Thursday , 23 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Metode Diagnosa dan Pengobatan Osteofit

Seputar Metode Diagnosa dan Pengobatan Osteofit

Seputar Metode Diagnosa dan Pengobatan Osteofit

Seputar Metode Diagnosa dan Pengobatan Osteofit

Seputar Metode Diagnosa dan Pengobatan Osteofit

Seputar Metode Diagnosa dan Pengobatan Osteofit – Osteofit atau disebut dengan bone spur adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan tulang serta sendi. Sendi yang mengalami osteoarthritis pada umumnya akan membentuk osteofit yang dapat menyebabkan tulang sakit sekaligus tulan akan menjadi kaku. Untuk mendiagnosa penyakit osteofit, tentunya tidak semua dokter dapat membantu untuk menangani kondisi osteofit. Pada saat gejala mulai terasa, maka seesorang harus datang ke spesialis rheumatologist ataupun dokter spesialis gangguan sendi.Dalam menentukan diagnosa, dokter terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan fisik dimana osteofit dapat dipastikan dengan mendeteksi di area mana penderita terasa sakit yang lebih sering dialami. Dalam menentukan diagnosa, pengecekan posisi tonjolan tulang dapat dilakukan pada sendi dan wilayah di sekelilingnya agar tepat bagian mana yang dapat diobati.

Tidak hanya dengan pemeriksaan tes fisik, dalam menentukan diagnosa juga tes gerakan dilakukan untuk mengetahui dimana pergerakan sendi serta mengetahui kekuatan otot. Tujuan pemeriksaan ini agar mengetahui kekuatan otot dan sendi sehingga dapat diketahui seberapa serius kondisi osteofit sudah menyerang bagian tubuh penderita.

Selain dengan melakukan tes fisik dan juga gerakan, terdapat pula tes-tes yang lainnya misalnya dilakukan tes pencitraan. Tes pencitraan dilakukan dengan x-ray, myelograms dan ultrasound dengan demikian bisa diperoleh gambaran jelas dimana sendi dan tulang terserang osteofit. Dengan MRI scan juga diperlukan agar detil tendon yang robek dapat dilihat.

 Cara Mengobati Osteofit
Berikut merupakan langkah pengobatan osteofit yang dapat dilakukan, diantaranya:
1. Pemberian Obat Pereda Nyeri
Obat yang harus diberikan pada penderita osteofit yaitu obat pereda nyeri, misalnya acetaminophen, natrium naproxen, paracetamol dan ibuprofen. Obat-obat ini dapat sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul serta dapat mengakiabtkan penderitanya akan merasa tidak nyaman. Meskipun hanya sementara, akan tetapi akan sangat membantu untuk pemulihan kondisi osteofit.

2. Pembedahan
Pembedahan merupakan metode untuk pengobatan yang dibutuhkan pada saat pergerakan di bagian tubuh tertentu mengalami terbatas serta saraf tertentu yang mengalami tekanan cukup hebat. Pembedahan merupakan jalan keluar yang sangat tepat agar dapat mengembalikan kondisi pergerakan tubuh penderita seperti semula dengan cara menghilangkan tekanan yang dialami.

Prosedur untuk pembedahan sangat bermanfaat untuk mengobati osteofit yang berdampak buruk pada sendi ibu jari di bagian bawah, bagian lutut, serta bagian pinggang. Akan tetapi pembedahan yang dilakukan terdapat berbagai risiko dengan demikian harus dilakukan diskusi terlebih dulu tentang segala hal bersama dokter. Ketahuilah tentang apa saja keuntungan ataupun risiko yang akan terjadi dengan melakukan pengobatan yang melalui pembedahan sebelum pada akhirnya membuat keputusan.

3.  Latihan Fisik
Fisioterapi merupakan istilah medis untuk latihan fisik dimana setiap penderitanya dapat melakukan sejumlah latihan fisik. Tujuan melakukan latihan fisik ini untuk penguat otot dan sebagai peningkat gerakan di area tubuh yang mengalami kondisi ini. Untuk penderita osteofit dengan riwayat obesitas, sehingga latihan fisik sangatlah penting dilakukan sebagai cara untuk menurunkan berat badan.Pada saat berat badan sudah turun hingga pada angka ideal, biasanya ketegangan pun bisa berkurang. Adanya tekanan di bagian persendian maka otomatis akan menjadi hilang. Oleh sebab itu, dengan fisioterapi dapat menjadi metode yang baik untuk mengatasi osteofit pada penderita sebab bersifat alami serta aman dilakukan.
Selain dengan melakukan cara pengobatan tersebut, juga harus diimbangi dengan cara menjaga kesehatan tulang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates