Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengatasi Xerostomia

Tips Mengatasi Xerostomia

Tips Mengatasi Xerostomia

Tips Mengatasi Xerostomia

Tips Mengatasi Xerostomia

Tips Mengatasi Xerostomia – Xerostomia merupakan suatu kondisi pada mulut yang disebabkan karena perubahan kadar saliva ataupun aliran air liur yang berkurang. Mulut kering adalah gejala karena kelenjar ludah yang tidak berfungsi secara normal. Kelenjar ludah yang tidak dapat berfungsi secara normal dapat dikaitkan dengan kondisi penuaan, dehidrasi, stres, karena kecemasan, mendengkur, karena depresi, merokok ataupun karena minum alkohol. Mulut kering terjadi bisa karena efek samping karena obat-obatan seperti obat depresi, nyeri saraf atau neuropati serta kecemasan, dan beberapa obat antihistamin, obat dekongestan, relaksan otot serta obat nyeri. Selain itu mulut kering juga karena akibat pengobatan kemoterapi, karena terapi radiasi, karena diabetes, karena kerusakan saraf serta penyakit autoimun.Adapun gejala mulut kering yakni mulut terasa kasar serta kering, air liur akan kental, lidah menjadi kasar, haus secara berlebihan, terdapat luka dimulut, mengalami bau mulut, hilangnya rasa, bibir menjadi pecah-pecah dan akan kesulitan mengunyah, berbicara maupun menelan. Berikut merupakan tips untuk mengatasi mulut kering, diantaranya:

1. Tingkatkan Asupan Cairan
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab terjadinya mulut kering. Sehingga, hal yang terbaik untuk di lakukan yaitu dengan manambah asupan cairan agar dapat menjaga tubuh dari kondisi dehidrasi. Hidrasi yang tepat bisa untuk memudahkan tubuh dalam memproduksi air liur yang lebih banyak serta dapat membantu untuk mengurangi bahkan menghilangkan gejala mulut kering. Hindarilah minuman yang berkafein, soda serta minuman yang beralkohol karena bisa meningkatkan tubuh akan menjadi dehidrasi.

2. Cabe Rawit
Cabe rawit bisa merangsang dalam produksi air liur, dengan demikian cabe rawit adalah solusi yang terbaik dalam kondisi mulut kering. Selain itu juga, cabe rawit bisa membantu untuk meningkatkan nafsu makan yang lebih baik sebab bisa membedakan rasa asam, manis, rasa asin serta rasa pahit.

3. Biji Adas
Kandungan Flavonoid dalam biji adas bisa merangsang adanya aliran air liur, dengan demikian bisa membantu untuk menghilangkan mulut kering. Ditambah dengan rasa aromatik biji adas bisa membantu untuk menghilangkan bau mulut atau halitosis.

4. Jeruk nipis
Air jeruk nipis kandungannya bisa merangsang produksi air liur serta dapat mengurangi kondisi mulut kering. Bahkan jeruk nipis yang bersifat asam bisa membantu dalam membersihkan mulut dan juga menghilangkan halitosis atau bau mulut.

5. Jahe
Jahe bisa digunakan dalam mengobati kondisi mulut kering. Tampaknya Jahe sangat efektif untuk merangsang air liur serta bisa membuat mulut akan terasa segar. Dengan cara :

a. Mengunyah sepotong kecil jahe yang segar dengan perlahan. Lakukan langkah ini dengan beberapa kali sehari agar dapat melawan gejala mulut kering.

b. Dapat juga minum dua sampai tiga cangkir teh jahe yang dicampur dengan madu agar dapat merangsang kelenjar ludah.

Tips tambahan
a. Hindari konsumsi merokok serta mengunyah tembakau sebab bisa menghambat produksi air liur.

b. Konsumsilah permen yang bebas gula ataupun mengunyah permen karet bebas gula agar dapat meningkatkan produksi air liur.

c. Hindarilah mengkonsumsi obat-obatan misalnya diuretik, obat antihistamin serta dekongestan yang bisa menyebabkan mulut kering.

d. Berkumurlah dengan air garam yang hangat 3 atau 4 kali dalam sehari.

e. Sesekali menghirup uap agar dapat membantu melembabkan hidung serta saluran udara.

f. Selain dengan menyikat gigi, bersihkanlah juga lidah setiap hari. Gunakanlah pasta gigi serta obat kumur dengan kandungan fluoride di dalamnya.

g. Minum air pada saat makan serta mengunyah makanan dengan menyeluruh sebelum menelannya. Setelah konsumsi makanan, bilaslah mulut dengan air hangat.

h. Kurangilah asupan makanan yang pedas dan asam sebab bisa mengiritasi bagian dalam mulut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates