Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Penyakit Osteofit

Ketahui Penyebab Penyakit Osteofit

Ketahui Penyebab Penyakit Osteofit

Ketahui Penyebab Penyakit Osteofit

Ketahui Penyebab Penyakit Osteofit

Ketahui Penyebab Penyakit Osteofit – Osteofit adalah suatu kondisi salah satu penyakit yang berkaitan dengan tulang serta sendi dengan istilah sebagai bone spur. Osteoarthritis dapat membentuk osteofit di sekitar sendi yang pada akhirnya akan menjadi penyebab tulang sakit yang sekaligus kaku. Tulang osteofit paling sering dijumpai pada punggung di bagian bawah, bagian lutut, bagian pundak, di sekitar leher, ibu jari serta tumit.

Faktor yang dapat mengakibatkan osteofit terjadi dalam tubuh seseorang dapat berbeda – beda, antara penderita yang dengan penderita yang lainya. Dimana pada kebanyakan kasus dengan kondisi osteofit, peradangan lokal merupakan menjadi alasannya yang menyebabkan sendi rusak. Hal ini biasanya awal dari tendonitis ataupun osteoarthritis yang pada umumnya terjadi di masyarakat.

Keadaan tersebutlah yang akan menjadi stimulator ataupun perangsang pada sel-sel tubuh untuk memproses dalam pembentukan tulang pada area tulang yang mengalami rusak dibagian bantalan pada tulang rawannya. Pembentukan osteofit dapat terjadi akibat adanya hasil klasifikasi dari suatu ligamen, dari periosteum, ataupun sejumlah jaringan lain yang posisinya dekat dengan tulang.

Berikut merupakan faktor penyebab osteofit, diantaranya:
1. Faktor Usia
Pada saat usia seseorang bertambah tua, maka peradangan sendi bisa semakin mudah untuk berkembang, biasanya pada bagian lutut. Hal tersebut bisa lebih tinggi risikonya jika memiliki riwayat pada cedera lutut karena lututlah yang akan bekerja keras.

2. Pasca Trauma
Setelah mengalami trauma, osteofit dapat terjadi pada penderita yang mengalami cedera pada saat struktur tulang terjadi kerusakan yang serius. Pada kondisi ini, dapat terjadi periosteum air mata di bagian tulang yang masih utuh. Adanya pengerasan di bagian periosteum tersebut maka menjadi osteofit. Pada kondisi osteofit yang diakibatkan karena trauma biasanya akan lebih banyak terjadi pada sendi siku serta lutut.

3. Peradangan
Peradangan dapat terjadi di bagian sendi dan hal tersebut rupanya akan berpengaruh terhadap osteofit. Adanya peradangan pada tendon Achilles merupakan suatu kondisi yang dapat menjadi penyebab timbulnya osteofit di bagian belakang tulang, utamanya pada tulang tumit dibagian kaki. Pada kondisi ini, maka penderita bsia merasakan nyeri dengan demikan akan kesulitan untuk berjalan. Arthritis pada tulang belakang akan berpotensi terjadinya osteofit. Tidak hanya terdapat pada pangkal ibu jari ataupun radang sendi jari tangan, pada kaki, pada pinggul, ataupun lutut, akan tetapi  tulang belakangpun dapat menjadi sasaranya.

4. Kanker
Faktor terjadinya penyakit kanker juga dapat menjadi faktor penyebab timbulnya kondisi osteofit. Dengan penyakit kanker akan menjadi pemacu untuk pertumbuhan osteofit. Tumor dengan kondisinya yang masih jinak dapat menjadi suatu hal yang cukup merugikan untuk kesehatan tulang dan juga sendi.

5. Gangguan Endokrin
Endokrin adalah sebuah sistem jaringan pada kelenjar yang berperan sebagai penghasil sekaligus sebagai pelepas hormone – hormon yang mendukung kontrol fungsi tubuh manusia yang vital. Hal tersebut termasuk pada kemampuan tubuh untuk proses pengubahan kalori dengan demikian bisa menjadi tenaga organ serta sel. Gangguan dalam sistem endokrin biasanya akan terjadi pada saat system tersebut mengalami ketidak seimbangan. Beragam penyakit juga dapat terjadi misalnya hipertensi, malnutrisi, gondok, gangguan jantung, serta penyakit diabetes.

Penyakit osteofit sebenarnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat – obatan atau apabila kondisi sudah mengalami serius, dengan demikian pembedahan dapat dilakukan untuk jalan keluarnya. Dengan tujuan supaya dapat membuat kondisi peradangan menjadi berkurang dan dapat membantu agar cedera tidak terulang lagi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates