Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab dan Gejala Hiperhidrosis

Ketahui Penyebab dan Gejala Hiperhidrosis

Ketahui Penyebab dan Gejala Hiperhidrosis

Ketahui Penyebab dan Gejala Hiperhidrosis

Ketahui Penyebab dan Gejala Hiperhidrosis

Ketahui Penyebab dan Gejala Hiperhidrosis – Hiperhidrosis merupakan suatu kondisi keringat yang berlebihan tanpa diakibatkan karena melakukan aktivitas olahraga atau karena suhu yang panas. Keringat yang dapat keluar dari dalam tubuh akan sangat banyak hingga menetes sampaidapat menurunkan rasa percaya diri. Keringat yang keluar secara berlebihan hingga dapat menembus pakaian, bukan hal yang sepele sebab hal ini merupakan gangguan kondisi kesehatan yang serius.

1.    Penyebab Hiperhidrosis
a.    Hiperhidrosis Primer
Pada kebanyakan kasus, orang banyak mengalami kondisi hiperhidrosis primer. Adapun penyebanya yaitu akibat terjadinya peningkatan aktivitas pada saraf simpatis. Meskipun belum pasti, pada umumnya kondisi sistem saraf simpatis serta karena faktor keturunan merupakan penyebab pertama dari timbulnya kondisi hiperhidrosis.

b.    Hiperhidrosis Sekunder
Penderita yang mengalamihiperhidrosis sekunder, bisa diketahui bahwa faktor penyebab kondisi ini dimana kebanyakan karena faktor umum, misalnyamengalami gangguan sistem saraf, mengalami serangan jantung, hipoglikemia, menopause pada wanita, akibat kelebihan berat badan atau obesitas, mengalami hipertiroid, gelisah, kehamilan, gangguan sumsum tulang serta gangguan sel darah, infeksi serta juga efek dari konsumsi obat-obatan tertentu. Terdapat jenis obat tertentu yang harus diwaspadai misalnya obat anti-psikosa, obat untuk pereda rasa nyeri yang overdosis, serta morfin yang dapat mengakibatkan keringat yang berlebih.

Keadaan demam dapatmenyebabkan seseorang akan mengalami hiperhidrosis serta hal tersebut termasuk jenis hiperhidrosis sekunder. Hal yang wajar apabila demam dapat membuat seseorang mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari kondisi normalnya dimana suhu badan akan turun serta keringat yang keluar akansemakin banyak.
Selain akibat kondisi demam, keadaan malaria juga akan menjadi faktor penyebab kondisi hiperhidrosis. Pada penderita yang mengalami malaria, suhu tubuhdapat mengalami peningkatan dengan drastis serta disertai adanyamuntah, mual, sakit kepala disertai menggigil. Keringat yang akan keluar jumlahnya akan sangat banyak pada saat suhu tubuh menjadi turun.

Karena pengaruh konsumsi makanan pedas, minum- minuman yang berkafein serta minumanyang beralkohol memiliki efek yang sama. Kemungkinan besar kondisi hiperhidrosis bisa diakibatkan karena kebiasaan dalam sehari-hari.Dengan demikian apabila sering serta mudah berkeringat, maka hindari dalam mengkonsumsi jenis makanana atau minuman yang dapat merangsang kelenjar keringat.

2.    Gejala Hiperhidrosis
Pada kondisi yang normal, keringat yang banyak dapat keluar dari tubuh seseorang karena aktivitas berat atau olahraga, karena kondisi suhu yang panas atau akibat stres ataupun karena gugup. Akan tetapidengan kondisi hiperhidrosis, pada penderitanya dapat mengalami produksi keringat yang sangat berlebih dari kondisi normalnya.

Pada penderita hiperhidrosis akan mengalami:
a.    Gangguan pada saat menyetir kendaraan akibat efek keringat yang banyakdan mengalir.

b.    Menghindari kontak fisik serta menjauhinya, misalnya menghindari untukberjabat tangan akibat tidak nyaman karena kondisi tangan yang basah oleh keringat.

c.    Dalam mengatasi efeknyapada penderita hiperhidrosis, dimana penderita akansering berganti pakaian atau sering sering mandi.

d.    Keringat terasa lebih lengket, khususnya pada bagian telapak kaki serta tangan.

e.    Kulit mengalami bersisik, terutama di bagian kaki.

f.    Kulit mengalami pecah-pecah.

g.    Perubahan pada warna kulit pada bagian tubuh yang paling sering dalam mengeluarkan keringat, dengan warna putih kebiruan ataupun akan berwarna merah muda.

Waspadalah selalu sebab keringat yang keluar terlalu banyak merupakan tanda bahwa seseorang sedang mengalamikeadaan medis tertentu yang parah. Dengan kita mengenali gejala yang terjadi, setidaknya dapat melakukan pertimbangkan untuk penanganan yang harus dilakukan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates