Thursday , 24 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Radang Sendi pada Jari Tangan

Penyebab Radang Sendi pada Jari Tangan

Penyebab dan Pengobatan Radang Sendi pada Jari Tangan

Penyebab dan Pengobatan Radang Sendi pada Jari Tangan

Penyebab dan Pengobatan Radang Sendi pada Jari Tangan

Penyebab dan Pengobatan Radang Sendi pada Jari Tangan – Apabila anda pernah mengalami nyeri di sekitar persendian jari tangan, mengalami nyeri di sekitar sendi jari tangan akibat terlalu lama mengemudi sepeda motor, dengan dmeikian kemungkinan besar anda mengalami radang sendi pada jari tangan. Terdapat beberapa gejala yang ditandai ketika radang sendi pada jari tangan, misalnya jari tangan akan terasa kaku, bengkak pada sendi-sendi tangan, serta jari-jari tangan akan sulit jika dilipat. Selain gejala tersebut, gejala lain yang dapat muncul yaitu mengalami pembengkakan di ruas-ruas jari setiap waktu pagi. Radang sendi jari pada tangan dapat diakibatkan oleh pergerakan pada jari tangan untuk dipaksakan dengan berulang. Namun masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan radang sendi pada jari tangan, berikut penjelasannya:1. Orteoarthritis di Bagian Tangan
Kondisi orteoarthritis pada tangan dapat mengakibatkan rasa nyeri di tiga jari pada tangan. Orang dengan orteoarthritis pada bagian tangan dapat mengalami beberapa gejala misalnya jari tangan mengalami bengkak, nyeri, kaku atau dapat berupa benjolan di bagian sendi serta terasa sakit. Selain itu pada bagian belakang jari bisa muncul kista yang sangat menyakitkan.

2. Rheumatoid Arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan gangguan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Sementara kondisi orteoarthritis diakibatkan karena pergerakan pada sendi – sendi itu sendiri. Kondisi rheumatoid arthritis yang mengalami kronis dapat mengakibatkan  rasa nyeri di bagian jari tangan serta jari kaki. Penyakit Rheumatoid arthritis lebih banyak diderita pada kaum perempuan.

3. Pirai
Penyakit pirai adalah jenis penyakit pada radang sendi dengan gejala yang ditandai dengan rasa perih, kaku dan mengalami bengkak pada persendian. Apabil penyakit ini tidak dilakukan penanganan dapat mengakibatkan kerusakan di bagian sendi, di bagian tendon, serta di bagian jaringan yang lainnya. Penyakit pirai lebih banyak terjadi pada kaum pria.

Faktor penyebab utama pirai yaitu akibat kadar asam urat dalam darah terlalu banyak. Kadar asam urat yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan asam urat akan mengkristal di sekitar persendian sampai mengakibatkan radang sendi. Rasa nyeri akan terjadi secara tiba – tiba di bagian sendi tangan.

Apabila tidak segera dilakukan penanganan, maka kondisi radang sendi pada jari tangan dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih serius, mislanya terjadi kerusakan pada tulang, mengalami erosi tulang, terasa nyeri yang makin parah, serta kondisi lainnya. Oleh sebab itu, nyeri pada sendi jari tangan harus cepat dilakukan penanganan supaya tidak akan mengakibatkan komplikasi. Agar dapat mengurangi gejala radang sendi, berikut langkah yang harus dilakukan, diantaranya:

1. Mengontrol Berat Badan
Faktor penyebab radang sendi salah satunya diakibatkan karena berat badan yang berlebihan. Dengan demikian, agar dapat mengobatinya berat badan harus dalam taraf yang ideal dengan cara terus memantau berat badan.

2. Rutin Olah Raga
Olahraga dilakukan selain dapat membantu untuk mengontrol berat badan, namun juga dapat berguna dalam mempertahankan fleksibilitas pada sendi sehingga dapat mengatasi rasa kaku.

3. Terapi Dingin dan Hangat
Dengan melakukan terapi dingin dapat berguna dalam mengurangi rasa nyeri. Sedangkan untuk terapi hangat bermanfaat alam mengatasi sendi yang terasa kaku.4. Meditasi
Dengan melakukan meditasi dapat mengurangi gejala nyeri di sekitar persendian.

5. Mengkonsumsi Jenis Asam Lemak yang Tepat
Seorang ahli manganjurkan supaya penderita yang mengalami nyeri sendi harus mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates