Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Gaya Hidup Sehat Bebas dari Penyakit

Tips Gaya Hidup Sehat Bebas dari Penyakit

Tips Gaya Hidup Sehat Bebas dari Penyakit

Tips Gaya Hidup Sehat Bebas dari Penyakit

Tips Gaya Hidup Sehat Bebas dari Penyakit

Tips Gaya Hidup Sehat Bebas dari Penyakit – Gaya hidup sehat merupakan kunci dari kesuksesan dalam semua bidang, baik kesehatan, serta kualitas hidup pada seseorang. Sehat itu dapat dikatakan mahal apabila sudah mengalami sakit, dengan demikian untuk menghindari sakit maka harus melakukan pola hidup yang sehat. Dalam gaya hidup yang sehat, terdapat aktifitas – aktifitas yang dapat menyehatkan badan. Seseorang dengan melakukan gaya hidup yang sehat, akan memperoleh nikmat hidup yang tidak ternilai harganya. Berikut merupakan kegiatan gaya hidup sehat, diantaranya:

1. Gaya Hidup Sehat Dengan Rutin Olahraga Pagi
Olahraga di waktu pagi hari dimana udara pagi akan kaya dengan kandungan oksigen juga ditunjang keadaan tubuh sesudah tertidur dengan demikian memerlukan gerakan olahraga agar dapat memicu proses metabolism tubuh.

2. Biasakan Bangun Pagi
Perlu diketahui bahwa pada saat jam 3.00 hingga jam 5.00 pagi bagian organ paru-paru akan menguat. Paru-paru dapat melakukan suatu proses dengan pembuangan racun yang ada di dalam tubuh, dengan demikian aktivitas pernapasan akan lebih dalam supaya volume oksigen dapat lebih banyak.

3. Tidur Sebelum Jam 12 Malam
Perlu diketahui bahwa antara jam 23.00 hingga jam 01.00 dini hari dimana aktivitas pada organ jantung sudah melemah serta harus di istirahatkan setelah seharian melakukan aktivitas. Apabila masih terbangun  sampai jam 12 malam bisa sangat membebani kerja jantung.

4. Menyempatkan tidur siang
Pada saat tidur siang antara jam 13.00 hingga jam 15.00 kinerja hati akan melemah. Para tenaga medis menyarankan untuk melakukan istirahat serta tidur sejenak supaya sel darah merah dapat terkumpul kembali di dalam organ hati, sehingga metabolism hati dapat dengan berjalan lancar.

5. Makan 3 kali Sehari
Aturan untuk makan tiga kali satu hari disesuaikan dengan kondisi siklus lambung di antara lama mencerna makanan sampai lambung kosong kembali. Apabila lambung dibiarkan terlalu lama dengan kondisi kosong dapat menyebabkan asam lambung.

6. Selalu sarapan pagi
Perlu diketahui bahwa antara jam 7.00 hingga jam 9.00 pagi lambung akan menguat dimana akan memicu metabolisme, diantara jam tersebut lambung memerlukan asupan makanan untuk di cerna.

7. Hindari makanan tinggi lemak
Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kolesterol bisa menyebabkan penyumbatan dalam system peredaran darah.

8. Penuhi kebutuhan kalori
Kebutuhan kalori setiap orang bisa berbeda – beda, perbedaan tersebut dapat di dasarkan atas usia serta didasarkan aktivitas yang dilakukannya.

9. Gaya Hidup Sehat Dengan Konsumsi Buah-Buahan
Konsumsilah buah yang mengandung serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah yang berserat dapat membuat system pencernaan akan menjadi lancar, dan proses penyerapan untuk nutrisi akan menjadi lebih efektif.

10. Konsumsi Sayur
Sayuran merupakan sumber makanan yang termasuk ke dalam komposisi makanan empat sehat  sempurna. Sayuran mempunyai kandungan dengan kaya vitamin serta mineral. Tubuh mempunyai kebutuhan harian terhadap asupan vitamin dan juga mineral.

11. Manajemen Energi
Agar dapat mencapai optimalisasi secara efektif dan efisien, maka perlu untuk mengatur energy.

12. Manajemen Waktu
Selain manajemen energy harus melakukan manajemen waktu secara baik. Dengan melakukan manajemen waktu secara baik, maka kondisi kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga.

13. Minum air putih (minimum 8 gelas sehari)
Untuk kebutuhan air mineral tentunya akan berbeda pada setiap orangnya. Pada setiap organ tubuh membutuhkan asupan air yang cukup untuk menjaga fungsinya supaya tetap bekerja secara optimal.

14. Spiritualitas
Faktor ibadah mempunyai peranan agar dapat menjadikan diri kita yang positif. Dengan melakukan beribadah dapat membangkitkan energy spiritualitas yang akan membuat kita untuk lebih termotivasi dalam menjalani hidup.

15. Kebersihan diri
Banyaknya penyakit yang dapat di timbulkan akibat pola kebersihan yang jelek. Dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan serta mandi minimal dua kali sehari dapat turut untuk menjaga diri serta terhindar dari kuman yang memiliki potensi untuk masuk ke dalam tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates