Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Osteofit pada Tubuh

Ketahui Gejala Osteofit pada Tubuh

Ketahui Gejala Osteofit pada Tubuh

Ketahui Gejala Osteofit pada Tubuh

Ketahui Gejala Osteofit pada Tubuh – Osteofit dikenal sangat erat hubungannya dengan arthritis. Hal ini dapat terjadi di bagian tulang belakang ataupun lutut, pada saat mengalami osteofit tulang belakanglah yang akan muncul. Gejala yang akan terjadi biasanya tidak akan nampak, dengan demikian tidak terdeteksi. Pada banyak kasus osteofit tidak menunjukkan suatu gejala, dengan demikian banyak orang yang terlambat untuk mengetahui adanya penyakit osteofit di dalam tubuh seseorang. Kondisi osteofit ini banyak yang terdeteksi pada saat melakukan pemeriksaan rontgen, dimana sebenarnya pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang lain.Meskipun sebagian besar kasus osteofit gejalanya tidak nampak, namun terdapat beberapa penderita yang dapat mengalami rasa sakit dengan demikian sendinya tidak dapat digerakkan. Kondisi tersebut sudah diduga seseorang mengalami osteofit meskipun lebih mengarah pada kondisi peradangan sendi. Gejala yang lain pun dapat terjadi meskipun jarang,  serta tentunya akan berbeda-beda yang tergantung dengan lokasi tumbuhnya osteofit.

Berikut merupakan gejala osteofit yang biasa terjadi, diantaranya:
1. Osteofit pada Leher
Dengan kondisi osteofit dapat mengalami gejala yang dialami penderita yakni tulang osteofit akan tumbuh di bagian leher yakni mengalami rasa sakit ataupun mengalami nyeri di bagian tangan. Jika rasa sakit yang dirasakan seperti halnya tertusuk jarum atau pada tangan mengalami mati rasa karena saraf terjepit, dengan demikian di duga mengalami penyakit osteofit.

2. Osteofit pada Jari
Perhatikanlah kondisi sendi pada jari Anda, baik pada jari tangan maupun pada jari kaki. Pastikanlah apakah pada sendi mengalami tampak terlihat menonjol dimana bentuknya sama dengan seperti benjolan. Jika memang mengalami benjolan, dapat di cek apakah terasa keras pada saat disentuh. Apabila terasa keras maka termasuk gejala osteofit.

3. Osteofit pada Lutut
Ketika seseorang mengalami sakit pada bagian lutut, dengan kondisi tersebut jika ditekuk maupun diluruskan akan terasa sakit, dimana kondisi ini merupakan keluhan awal dari penyakit osteofit. Rasa sakit serta terbatasnya gerakan karena akibat pergerakan tendon dan juga tulang yang terhubung di bagian lutut terhalang.

4. Osteofit pada Pinggang
Osteofit juga dapat terjadi pada bagian pinggang serta ciri utamanya yaitu pergerakan di bagian pinggang akan menjadi terbatas. Penderita yang mengalami ini dapat terasa sakit pada saat akan mencoba dalam menggerakkannya. Banyak orang yang memperkiraan dengan kondisi ini yaitu karena sakit pinggang yang biasa, namun harus waspada dengan penyakit osteofit.

5. Osteofit pada Tulang Belakang
Pada bagian tulang belakang dimana tempat untuk tumbuhnya tulang osteofit, dengan demikian penting untuk mengenali adanya tanda atau gejala yang mungkin akan muncul. Apabila mengalami mati rasa pada bagian kaki ataupun lengan akibat tulang osteofit, dengan demikian otomatis tempat untuk saraf tulang belakang akan menjadi lebih kecil ruangnya dan pada akhirnya saraf tulang belakang akan terjepit.

6. Osteofit pada Bahu
Pada kasus osteofit akan terjadi pada bagian bahu dengan gejalanya dapat timbul pembengkakan ataupun tendinitis. Soket bahu bisa mengalami robek ataupun terkikis, dimana soket bahu ini adalah pelindung untuk sendi bahu. Sehingga, keluhan yang akan dialami yaitu terbatasnya gerakan pada bagian bahu. Pada intinya, dimana pun tulang osteofit akan tumbuh, maka otomatis dapat menjadikan seseorang akan mengalami keterbatasan untuk setiap gerakan yang akan dilakukannya. Dengan sejumlah kasus, mobilitas dapat menjadi lebih sulit sebab kekakuan serta rasa nyeri yang dialami.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates