Thursday , 24 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Penyakit pada Syaraf

Ketahui Jenis Penyakit pada Syaraf

Ketahui Jenis Penyakit pada Syaraf

Ketahui Jenis Penyakit pada Syaraf

Ketahui Jenis Penyakit pada Syaraf

Ketahui Jenis Penyakit pada Syaraf – Sistem syaraf dapat berperan untuk mengatur sebagian besar yang terdapat di dalam tubuh manusia. Yang di mulai dari rambut hingga ujung kaki. Saraf sangat mempunyai kontribusi yang besar sistem dengan demikian harus dijaga kesehatannya. Sistem syaraf ini juga sebagai pengontrol semua koordinasi. Koordinasi dari bagian pendengaran, penginderaan, pemikiran dan perasaan. Termasuk mengkoordinasi gerakan dan juga fungsi tubuh yang lainnya. Dengan demikian, apabila terjadi masalah kesehatan atau mengalami gangguan pada sistem syaraf, maka dampaknya bukan hanya pada otak saja. Namun akan mempengaruhi semua anggota tubuh.

Terdapat banyak jenis penyakit yang dapat menyerang pada sistem saraf. Berikut merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang system saraf, diantaranya:

1.    Infeksi sistem syaraf pusat
Seseorang dengan penyakit infeksi system syaraf membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Bahkan pada saat sembuh, tidak akan dapat kembali seperti awal.

2.    Ensefalitis atau radang otak
Penderita dengan penyakit ensefalitis akan mengalami demam serta sakit kepala secara berlebihan. Penyebab terjadi penyakit ini karena virus. Meskipun sistem imun dapat mencoba dalam melawan infeksi otak. Namun biasanya kondisi akan bertambah parah hingga menyebabkan kematian.

3.    Meningitis atau radang selaput
Meningitis merupakan penyakit infeksi yang dapat menyerang selaput otak, yang berperan untuk menutupi otak serta sum-sum tulang belakang. Penderita dapat merasakan demam yang cukup tinggi dan mengalami sakit kepala serta bagian leher akan terasa kaku. Penyebab meningitis ini yaitu virus atau bakteri. Kondisi meningitis yang diakibatkan bakteri, dapat mengakibatkan kerusakan pada otak, hingga menyebabkan kematian.

4.    Sindrom raye
Penyakit sindrom raye merupakan sindrom yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada bagian otak, serta dampaknya bisa fatal. Seseorang dengan sindrom raye mempunyai kekebalan tubuh yang rendah. Karena pada masa muda sering mengkonsumsi obat dengan kandungan aspirin.

5.    Epilepsi
Penyakit epilespi dapat di bagi menjadi tiga jenis, yaitu epilepsy kriptogenik, simptomatik serta idiopatik. Dengan kondisi epilepsi simptomatik penderita akan mengalami kejang-kejang karena mengalami kerusakan pada bagian otak. Pada penderita dengan epilepsi idiopatik, mengalami kejang – kejang yang tidak ditemukan penyebabnya. Seangkan dengan kondisi epilespi kriptogenik penderita akan mengalami kejang – kejang tanpa diketahui alasannya. Padahal kondisi struktur otaknya tidak mengalami gangguan apapun.

6.    Hidrocephalus
Penyakit hirocephalus sasaran utamanya yaitu organ otak. Penderita dengan penyakit  hidrosefalus dapat mengalami penumpukan cairan pada otak. Dampaknya akan terjadi peningkatan pada tekanan otak.

7.    Alzheimer
Penyakit alzheimer merupakan gangguan pada otak dimana penderitanya dapat mengalami disorientasi serta mengalami perubahan perilaku. Seperti akan menjadi lebih penuntut, agresif dan mempunyai rasa curiga kepada orang lain.

8.    Vertigo
Terdapat bebrapa vertigo, yaitu vertigo ringan hingga berat. Apabila masih dalam tahap yang ringan, kondisi vertigo tidak akan terlalu terasa. Sedangkan dengan penyakit vertigo dalam kondisi yang berat, dapat menghambat aktivitas. Gejala lainnya yaitu akan mengalami kehilangan keseimbangan sehingga susah untuk berdiri meupun berjalan, mual ataupun muntah, dan mengalami pening.

9.    Parkinson
Penyakit Parkinson dapat mengakibatkan terjadinya degenerasi sel saraf pada bagian otak tengah. Dimana fungsi utama dari bagian otak ini yaitu sebagai pengatur pergerakan tubuh ataupun sistem motoriknya. Gejalanya yaitu mengalami tremor atau gemetar.

10.    Lumpuh otak
Penyakit lumpuh pada otak yang biasa dikenal dengan istilah cerebral palsy adalah jenis penyakit pada syaraf yang mempengaruhi sistem koordinasi dan pergerakan tubuh. Penyakit ini biasanya akan menyerang anak – anak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates