Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Beberapa Gejala Penyakit Gagal Ginjal – Gagal ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang kronis dengan melewati pada beberapa tahap tertentu. Untuk tahap awal biasanya kondisi gagal ginjal akan dimulai dengan menurunya fungsi ginjal (menurun sekitar 20%). Akan tetapi biasanya akibat kurang diperhatikan maka fungsi ginjal akan lebih menurun sampai 80 %. Keadaan tersebut dapat disebut dengan kondisi gagal ginjal. Gagal ginjal artinya bahwa organ ginjal sudah tidak dapat bekerja dalam menyaring semua cairan ataupun racun yang ada di dalam tubuh.Agar dapat mencegah penyakit gagal ginjal terlebih dahulu harus diketahui gejala atau tanda penyakit gagal ginjal sebagai berikut:

1. Perubahan Warna dan Pola Air Kencing
Ginjal berperan untuk menyaring semua cairan yang ada di dalam tubuh lalu dapat dikeluarkan melalui saluran kencing. Air kencing merupakan zat buangan dari dalam tubuh. Pada saat ginjal mengalami gangguan sehingga akan mengalami beberapa perubahan pola serta warna air kencing, berikut ini:

a. Urin yang keluar terdapat banyak gelembung ataupun busa kecil hingga berat.
b. Mengalami kebiasaan buang air kecil terutama di malam hari.
c. Urin yang keluar berwarna lebih pucat serta terlihat tidak sehat.
d. Mempunyai kebiasaan sering buang air kecil dengan volume yang kecil.
e. Terdapat darah dalam urin.
f. Merasa seperti tertekan pada saat buang air kecil

2. Tubuh Sangat Lelah
Salah satu peran ginjal dapat membuat sebuah hormon yaitu eritropoietin. Hormon tersebut merupakan hormon yang dapat bekerja dalam memberikan sinyal untuk tubuh supaya dapat memproduksi sel darah merah. Sel darah merah berperan untuk proses metabolisme. Pada saat ginjal gagal untuk membuat hormone, dengan demikian tubuh bisa mengalami kehilangan kemampuan dalam memproduksi sel darah merah. Maka tubuh dapat terasa sangat lelah karena tidak terdapat sel darah merah yang cukup.

3. Tubuh Bengkak
Pembengkakan merupakan tanda awal gagal ginjal. Kondisi bengkak dapat terjadi di bagian pergelangan kaki, pada tangan, wajah serta pada betis. Keadaan ini dapat diakibatkan pada saat tubuh tidak dapat mengeluarkan semua cairan yang menumpuk di dalam tubuh.

4. Bau Mulut
Pada saat terdapat banyak racun serta limbah di dalam darah serta cairan di dalam tubuh sehingga akan mengakibatkan bau mulut. Keadaan ini akan membuat mulut untuk banyak memproduksi amonia di dalam mulut.

5. Gatal dan Muncul Ruam Kulit
Ginjal berperan untuk membuang semua racun yang ada di dalam tubuh. Pada saat ginjal kehilangan fungsinya dengan demikian akan mengakibatkan penumpukan limbah secara berlebihan di dalam darah. Dimana keadaan ini bisa menjadi lebih parah akibat limbah ataupun racun menumpuk yang dapat mengakibatkan gatal di seluruh tubuh serta akan muncul ruam yang berwarna kemerahan.

6. Gangguan Pencernaan (Mual dan Muntah)
Gejala mual dan muntah biasanya dapat disertai dengan adanya bau mulut. Bau mulut yang cukup berat akan mengakibatkan mulut jadi tidak nyaman. Tubuh penderita dapat terasa lemah akibat nafsu makan menurun secara drastis.7. Meriang
Pada tahap gejala awal, tubuh akan terasa meriang yang muncul sepanjang hari. Keadaan ini diakibatkan karena tubuh mengalami kekurangan oksigen sebab tubuh yang tidak dapat memproduksi sel darah merah dengan jumlah yang cukup. Pada penderita anemia sehingga rasa meriang akan menjadi lebih parah.

8. Punggung Atas Sakit
Pada tahap awal, kondisi aggal ginjal tidak akan terasa sakit. Namun jika sepenuhnya ginjal sudah tidak berfungsi dengan demikian dapat terasa sakit di bagian punggung sebelah atas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates