatan makanan serta minuman
d. Sebagai penghasil obat-obatan misalnya antibiotik
e. Dapat mengurai sampah untuk menghasilkan energy
f. Dapat membantu untuk pembuatan zat-zat kimia, dan lainya.3. Jenis bakteri yang sering menginfeksi
Di bumi terdapat ribuan bakteri, akan tetapi yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia hanya sebagian kecilnya saja. Berikut merupakan beberapa jenis bakteri yang paling sering menginfeksi diantaranya:

a. Staphylococcus
Jenis staphylococcus yang dapat menyebabkan infeksi misalnya Staphylococcus aureus dimana bakteri ini mengakibatkan penyakit kulit yang serius.

b. Streptococcus
Beberapa spesies dari bakteri steptococcus ini akan mengakibatkan berbagai penyakit misalnya pneumonia, mengalami radang tenggorokan, mengalami meningitis, dan dapat menyebabkan fasciitis necrotizing. Streptococcus merupakan bakteri Gram- positif  yang berbentuk bola.

c. Haemophilus influenza
Haemophilus influenzae merupakan bakteri Gram – negatif yang berbentuk batang. Bakteri ini pada umumnya adalah bakteri aerobik, akan tetapi bisa bertahan sebagai bakteri anaerob fakultatif. Haemophilus influenzae merupakan patogen oportunistik yang bisa bertahan di dalam inang tanpa dapat menimbulkan infeksi. Akan tetapi, pada saat imunitas menjadi melemah, bakteri ini dapat menginfeksi serta dapat mengakibatkan penyakit. Haemophilus influenzae dapat mengakibatkan penyakit meningitis bakteri, penyakit selulitis, penyakit pneumonia osteomyelitis, infeksi telinga, arthritis menular, konjungtivitis, serta menyebabkan sinusitis pada anak- anak.d. Escherichia coli
Bakteri ini adalah bakteri yang dapat menghuni sistem pencernaan serta dapat mengakibatkan diare berat dan juga menyebabkan keracunan makanan. Selai itu penyakit yang dapat  diakibatkan oleh infeksi E. coli yaitu gastroenteritis, infeksi saluran kemih, meningitis, septikemia, dan lainya.

e. Helicobacter pylori
Bakteri helicobacter pylori merupakan bakteri yang dapat mengakibatkan radang perut. Selain itu dapat menyebabkan ulkus lambung, gatritis dan penyakit yang terkait dengan perkembangan pada kanker perut dan juga ulkus duodenum.

f. Salmonella
Salmonella dapat ditularkan dengan melalui makanan dimana bakteri ini dapat menyebabkan diare serta menyebabkan keracunan makanan. Selain itu salmonella dapat mengakibatkan demam paratifoid, demam tifus dan berbagai penyakit lainnya yang dapat ditularkan dengan melalui makanan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates