Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang

Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang

Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang

Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang

Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang

Tips Upaya Pencegahan Flu Tulang – Flu tulang dimana penyakit ini akan cenderung memberikan suatu efek nyeri pada bagian tulang atau pada bagian sendi, atau ada juuga yang meyebutnya demam sendi. Penyakit flu tulang dengan nama lainya yang lebih dikenal sebagai penyakit chikungunya merupakan penyakit yang dapat menyerang dalam jangka waktu yang lama. Nyamuk aedes aegepty merupakan nyamuk sebagai penyebab penyakit flu tulang. Puncak aktivitas dari nyamuk aedes aegepty ini yaitu pada waktu pagi serta sore hari. Untuk menghindari flu tulang, berikut upaya pencegahan yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Tindakan pencegahan flu tulang dengan nutrisi
a. Air susu ibu atau ASI untuk bayi yang baru dilahirkan ataupun untuk dibawah usia dua tahun. Apabila terdapat bayi yang tinggal di daerah dengan kondisi endemi flu tulang dengan demikian air susu ibu akan menjadi obat yang sangat baik. Dimana ASI mengandung kolostrum yang akan melindungi bayi dari adanya serangan penyakit termasuk penyakit akibat virus penyebab flu tulang.b. Berbagai macam buah dengan kandungan vitamin A, vitamin B serta viatmin C akan mencegah dampak dari flu tulang. Buah juga akan menjadi cadangan suatu energi yang sangat baik bagi tubuh. Adapun jenis buah yang sangat dianjurkan yaitu misalnyab uah pir, apel, anggur serta pepaya. Akan tetapi hindari buah dengan kandungan banyak air misalnya semangka, jeruk dan melon.

c. Konsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan zat besi, mengandung magnesium, vitamin A, viatminB, vitamin C serta vitamin E juga sangat penting. Selain itu disarankan konsumsi jenis sayuran dengan kandungan folat. Sayuran yang bagus dikonsumsi yang dapat mengurangi rasa sakit yaitu misalnya brokoli, bayam, kembang kol, wortel serta tomat.

d. Konsumsi berbagai macam makanan dengan kandungan mangan, protein, folat, omega 3, omega 6, serta vitamin E misalnya kacang – kacangan. Semua jenis kacang dapat dikonsumsi namun hindarilah konsumsi kacang dengan olahan ataupun kacang yang dikeringkan. Namun alangkah lebih baik apabila sering mengkonsumsi kacang polong, buncis, kedelai serta kacang hitam.

e. Konsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan seng, zat besi,  vitamin B, magnesium, tembaga, serta selenium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang akan menjadi lebih baik. Adapun beberapa macam makanan yang dianjurkan misalnya ikan salmon, tuna sarden dan makarel.

f. Hindarilah konsumsi jenis minuman dengan kandungan cafein misalnya teh serta kopi sebab dapat menghambat penyerapan kalsium serta zat besi yang akan mengakibatkan tulang menjadi lebih sakit.

g. Konsumsilah banyak air mineral agar dapat mencegah dehidrasi.

h. Konsumsilah berbagai jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

i. Hindarilah semua jenis asupan gula secara berlebihan, sebab gula akan mengakibatkan sakit pada tulang yang semakin parah.

2. Tindakan Pencegahan Flu Tulang  pada lingkungan dan personal
Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah flu tulang diantaranya:

a. Menjaga lingkungan untuk tetap bersih khususnya dengan membersihkan penampung air hujan misalnya pot serta menjaga rumah dari adanya sampah.

b. Gunakanlah kain pelindung misalnya korden ataupun kelambu pada jendela ataupun tempat tidur khususnya pada saat musim hujan.

c. Pada saat musim hujan alangkah baiknya menggunakan pakaian panjang pada siang hari agar dapat melindungi tubuh dari adanya gigitan nyamuk.

d. Apabila tinggal di lingkungan yang terdapat penderita flu tulang dengan demikian harus menghindari keluar rumah pada siang hari.

e. Gunakanlah obat nyamuk yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates