Saturday , 23 September 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Kantin

Peluang Bisnis Kantin

Peluang Bisnis Kantin

Peluang Bisnis Kantin

Peluang Bisnis Kantin

Peluang Bisnis Kantin – Mempunyai bisnis rumah makan saat ini sudah banyak disukai oleh para calon pebisnis di negara Indonesia, karena selain dibilang menguntungkan bisnis ini juga mempunyai pasar yang terbilang tidak pernah ada habisnya. Selain itu juga, keuntungannya dapat mencapai 60% dari harga jual, apalagi bila diterapkan di daerah kota besar seperti Jakarta. Salah satunya adalah melalui membuka bisnis kantin, dengan mempunyai beberapa variasi makanan dan juga tempat yang strategis, binis ini memberikan keuntungan yang terbilang cukup baik.

Konsumen
Konsumen utama dari bisnis kantin ini merupakan pelajaran, mahasiswa, sampai karyawan dari sebuah perusahaan. Biasanya kantin semacam ini dibuka di komplek sekolah, kampus atau di lingkungan kerja seperti pabrik kemudian hotel atau perusahaan – perusahaan lainnya.

Info bisnis
Untuk menu dari makanan dan minuman yang bisa Anda ditawarkan adalah Lontong, gorengan, mie , Burger, Soto, Bubur Ayam, Nasi Rames dll. Sedangkan menu untuk minuman Anda bisa menawarkan menu semacam aneka juice.
Prosedur dan juga persyaratan untuk bisa mendirikan outlet kantin ini biasanya suka bergantung dari peraturan masing – masing. Tapi biasanya ada 2 macam jenis untuk pembayaran biaya sewa tempat. Sistem pertama ialah pembayaran melalui suatu pemotongan harga jual, biasanya adalah 20% dari harga jual untuk pihak dari pengelola kantin. Sehingga untuk setiap bulannya pihak kantin tidak lagi menyerahkan pembayaran. Sistem kedua ialah pembayaran sewa setiap tahun atau setiap bulan, bila setiap tahun biaya sewanya antara 10jt sampai 20jt per th itu tergantung lokasi atau juga 500rb sampai 1jt untuk sewa setiap bulan.

Kelebihan bisnis
Kebutuhan untuk makan terbilang tidak akan pernah mungkin ada habisnya, begitu juga dengan bisnis dari kantin ini. Selama masih ada banyak pelajar, mahasiswa atau para karyawan, maka untuk kelangsungan bisnis kantin ini juga akan selalu terjaga. Yang terpenting adalah Anda harus menjaga kualitas dari makanan yang ditawarkan, maka para konsumen konsumen Anda akan tetap loyal terhadap bisnis kantin Anda.

Kekurangan bisnis
Biasanya di dalam suatu lokasi tidak hanya memiliki satu kantin saja, ada beberapa pelaku dari bisnis lain yang menjajakan berbagai makanan. Sehingga persaingan untuk bisnisnya pun cukup terbilang ketat. Oleh karena itu tingkatkan suatu kualitas dari cita rasa makanan yang Anda coba tawarkan, supaya konsumen tidak lekas pindah ke pesaing Anda.

Pemasaran
Sebaiknya Anda mencoba untuk memperhatikan lokasi tersebut apakah tempat tersebut ramai atau tidak. Semakin ramai pengunjungnya maka akan semakin mahal pula biaya untuk sewanya, selain itu juga Anda juga perlu untuk memperhatikan jenis dari para pengunjung disini. Anda juga harus dapat menerapkan sistem jemput bola supaya bisa menambah pendapatan setiap harinya.

Kunci sukses
Selain hal – hal yang ada diatas, permasalahan mengenai stok bahan baku pun jangan pernah di remehkan, karena jika Anda tidak bisa untuk mengantisipasinya, maka Anda akan kehilangan banyak order atau juga pemasukan. Oleh karena itu stock bahan baku, Anda harus mempunyai 2 jenis suplier. Pertama, supplier Anda sendiri, yang kedua suplier adalah dari orang lain. Jika suplier  adalah dari orang lain ini, maka Anda menerapkan sistem stock 2 sampai 3 hari.

Kondisi dari jalan dan juga transportasi di lokasi Anda membuat Anda harus benar – benar memperhitungkan mengenai masalah pengiriman dan juga perjalanan menuju kantin. Sehingga Anda perlu melakukan suatu kerjasama dengan ojek  untuk bisa membantu Anda dalam pengantaran Anda membeli stock bahan baku. Oleh karena itu bisnis kantin ini, Anda harus benar – benar memperhatikan lokasinya. Ini dimaksudkan supaya lebih mudah di dalam melakukan kegiatan pengantaran makanan.

Analisa Keuangan

Pendapatan rata – rata  setiap harinya adalah Rp 150.000
Itu sudah termasuk ke dalam pemotongan 20% untuk pengelola
Pendapatan rata -rata per bulan per outlet = Rp 4.500.000
Pendapatan total per bln = Rp 24.500.000
Biaya untuk bahan pokok 40%  = Rp 9.800.000
Keuntungan kotor = Rp 14.700.000
Biaya untuk gaji 9 Karyawan = Rp 6.000.000
Biaya untuk sewa = Rp 1.500.000
Biaya untuk transportasi = Rp 1.000.000
Biaya untuk listrik = Rp 2.500.000
Total dari biaya =  Rp 11.000.000
Keuntungan Bersih =  Rp 3.700.000

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates