Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Seputar Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Seputar Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Seputar Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Seputar Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Seputar Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh – Perlu diketahui bahwa salah satu jenis mineral yang paling banyak di dalam tubuh yaitu jenis mineral magnesium. Magnesium sebesar 50% dari totalnya yang terdapat pada bagian tulang, sementara kandungan magnesium sisanya dapat dijumpai dalam organ serta sel – sel pada jaringan. Tidak hanya itu, di dalam darah juga mengandung magnesium meskipun kadarnya hanya 1 %. Pada saat asupan serta kadar magnesium yang dalam tubuh normal serta tetap stabil, maka tubuh akan merasakan manfaatnya. Berikut merupakan berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dari kandungan magnesium, diantaranya:

1.    Mengontrol Tekanan Darah
Kondisi tekanan darah tinggi bisa diturunkan serta bisa dikendalikan sampai mencapai kadar normalnya oleh adanya mineral magnesium dengan demikian tidakperlu khawatir untuk mengalami risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pada kasus darah tinggi, kebanyakan penderita memiliki masalah dengan defisiensi atau kekurangan mineral magnesium.

2.    Menjaga Kesehatan, Kekuatan dan Kepadatan Tulang
Mineral magnesium dapat berperan untuk menyusun tulang. Kepadatan tulang dipengaruhi oleh asupan magnesium serta harus diwaspadai bahwa akibat kekurangan asupan mineral magnesium di dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis.

3.    Mencegah Gangguan Pernapasan
Sesak nafas atau asma merupakan suatu kondisi dimana terjadinya gangguan pada saluran pernapasan, kondisi ini karena akibat kekurangan asupan magnesium. Dengan mengkonsumsi suplemen magnesium bedasarkan saran dokter, otot bronchial bisa dibantu sehingga akan menjadi lebih kendur dengan demikian pasien asma dapat bernafas kembali secara normal.

4.    Membentuk Kolagen
Kandungan mineral magnesium sangat berperan bagi tubuh sebab proses pembentukan protein dapat dibantu oleh adanya magnesium lalu dapat diubah menjadi kolagen dengan perlahan. Kolagen adalah protein alami yang terdapat pada tendon, pada kulit, dan ligamen.

5.    Menurunkan Risiko Gangguan Psikiatrik
Asupan magnesium di dalam tubuhdengan sempurna dapat berperan sebagai obat dengan keadaan gangguan mental. Untuk orang yang sedang mengalami perubahan emosi yang tidak stabil serta tidak normal, sering mengalami kegelisahan, mengalami stres, dan serangan panik.

6.    Menjaga Kesehatan Jantung
Magnesium merupakan jenis mineral yang diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan jantung, khususnya untukmengontrol irama jantungsupaya tetap stabil serta tetap normal.

7.    Menurunkan Risiko Diabetes
Pada saat asupan magnesium cukup serta selalu normal dalam setiap harinya, maka tubuh dapat terhindar dari kondisi penyakit yang serius seperti diabetes. Penyakit kencing manis atau diabetes dimana kondisi kadar gula darah bisa naik tidak terkendali yang dapat terjadi akibat asupan magnesium yang tidak cukup.

8.    Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh
Magnesium sangatberperan penting dalam membuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Pada saat daya tahan tubuh seseorang menurun maka terdapat banyak risiko kesehatan yang bisa menyerang. Magnesium memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhdengan demikianresiko gangguan kesehatan tidak dapat menghampiri pada saatasupan magnesium yang cukup.

9.    Mendukung Kinerja Metabolisme Tubuh
Metabolisme tubuh membutuhkan mineral untuk bisa melakukan fungsinya secara baik dalam tubuh. Metabolisme inisangat berkaitan dengan sintesis protein dimana hal tersebut prosesnya dapat dibantu oleh magnesium.

10.    Menjaga Kesehatan Otot
Jika anda terasa lelah atau kelelahan, hal tersebut merupakan salah satu tanda asupan magnesium yang kurang. Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang berperan untuk menjaga fungsi otot supaya kinerjanya tetap berjalan dengan normal. Pada saat asupannya yang terlalu rendah, dengan demikian akan mengalami kekuatan otot yang berkurang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates