Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Penuaan Dini

Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Penuaan Dini

Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Penuaan Dini

Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Penuaan Dini

Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Penuaan Dini

Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Penuaan Dini – Tua merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindarkan sebab merupakan hal yang pasti terjadiyangdialami siapapun tanpa melihat latar belakang mereka. Banyak orang yang mengeluh akibat  dirinya terlihat tua meskipun usianya belum sebanding. Hal ini disebut dengan penuaan dini atau terjadinya proses penuaan namun sebelum waktunya. Sebelum untuk berusaha agar memperolehkondisi tubuh yang tampak lebih muda alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya penuaan dini. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat mempercepat terjadinya penuaan dini, sebagai berikut:

1.    Kebiasaan merokok
Kandungan yang terdapat dalam rokok, selain dapat menyerang organ vital dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, dan lain sebagainya, efek dari kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan seseorang mengalami penuaan secara dini. Berikut zat dan senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh diantaranya:

a.    Nikotin dapat sel-sel kulit akan menjadi kekurangan air atau terjadi kelembapannya menjadi kurangdengan demikian kulit bisa menjadi lebih kering, kusam serta kasar seperti halnya kulit orang tua.

b.    Dengan merokok dapat mengurangi kadar vitamin A yang terapat dalam kulit wajah sebab vitamin A yang digunakan untuk anti oksidan dapat menangkal radikal bebas serta racun di wajah. Dengan demikian apabila kekurangan vitamin A dapat membuat sel-sel pada wajah cepat rusak.

c.    Kandungan tembakau dalam rokok dapat merusak kolagen pada kulit dengan demikian tingkat elastisitas pada kulit akan berkurang serta akan membuat kulit lebih mudah mengalami pengerutan.

d.    Memiliki kebiasaan merokok dengan jangka waktu yang panjangdapat membuat penurunan aliran darah di pembuluh arteri serta kapiler pada wajah,dengan demikianakan membuat sel-sel dalam kulit mati.

2.    Konsumsi minuman beralkohol
Selain akibat kebiasaan merokok, hal lain yang dapat mengakibatkan terjadinya penuaan dini yaitu akibat kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Seseorang yang mengkonsumsi alkohol dengan berlebihan dapat mengakibatkan penurunan kondisi kulit sebab membuat asupan nutrisi untuk kulit menjadi kurang.

3.    Tidak mencukupi kebutuhan nutrisi
Penuaan dini dapat ditandai menurunya kondisi kulit serta timbulnya berbagai masalah dalam kulit akibat kurangnya asupan gizi.Kulit memerlukan asupan gizi serta nutrisi yang seimbang untuk melawan radikal bebas serta agar dapat memperbarui sel ketika melawan sinar matahari.

4.    Paparan Bahaya Sinar Matahari
Menurut seorang ahli sekitar 80% terjadinya penuaan dini akibat paparan sinar matahari secara berlebihan. Sinar matahari dengan kandungan sinar ultraviolet dapatmerusak serat kolagen sertadapat merusak elastisitas pada kulit.

5.    Polusi
Polusi semakin meningkat sebab seiring dengan perkembangan zaman sehingga tidak terkendalikan khususnya dari hasil gas buang seperti pabrik industri serta gas buang dari kendaraan. Polusi mampu menjadikan penuaan diri karena beberapa sebab seperti berikut ini:Polusi dengan jumlah yang banyak dapat menyebabkan sel kanker pada kulit. Selain itu, polusi plusi yang merupakan radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan kolagen dengan demikian kulit tampak lebih tua dan juga kusam.

6.    Radiasi bahaya sinar ultraviolet
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sinar matahari khususnya sinar ultraviolet sangat berbahaya untuk kesehatan kulit yang dapat menjadikan penuaan secara dini. Sebab sinar ultraviiolet dapat memecah kolagen yang terdapat dalam kulit dan akan menghambat proses membentuknya kolagen baru.

7.    Ekspresi Wajah
Dengan melakukan gerakan secara berulang pada bagian wajah dengan jumlah yang cukup dapat menimbulkan garis-garis halus ataupun kerput pada wajah yang lebih cepat.

8.    Posisi Tidur
Seseorang yang mempunyai kebiasaan tidur dengan posisi miring bisamempunyai kerutan pada bagian pipi serta dagunya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates