Thursday , 24 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab Lemah Jantung

Seputar Penyebab Lemah Jantung

Seputar Penyebab Lemah Jantung

Seputar Penyebab Lemah Jantung

Seputar Penyebab Lemah Jantung

Seputar Penyebab Lemah Jantung – Jantung adalah organ vital yang dapat menunjang hidup manusia. Penyakit yang dapat menyerang jantung terdapat banyak sekali jenis penyakitnya. Jenis penyakit apapun yang menyerang jantung mempunyai potensi yang dapat mengakibatkan kematian. Salah satu penyakit yang dapat menyerang organ jantung yaitu lemah jantung. Penyakit lemah jantung akan berpotensi untuk menyerang siapa saja tanpa melihat faktor usia.

Penyakit lemah jantung merupakan penyakit dimana ketidakmampuan pada otot – otot jantung untuk berdenyut serta untuk memompa darah yang prosesnya dari jantung ke seluruh bagian organ – organ tubuh. Pada umumnya seseorang dikatakan ia mengalami lemah jantung pada saat ia berada dalam keadaan jumlah denyut jantung seseorang jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah dengan denyut jantung seseorang yang normal.

Selain itu juga, lemah jantung dapat diindikasikan ada keterkaitannya terhadap penyumbatan di saluran keluar serta masuknya darah pada organ jantung. Saluran darah yang mengalami penyumbatan menyebabkan aliran darah akan menjadi tidak lancar serta kerja jantung dapat menjadi berat. Dampaknya, denyut jantung dapat menjadi abnormal.

Dengan demikian sehingga seseorang yang dapat diindikasikan mempunyai denyut jantung yang abnormal dan dapat didiagnosis mempunyai potensi lemah jantung. Penyakit lemah jantung tersebut dapat mengarah timbulnya jenis penyakit jantung dengan jenis lain. Oleh karena itu, jika terdapat gejala mengalami lemah jantung, pemeriksaan harus dilakukan secara mendalam agar dapat segera dilakukan pencegahan terkait resiko yang menyertainya.

Berikut merupakan penyebab jantung seseorang lemah, diantaranya;
1. Kekurangan vitamin serta mineral dalam tubuh, misalnya vitamin B1
Vitamin serta mineral yang diperlukan dalam tubuh berperan untuk menunjang kerja organ dalam tubuh. Vitamin B1 atau disebut dengan thiamin mempunyai peranan penting dalam menjaga serta dapat mempertahankan fungsi saraf dan juga kesehatan jantung.

2. Gangguan metabolisme tubuh
Komplikasi yang dialami seesorang pada penderita diabetes, penderita obesitas ataupun penyakit kelenjar tiroid bisa mengganggu kinerja organ jantung untuk memompa darah. Seperti halnya pada penderita yang mengalami obesitas, kondisi berat badan secara berlebihan bisa memberikan beban kerja yang semakin tinggi pada organ jantung akibat potensi kolesterolnya. Dampaknya, jantung akan berpotensi untuk mengalami pelemahan.

3. Penggunaan narkotik dan konsumsi minuman keras
Narkotika serta semua jenisnya termasuk dengan minuman keras serta semua jenisnya, adalah zat-zat yang mempunyai kandungan yang dapat merusak saraf. Konsumsi terhadap ke dua hal tersebut bisa menyebabkan organ jantung menjadi tidak sehat serta akan berpotensi untuk merusak saraf serta otot pada organ jantung.

4. Infeksi bakteri atau virus yang menyerang jantung
Beberapa jenis bakteri serta pada virus yang dapat menginfeksi tubuh manusia, mempunyai potensi dalam menyerang organ jantung. Karena infeksi, jantung dapat berada dalam keadaan tidak sehat serta kerjanya akan menjadi melemah.

5. Disfungsi otot Jantung
Disfungsi otot jantung adalah bentuk kelainan di bagian otot jantung yang akan menjadi sumber penyakit menjadi lemah jantung.6. Gangguan mutasi genetika Jantung (Arrhythmogenic right ventricular cardiomyopathy)
Gangguan pada kondisi ini termasuk jenis gangguan yang langka terjadi. Pada sebagian besar terjadi karena adanya faktor genetika yaitu terjadinya mutasi gen. Disfungsi tersebut dapat terjadi karena kelainan dalam protein yang merekatkan sel pada otot jantung. Sel otot dengan kondisi berlemak serta berserat akan menggantikan sel otot jantung yang tidak normal serta mati. Sel yang berlemak serta berserat ini lalu bisa menghalangi jantung dalam bekerja untuk memompa serta menyebarkan darah ke semua bagian- bagian dalam tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates