Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Antiseptik dan Jenisnya

Seputar Antiseptik dan Jenisnya

Seputar Antiseptik dan Jenisnya

Seputar Antiseptik dan Jenisnya

Seputar Antiseptik dan Jenisnya

Seputar Antiseptik dan Jenisnya – Germisida atau antiseptik merupakan suatu senyawa kimia yang berperan sebagai penghambat atau untuk membunuh pertumbuhan suatu mikroorganisme dalam suatu jaringan yang hidup misalnya dalam permukaan pada kulit serta pada membran mukosa. Antiseptik mempunyai peran yang beda dengan antibiotik serta dengan disinfektan, dimana antibiotik dapat berperan dalam membunuh mikroorganisme yang ada di dalam tubuh seseorang, serta untuk disinfektan dapat berperan dalam membunuh mikroorganisme yang ada dalam benda mati.

Antiseptik mempunyai peran untuk menghambat pertumbuhan pada kuman yang ada dalam jaringan yang hidup. Antiseptik dapat dimanfaatkan dengan berbagai keadaan medis baik itu untuk membersihkan akibat adanya luka yang terbuka maupun untuk melakukan operasi dimana jika sebelum melakukan operasi, terlebih dahulu dapat diberikan antiseptik agar dapat mencegah pertumbuhan bakteri serta masuk ke dalam proses operasi yang sedang dilakukan.

Dalam efektivitas dari penggunaan antiseptik untuk membunuh suatu mikroorganisme sangat tergantung dari beberapa factor penggunanya, seperti faktor konsentrasi antiseptik serta lama paparan antiseptik. Konsentrasi akan mempengaruhi adsorpsi ataupun mempengaruhi penyerapan pada komponen antiseptik. Dalam konsentrasi yang rendah, pada beberapa antiseptik dapat menghambat fungsi biokimia dari membran bakteri, akan tetapi tidak dapat membunuh adanya bakteri tersebut. Pada saat konsentrasi dalam antiseptik yang digunakan dengan konsentrasi yang tinggi, maka dapat menembus ke dalam bagian sel serta akan mengganggu adanya fungsi normal seluler yang secara luas.

Berikut merupakan beberapa jenis antiseptic, diantaranya:
1. Alkohol
Alkohol adalah antiseptik yang sangat kuat, yang dapat membunuh kuman secara cepat. Para tenaga medis (dokter atau perawat) biasanya akan menggunakan alkohol apabila sebelum melakukan suatu tindakan misalnya sebelum menyuntik serta infus. Namun jarang digunakan sebagai luka bakar sebab dapat menyebabkan rasa sakit.

2. Rivanol
Antiseptik rivanol tidak dapat mengiritasi jaringan dengan demikian sering digunakan untuk membersihan luka mislanya bisul, pada borok, luka iris, serta untuk kompres luka. Kekurangan dalam penggunaan rivanol yaitu hanya dapat digunakan untuk jenis bakteri tertentu.

3. Hidrogen peroksida (H2O2)
Antiseptik ini berperan dalam mengatasi luka borok sebab bersifat antiseptik yang dapat menyerang jenis kuman tertentu yang ada dalam borok. Kelemahannya bisa memperlama waktu untuk penyembuhan serta dapat menimbulkan bekas di lokasi luka.

4. Povidone Iodine (betadine)
Antiseptik ini akan lebih ditoleransi dalam kulit dengan demikian tidak dapat menghambat penyembuhan pada luka. Selain itu juga betadine berperan sebagai antiseptik dengan berbagai jenis kuman dengan demikian dapat mengobati luka – luka karena akibat trauma misalnya luka iris, akibat luka lecet, luka terbuka, serta jenis luka lainnya.

5. Garam merkuri
Senyawa ini merupakan jenis antiseptik yang sangat kuat. Senyawa merkuri klorida (HgCl) bisa dimanfaatkan untuk mencuci tangan dimana perbandingannya di dalam air yaitu 1:1000. Senyawa ini bisa membunuh hampir seluruh jenis bakteri dengan beberapa menit. kekurangan dari senyawa ini yaitu kemungkinan besar dapat mengiritasi pada jaringan sebab daya kerja dari antimikrobanya sangat kuat.

6. Asam Borat
Asam Borat adalah antiseptik yang lemah, tidak dapat mengiritasi pada jaringan. Zat ini bisa dimanfaatkan dengan optimum yang dilarutkan bersama air dengan perbandingannya yakni 1:20.

7. Triclosan
Triclosan merupakan jenis antiseptik yang sangat efektif serta populer, yang dapat dijumapai dalam sabun, dalam obat kumur, dalam deodoran, dan produk lain-lainnya. Triclosan memiliki daya antimikroba dimana spektrumnya sangat luas atau bisa melawan berbagai jenis bakteri serta memiliki sifat toksisitas yang minim.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates