Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui  Seputar Gejala dan Penyebab Pengentalan Darah dalam Tubuh

Ketahui  Seputar Gejala dan Penyebab Pengentalan Darah dalam Tubuh

Ketahui  Seputar  Gejala dan Penyebab Pengentalan Darah dalam Tubuh

Ketahui  Seputar  Gejala dan Penyebab Pengentalan Darah dalam Tubuh

Ketahui Seputar Gejala dan Penyebab Pengentalan Darah dalam Tubuh

Ketahui  Seputar  Gejala dan Penyebab Pengentalan Darah dalam Tubuh – Jarang sekali masyarakat memeriksakan kekentalan darah ke laboratorium. Padahal jika kondisi darah mengental, dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. Kondisi darah yang kental tidak akan mengalir ke seluruh bagian tubuh, maka akibatnya yaitu darah yang kental dapat menghambat suatu aliran darah di dalam tubuh seseorang. Darah yang kental berbeda dengan kondisi pembekuan darah, pada pembekuan darah dibutuhkan pada saat seseorang terluka atau untuk menghentikan pendarahan. Sedangkan pada kondisi darah yang kental justru akan sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh, sebab dengan darah yang kental adalah penyebab dari berbagai jenis penyakit yang kronis serta dapat mematikan. Alangkah baiknya harus memahami terlebih dahulu gejalanya.

1. Gejala Pengentalan Darah
a. Sakit mata
b. Terasa sakit kepala
c. Badan menjadi lemas.
d. Pusing
e. Terkena migrain dengan frekuensi yang sering
f. Mudah mengantuk
g. Mengalami gejala anemia
h. Pegal

2. Penyebab Pengentalan Darah
Berikut merupakan penyebab darah menjadi kental diantaranya:

a. Alkohol
Akibat mengkonsumsi alkohol tidak baik bagi peredaran darah, sebab alkohol dapat mengalahkan kandungan air yang terdapat di dalam tubuh. Jika semakin sering mengkonsumsi alkohol, maka akan semakin sering mengalami dehidrasi.

b. Kurang Mengkonsumsi Air Putih
Air putih sangat berguna untuk menjaga kondisi kesehatan, dengan air putih dapat menjaga kesehatan serta menjaga stamina tubuh. Apabila seseorang beraktifitas yang dapat melelahkan, harus diimbangi juga dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup.

c. Merokok
Kandungan nikotin dalam rokok dapat mengakibatkan aliran darah akan menjadi tidak lancar, aliran darah yang tidak lancar menyebabkan darah menggumpal serta dapat mengakiatkan pengentalan darah.

d. Kurang Gerak
Seseorang dengan kurang gerak, dapat megakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar serta akan menjadi penyebab darah menjadi kental.

e. Kolesterol
Seseorang yang mengalami kolesterol tinggi akan cenderung mempunyai darah yang kental, denagn demikian seseorang dengan kolesterol tinggi menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti jantung serta stroke.

f. Kekurangan Trombosit
Penyebab darah menjadi kental karena darah kekurangan trombosit. Trombosit merupakan suatu zat yang mempunyai peran untuk pembekuan darah. Dampaknya darah akan saling melekat serta akan menempel satu sama lain.

g. Kerusakan Endotel
Endotel adalah bagian darah yang mempunyai peran untuk membekukan darah apabila mengalami luka ataupun pendarahan. Apabila endotel rusak, maka trombosit satu dengan yang lainnya akan saling melekat dengan demikian resiko darah dapat menjadi kental serta susah untuk dialirkan.

h. Sindrom
Sindrom darah kental adalah penyebab yang dapat mengakibatkan kepekatan darah menjadi meningkat. Kepekatan darah ini dapat diakibatkan karena trombosit yang kurang, dengan demikian akan saling melekat antara satu sama lain.

i. Pola Makan
Jika pola makan tidak teratur dapat mengakibatkan seseorang untuk mengalami pengentalan darah, karena makan yang tidak teratur bisa diikuti dengan menu makanan yang sehat dengan tidak teratur juga.

j. Stress
Stress dapat mengakibatkan darah menjadi kental karena stress akan membuat penyempitan pada pembuluh darah serta darah akan menjadi tidak lancar jika dialirkan.

k. Radikal Bebas
Radikal bebas dapat mengakibatkan seseorang mengalami pengentalan darah, radikal bebas yang dapat mengakibatkan pengentalan darah seperti polusi udara serta akibat lainya.

l. Genetik
Apabila seesorang membawa virus sebagai penyebab hepatitis dari ke dua orangtua dengan demikian seseorang akan menjadi rentan untuk terkena pengentalan darah.

m. Suhu Dingin
Dengan suhu dingin dapat mengakibatkan darah akan menjadi kental. Suhu dingin dapat dirasakan seperti pada saat naik pesawat, dengan ketinggian diatas permukaan bumi, dan lainya, dengan kondisi dingin akan membuat darah menjadi kental.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates