Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Minuman Alkohol dan Penyakit Penyertanya

Minuman Alkohol dan Penyakit Penyertanya

Minuman Alkohol dan Penyakit Penyertanya

Minuman Alkohol dan Penyakit Penyertanya

Minuman Alkohol dan Penyakit Penyertanya – Alkohol merupakan bahan utama untuk membuat minuman keras, dengan kadar sesuai dengan jenis alkoholnya. Alkohol adalah suatu cairan yang berwarna bening, sifatnya mudah menguap, bersifat mudah bergerak, bersifat dapat memabukan, mempunyai bau yang khas, terasa panas, akan mudah terbakar yang memberikan nyala api dengan warna biru namun tidak berasap.Alkohol terdapat dalam semua jenis minuman yang dapat digunakan sebagai obat, berikut ini merupakan jenis alkohol yang buka termasuk jenis obat, diantaranya:

1. Minuman keras dengan golongan A, dimana kadar ethanol dari 1 sampai 5%.

2. Minuman keras dengan golongan B, dimana kadar ethanol dari 5% sampai 20%.

3. Minuman keras dengan golongan C, dimana kadar ethanol 20% sampai 55%.

Kandungan alkohol dalam minuman keras, dapat menyebabkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan pada tubuh, diantaranya:
1. Menyebabkan Anemia
Pada penggunaan alkohol dengan jumlah yang banyak bisa mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sampai dapat mengakibatkan terjadinya anemia.

2. Menyebabkan Kanker
Kebiasaan dalam mengonsumsi minuman yang mengandung akohol, dapat meningkatkan resiko untuk mengalami penyakit kanker, resiko tersebut dapat terjadi sebagai akibat tubuh merubah alkohol yang menjadi aseltidihida, yakni suatu penyebab yang bersifat karsinogenik kuat.

3. Menyebabkan Penyakit Jantung serta Pembuluh Darah
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan bisa meningkatkan untuk terkena resiko mengalami kematian pada penderita yang mengalami penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan dapat mengakibatkan kardiomiopati. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan kematian karena melemah serta gagalnya fungsi pada otot jantung yang mengakibatkan terjadinya pembekuan darah yang dapat memicu terjadinya stroke.

4. Menyebabkan Sirosis Hati
Alkohol adalah racun yang bisa merusak sel – sel hati, yang dapat mengakibatkan penyakit sirosis pada hati. Sirosis hati dalah suatu kondisi dimana jaringan pada hati akan mengalami luka yang sangat berat dengan demikian tidak dapat menjalankan fungsinya.

5. Gangguan Daya Ingat
Banyak mengkonsumsi minuman yang berakohol bisa mengakibatkan menurunya kemampuan dalam membuat suatu rencana, kemampuan dalam menilai, serta kemampuan dalam memecahkan masalah, dan yang lainnya.

6. Depresi
Mengkonsumsi minuman yang berakohol bisa mengakibatkan depresi.

7. Kejang
Banyak mengkonsumsi minuman yang beralkohol bisa mengakibatkan epilepsi serta dapat memicu terjadinya kejang. Selain itu juga, minuman dengan alkohol akan mempengaruhi kinerja suatu obat untuk mengatasi kondisi kejang serta epilepsi.

8. Gout (Asam urat)
Gout adalah suatu kondisi yang diakibatkan karenan membentuknya kristal asam urat, di bagian persendian yang akan mengakibatkan nyeri sendi. Untuk yang menderita asam urat, dengan mengkonsumsi minuman yang berakohol dapat memperberat penyakit tersebut.9. Tekanan Darah Tinggi
Dengan minuman yang beralkohol menyebabkan terganggunya sistem saraf simpatik, yang berguna dalam mengatur konstruksi pada pembuluh darah. Hal tersebut sebagai reaksi pada tubuh akibat stress, karena perubahan suhu serta karena penggunaan tenaga. Dengan mengkonsumsi minuman berakohol secara berlebihan, bisa mengakibatkan hipertensi.

10. Penyakit Infeksi
Minuman yang beralkohol jika dikonsumsi bisa menekan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang, yang akan mengakibatkan mudahnya terinfeksi suatu virus penyakit sangat berbahaya, misalnya, penyakit tubekolosis, HIV/AIDS, penyakit pneumonia dan lainnya.

11. Kerusakan Saraf
Kandungan alkohol dalam minuman keras adalah racun untuk sel-sel saraf yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada saraf yang disebut dengan Neuropati alkoholik. Dengan tanda akan terasa nyeri seperti halnya ditusuk-tusuk, mengalami kelemahan otot, keinginan buang air kecil yang mendadak, mengalami disfungsi ereksi, serta berbagai macam gangguan yang lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates