Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Ketahui Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Ketahui Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Ketahui Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Ketahui Beberapa Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal – Menjadi suatu keharusan untuk anda yang didiagnosa mengalami suatu penyakit berat agar dapat melakukan diet ataupun menyeleksi asupan jenis makanan ke dalam tubuh. Begitu pula untuk seseorang dengan penyakit ginjal. Ginjal adalah organ vital di dalam tubuh yang sangat mempengaruhi keadaan kesehatan tubuh selama hidup. Pada saat mengalami penyakit ginjal, terdapat jenis makanan yang harus di hindari sehingga sebagai masukkan dalam proses diet anda. Berikut merupakan beberapa kriteria jenis makanan yang harus di hindari, diantaranya:1. Membatasi cairan
2. Makan diet dengan rendah protein
3. Membatasi asupan garam, fosfor, kalium serta elektrolit lain
4. Mendapatkan cukup kalori apabila seseorang kehilangan berat badan

Ginjal dengan kondisi sehat dengan demikian kondisi tubuh pun akan sehat sedangkan kondisi ginjal yang sedang tidak sehat maka kondisi tubuh pun tidak sehat. Adanya penyakit ginjal bisa datang karena berbagai sebab misalnya karena pola hidup khususnya terkait asupan makanan yang dimakan dalam kehidupan sehari – hari. Agar dapat membantu pengobatan, makanan untuk penderita ginjal harus dipilih atau diseleksi. Berikut merupakan jenis makanan pada penderita ginjal, diantaranya:

1. Apel
Buah apel selain sering dikonsumsi untuk program diet, juga dapat mencegah penyakit serangan jantung, serta dapat mencegah kanker, dan juga sangat baik untuk kesehatan ginjal. Buah apel di dalamnya mengandung sejumlah air yang tentunya dapat dibatasi yang dapat masuk ke dalam tubuh yang mengalami penyakit ginjal. Apel bisa membantu dalam mengeluarkan racun serta dapat membersihkan organ ginjal.

2. Anggur Merah
Buah Anggur bersifat sebagai detoksifikasi atau sebagai pembersih. Dalam mengkonsumsinya  harus dibatasi seperti cuma 2  dua hingga 3 buah saja dalam satu hari sebab banyak mengandung air.

3. Buah Ceri
Buah ceri sangat baik untuk mencegah antioksidan serta bisa berperan sebagai anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi buah cherry bisa mengurangi kadar kalium yang ada di dalam tubuh serta dapat menyehatkan organ ginjal.

4. Bawang Putih
Bawang putih baik untuk penderita penyakit ginjal, sebab bawang putih bisa mencegah proses oksidasi serta pembekuan darah. Pada bawang putih yang tidak mengalami pengolahan bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh serta dapat menghindari peradangan.

5. Kecambah/Touge
Pada penderita dengan penyakit ginjal sayur kecambah atau tauge baik dikonsumsi untuk yang mengalami penyakit ginjal. Touge bisa membantu dalam membersihkan organ ginjal serta dapat menghindari dalam pembentukan batu ginjal.

6. Bawang Merah
Bawang merah kandungannya dapat menghilangkan toxic atau racun yang ada di dalam tubuh serta dapat membersihkan organ ginjal. Bawang merah juga bisa menjadi suatu obat untuk penderita yang mengalami batu ginjal.

7. Paprika Merah
Paprika yang berwarna merah bisa membatu untuk meringankan penyakit pada ginjal serta dapat mencegah terjadinya penyakit kanker di dalam tubuh. Paprika merah mengandung serat, mengandung asam folat, mengandung Vitamin A, Vitamin B6, dan mengandung Vitamin C.

8. Minyak Zaitun
Terdapat banyak jenis minyak yang bisa dikonsumsi namun tetapi minyak yang berasal dari buah zaitun yang bagus untuk dikonsumsi pada penderita dengan penyakit ginjal. Minyak zaitun di dalamnya mengandung anti inflamasi, mengandung anti oksidan, serta mengandung asam lemak yang dapat membantu untuk menyehatkan organ ginjal.

9. Kubis atau Labu
Kubis di dalmanya mengandung banyak vitamin serta bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik. Kubis mempunyai manfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal serta dapat membuat ginjal akan menjadi lebih sehat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates