Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kelebihan dan Kekurangan Operasi Bypass Jantung

Kelebihan dan Kekurangan Operasi Bypass Jantung

Kelebihan dan Kekurangan Operasi Bypass Jantung

Kelebihan dan Kekurangan Operasi Bypass Jantung

Kelebihan dan Kekurangan Operasi Bypass Jantung – Operasi bypass jantung merupakan langkah penanganan yang operatif untuk penderita penyakit jantung koroner. Pada penderita penyakit yang kronis ini akan mengalami penyumbatan dalam pembuluh darah arteri koroner pada organ jantung. Jenis penyakit jantung sangat beragam, akan tetapi operasi bypass jantung hanya dapat dilakukan untuk penderita dengan kondisi saluran arteri mengalami penyumbatan ataupun menyempit. Untuk melakukan operasi bypass jantung dapat dilakukan 3 sampai 6 jam, dimana pasien diberikan bius terlebih dahulu.1. Kelebihan Operasi Bypass Jantung
Untuk melakukan operasi bypass jantug harus dilakukan pertimbangan terkait biaya serta metode operasi. Berikut merupakan keuntungan yang harus dipertimbangkan, diantaranya:

a. Gejala pada jantung koroner bisa disembuhkan secara cepat dengan melalui langkah operasi bypass.

b. Setelah melakukan operasi, pasien dapat beraktivitas dengan normal selama 10 sampai 15 tahun ke depan. Akan tetapi setelah lewat jangka waktu tersebut, maka biasanya terdapat kemungkinan dimana pasien memerlukan operasi bypass jika terjadi penyumbatan kembali.

c. Operasi bypass dilakukan dimana kemampuannya dapat memperpanjang masa hidup pasien yang menderita jantung koroner.

2. Risiko atau kerugian operasi bypass jantung
Sebenarnya untuk setiap metode dalam pengobatan selalu terdapat risiko, tidak terkecuali dalam operasi bypass dimana harus diketahui resiko yang akan menyertainya. Dibalik banyak kesuksesan dalam menjalankan operasi bypass ini, terdapat sejumlah pasien yang tidak dapat bertahan hidup.

Angka kematian pada pasien dengan menderita jantung koroner pada saat setelah melakukan operasi bypass dengan umur kurang dari 65 tahun tidak sampai 1 %, dan pada pasien lebih dari usia tersebut bisa lebih berisiko.3. Komplikasi pasca operasi bypass jantung
Menurut para ahli kesehatan, bahwa pasien sekitar 3 % akan mengalami stroke selama melakukan proses operasi, sementara dampak lainnya yaitu akan kehilangan pada ketajaman mental mencapai 3 %. Komplikasi yang paling utama pada umumnya akan terjadi pada beberapa kasus diantaranya:
a. Mengalami Aritmia
b. Mengalami Gagal jantung
c. Angina yang menjadi tidak stabil
d. Hipertensi atau Darah Tinggi
e. Mengalami Kerusakan pada ginjal, termasuk gagal ginjal.
f. Menyebabkan Diabetes

4. Perawatan pasca operasi bypass jantung
Agar dampak bahaya jantung koroner tidak dapat kembali dengan sangat cepat, apabila setelah melakukan operasi maka harus melakukan perawatan di rumah secara baik. Diet sehat merupakan kunci agar jantung tetap sehat. Tidak hanya itu, dengan mengubah pola hidup yaitu dengan memperoleh kualitas tidur yang cukup dalam setiap harinya, melakukan relaksasi, dan rajin berolahraga.

Seorang ahli kesehatan menganjurkan untuk diet rendah lemak, melakukan olahraga secara rutin dan mengelola stres. Pada penderita penyakit jantung agar dapat menjauhi lemak jenuh yang terdapat dalam makanan misalnya daging, susu segar, telur, dan mentega. Meskipun belum dapat menghindari makanan tersebut, pada penderita jantung lebih baik membatasi dalam mengkonsumsinya dengan baik. Tidak lupa, makanan dengan kandungan lemak trans juga harus dihindari agar tidak menimbulkan kolesterol jahat.

Dengan melakukan perawatan tersebut, sudah terbukti efektif untuk membantu kesembuhan pada pasien dengan penyakit jantung, sebab dapat membuat penebalan plak yang dapat menyumbat arteri akan semakin berkurang. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis lemak itu termasuk lemak jahat dan tidak boleh dikonsumsi. Lemak akan tetap diperlukan oleh tubuh manusia untuk mendukung kinerja organ tubuh. Adapun lemak yang baik misalnya yang terdapat dalam ikan, yaitu asam lemak omega-3 yang dapat diperoleh dari ikan salmon.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates