Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Anthrax

Seputar Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Anthrax

Seputar Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Anthrax

Seputar Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Anthrax

Seputar Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Anthrax

Seputar Diagnosa dan Pengobatan Penyakit Anthrax – Anthrax merupakan penyakit hewan yang bisa menular ke manusia serta penyakit ini bersifat akut. Penyebab dari penyakit anthtrax ini yaitu bakteri Bacillus anthracis, dimana sifat dari bakteri ini bersifat aerob, serta membutuhkan oksigen untuk hidup. Jika di alam bebas bakteri Bacillus anthracis akan membentuk spora dimana sporanya dapat tahan sampai puluhan tahun di dalam tanah serta dapat menjadi sumber penularan terhadap hewan serta manusia.

Penularan yang dapat terjadi pada manusia dapat dengan melalui kontak langsung dari spora yang tardapat pada tanah, pada tanaman, ataupun bahan dari hewan yang sedang sakit (dari kulit, dari daging, tulang ataupun dari darah). Mengkonsumsi produk hewan yang mengalami anthrax ataupun dengan melalui udara yang sudah tercemar spora, seperti pada pekerja di tempat pabrik wool ataupun pada kulit binatang. Dengan demikian terdapat empat tipe penyakit anthrax, yakni tipe anthrax kulit, anthrax pencernaan atau anthrax usus, tipe anthrax pernapasan atau anthrax paru serta tipe anthrax otak. Anthrax otak dapat terjadi apabila bakteri terbawa dalam aliran darah kemudian masuk ke dalam otak.

Masa inkubasi pada penyakit anthrax kulit yaitu sekitar 2 hingga 5 hari. Pada awalnya kulit akan terasa gatal, lalu kulit akan melepuh yang apabila pecah dapat membentuk keropeng yang hitam di tengahnya. Di sekitar yang keropeng akan mengalami bengkak dan juga nyeri. Pada penyakit anthrax ini akan masuk ke dalam tubuh dalam waktu 24 jam, dimana dengan waktu 24 jam penderita akan mengalami demam, Sedangkan pada kondisi anthrax usus muntah darah, mual, pada anthrax paru akan mengalami sesak, pada anthrax otak mengalami sakit kepala serta kejang. Apabila tidak segera diobati dapat meninggal dengan waktu satu sampai dua hari. Agar dapat terhindar dari penyakit anthrax dianjurkan jika membeli daging berasal dari tempat pemotongan resmi, proses memasak daging sampai matang agar kuman mati, dan biasakan mencuci tangan sebelum makan.

1. Pengobatan penyakit Anthrax
Semua jenis anthrax bisa dicegah dengan melakukan terapi dengan menggunakan antibiotik. Orang yang mengalami penyakit anthrax bisa diberikan antibiotik oral, seperti golongan amoksisilin, golongan ciprofloxacin ataupun doxycycline. Golongan antibiotik tersebut dapat dilanjutkan selama 60 hari agar dapat mencegah adanya kekambuhan. Jika semakin lama terapi tidak dilakukan, maka semakin besar risiko untuk mengalami dampak yang tidak bisa diubah. Dengan demikianterapi harus dimulai secepat mungkin pada saat diduga mengalami anthrax.

2. Cara mendiagnosis anthrax
Untuk mendeteksi penyakit Anthrax dapat dilakukan dengan mendiagnosis berdasarkan tanda atau gejala, dengan melakukan pemeriksaan fisik, dengan melihat riwayat paparan yang berisiko tingg. Cara terbaik untuk mendiagnosis agar dapat akurat, dengan melakukan pemeriksaan pada  kulit, pemerisaan darah, serta feses untuk mendeteksi bakteri Bacillus anthracis, dengan melakukan rontgen X-ray ataupun computed tomography (CT) pada dada, dengan melakukan endoskopi, sera dengan suntikan spinal juga bisa dilakukan.

3. Mengatasi penyakit Anthrax
Berikut merupakan gaya hidup dan upaya pengobatan dirumah untuk mengatasi penyakit anthrax, diantaranya:

a. Lakukanlah vaksinasi apabila pekerjaan sehari- hari mempunyai resiko yang tinggi. Misalnya dokter hewan, pada pekerja laboratorium, serta pada pekerja darurat yang memiliki resiko sehingga harus divaksinasi.

b. Hubungilah dokter dengan segera apabila sudah mendeteksi terjadi gejala awal infeksi.

c. Habiskanlah dalam mengkonsumsi antibiotik.

d. Konsultasilah kepada tenaga medis terkait perlakuan penyakit anthrax

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates