Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Flu Tulang

Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Flu Tulang

Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang

Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang

Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Flu Tulang – Flu tulang merupakan nama lain dari suatu penyakit chikungunya. Penyakit ini akan cenderung menyerang masyarakat di wilayah tertentu sebab penyakit ini endemi dari virus yang dapat ditularkan oleh nyamuk. Penyakit flu tulang akan mengakibatkan penderitanya merasakan sangat nyeri pada bagian tulang serta sendi. Bahkan pada keadaan tertentu dapat membuat penderitanya akan merasa sangat sakit pada saat tulang disentuh serta dapat bisa membuat penderitanya sama sekali tidak dapat bergerak.Biasanya penyakit flu tulang atau chikungunya ini dapat muncul pada musim hujan dimana nyamuk sebagai penyebar virus akan berkembang biak dengan jumlah yang sangat banyak. Kondisi udara yang lembab dapat mengakibatkan virus akan mudah menyebar secara cepat, dengan demikian dapat mengakibatkan penyebaran yang lebih luas ke daerah yang ada di sekitarnya.

1. Gambaran penderita flu tulang
Berikut ini merupakan beberapa gambaran keadaan pada penderita flu tulang, diantaranya :
a. Pada tahap awal masa inkubasi dari virus dengan demikian penderita dapat merasakan demam, akan merasakan nyeri di bagian sendi serta mengalami peradangan di bagian tulang.

b. Setelah hari kedua serta hari kelima dengan demikian penderita dapat mengalami nyeri yang sangat luar biasa di bagian tungkai kaki. Pada tahap ini penderita sering menyebabkan kelumpuhan.

c. Pada tahap selanjutnya dapat menyebabkan penderita akan mengalami ruam yang parah serta mengalami pendarahan di bagian bawah kulit. Apabila tidak memperoleh perawatan secara tepat dengan demikian akan mengakibatkan gangguan pernafasan serta gagal jantung.

d. Pada penderita yang mengalami penyembuhan akan hidup normal serta tidak akan merasakan nyeri di bagian tulang, namun pada beberapa penderita akan tetap merasakan nyeri tulang sampai beberapa bulan atau sampai beberapa tahun setelah terinfeksi.

2. Penyebab Flu Tulang
Flu tulang penyebab utamanya yaitu karena infeksi dari virus nyamuk Aedes aegeyti serta nyamuk Aedes albopictus. Kedua jenis nyamuk tersebut sangat menyukai lingkungan yang lembab serta lingkungan yang tropis misalnya di Indonesia. Biasanya nyamuk dapat menggigit di siang hari pada saat orang sedang lengah. Perkembangan flu tulang akan menjadi lebih cepat pada saat terdapat nyamuk yang menggigit pada penderita serta virus yang berkembang di dalam tubuh nyamuk. Nyamuk yang sudah terinfeksi dapat menularkan kembali virus ke manusia dengan melalui gigitan nyamuk. Keadaan inilah yang akan mengakibatkan penyebaran flu tulang yang sangat cepat.

3. Gejala Flu Tulang
Gejala flu tulang yang sangat banyak dijumpai yaitu penderita akan terasa nyeri yang sangat sakit di bagian sendi serta di bagian tulang. Semua gejala tersebut dapat muncul dengan waktu antara 7 ampai 12 hari, akan tetapi setiap orang akan mempunyai gejala yang berbeda. Terdapat beberapa gejala yang lain dapat menyertainya sebagai berikut:

a. Penderita mengalami perasaan gelisah, perasaan tidak nyaman serta perasaan sedih tanpa sebab ketika awal inkubasi.

b. Penderita akan mengalami rasa lelah yang tidak bisa dijelaskan meskipun penderitanya tidak melakukan aktifitas yang melelahkan.

c. Penderita mengalami sakit kepala sampai tidak mampu bangun.

d. Terasa sakit yang sangat parah di bagian otot sertadi bagian tulang.

e. Terdapat gatal, ada bercak merah serta pendarahan di bagian bawah kulit.

Nutrisi mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, utamanya untuk membentuk sistem kekebalan alami di dalam tubuh. Apabila memiliki kekebalan alami di dalam tubuh dengan demikian akan membuat tubuh menjadi tetap sehat serta tidak akan mudah terserang infeksi dari bakteri ataupun virus. Akan tetapi apabila kekebalan tubuh yang lemah maka dapat membuat tubuh akan lebih mudah untuk terserang penyakit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates