Thursday , 27 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Tips Terapi Fibromyalgia

Ketahui Tips Terapi Fibromyalgia

Ketahui Tips Terapi Fibromyalgia

Ketahui Tips Terapi Fibromyalgia

Ketahui Tips Terapi Fibromyalgia

Ketahui Tips Terapi Fibromyalgia – Fibromyalgia merupakan suatukeadaan gangguan medis yang dapat membuat seluruh anggota tubuh (khususnya pada tulang dan otot) akan terasa nyeri sertakeadaan ini merupakan kondisi yang kronis ataupun jangka panjang. Dengan demikian otomatis rutinitas juga akan terganggu serta akan terhambat. Fibromyalgia disebut dengan istilah FMS atau fibromyalgia syndrome. Dengan tingkat keparahan yang dirasakan pada setiap pengidap fibromyalgia juga dapat berbeda – beda.

Adanya keluhan pada gejala fibromyalgia akan muncul sesudah mengalami stres psikologi, mengalami infeksi, operasi ataupun akibat trauma fisik. Berikut merupakan jenis terapi fibromyalgia yang dapat diterapkan, diantaranya sebagai berikut :
1.    Jenis Terapi Obat
Meskipun untuk pengobatan fibromyalgia belum ditemukan, akan tetapi bukan berarti bahwa kondisi fibromyalgia tidak dapat diatasi. Terdapat sejumlah jenis obat yang dapat digunakan untuk pengendali keluhan gejala yang terjadi. Berikut diantaranya:

a.    Obat Pereda Nyeri
Terdapat sejumlah obat yang khusus untuk meredakan rasa nyeri akibat kondisi fibromyalgia, misalnya acetaminophen, obat ibuprofen, tramadol, ataupunobat naproxen sodium. Jenis obat ini dapat dikonsumsi sesuai dengan anjuran dari dokter.

b.    Obat Anti Kejang
Obat yang digunakan untuk penderita epilepsi juga dapat digunakan dalam menyembuhkan gejala akibat fibromyalgia, misalnya gabapentinmaupun pregabalin. Jenis obat ini dapat mengatasi rasa nyeri yang berlebih.

c.    Obat Antidepresan
Obat antidepresan dapat efektif obat fluoxetine atau amitriptyline, dan duloxetine serta milnacipran.

2.    Jenis Terapi Perilaku Kognitif
Selain terapi ini sering dilakukan pada penderita yang mengalami sakit jiwa, namun terapi ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi fibromyalgia yang akan menjadi lebih baik. Tujuan dari terapi ini yaitu yaituuntuk melatih strategi sehingga mengatasi rasa stres. Pada saat kondisi stres datang, kebanyakan orang akan mengalami kesulitan untuk berpikir apalag untuki berkonsentrasi. Terapi ini juga disertai dengan konseling serta konsultasi dengan konselor yang mampu membuat keyakinan diri menjadi semakin kuat.

3.    Jenis Terapi Akupuntur
Rasa nyeri yang disebabkan karenakondisi fibromyalgia terkadang akan membuat penderitanya merasa tidak tahan. Akupuntur adalah jenis terapi tusuk jarum yang dapat membuat keadaan jauh lebih enak serta nyaman. Dengan melakukan akupuntur, maka rasa nyeri dapat berangsur menurun, akan tetapi untuk melakukannya dengan durasi serta waktu yang tepat.

4.    Jenis Terapi Olahraga
Terapi olahraga merupakan salah satu pilihan untuk terapi efektif pada penderita fibromyalgia. Terapi olahraga untuk penderita fibromyalgia dilakukan tidak terlalu berat serta cukup dengan yang sederhana. Akibat kurang olahraga akan menjadi faktor datangnya berbagai penyakit.dengan melakukan olahraga, dapat membantu agar darah dapat dibawa lebih banyak ke daerah tubuh yang sakit yang pada akhirnya akan mendukung dalam masa penyembuhan untuk lebih cepat. Berikut merupakan jenis olahraga yang terbaik untuk penderita fibromyalgia, diantaranya:

a.    Berenang
b.    Bersepeda
c.    Berjalan kaki

Dari ketiga jenis olahraga tersebut sudah terbukti efektif untuk memberikan tekanan ke bagian tubuh penderita dandapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

5.    Jenis Terapi Relaksasi
Relaksasi dapat dilakukan pada saat waktu yang sedang santai. Kondisi tubuh yang cepat lelah merupakan salah satu keluhan dari kondisi fibromyalgia. Pada saat kondisi fisik lelah, maka yang penting dilakukan yaitu dengan merilekskan diri serta alangkah baiknyatidak memaksakan diri untuk menjalankan beraktivitas jika mengalami rasa nyeri. Sebab jika dipaksakan maka kondisi fibromyalgia akan bertambah parah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates