Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Asam Folat dan Jenisnya

Seputar Asam Folat dan Jenisnya

Seputar Asam Folat dan Jenisnya

Seputar Asam Folat dan Jenisnya

Seputar Asam Folat dan Jenisnya

Seputar Asam Folat dan Jenisnya – Organ dalam tubuh, membutuhkan asupan makanan yang mengandung asam folat,sebab asam folat mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Asam folat dapat berperan bukan cuma untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, akan tetapi asam folat dapat membantu untuk proses penyembuhan dari berbagai jenis penyakit. Bagi ibu hamil harus memperhatikan jenis makanan dengan kandungan asam folat, sebab sangat penting yang dapat memberikan manfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan agar dapat tumbuh normal serta tidak akan mengalami kecacatan.

Asam folat merupakan sejenis vitamin B yang larut di dalam air. Manfaat asam folat dalam tubuh yaitu untuk melancarkan proses metabolisme serta untuk perkembangan sel dalam tubuh. Seperti halnya jenis vitamin yang lainnya, asam folat akan mudah rusak apabila terkena suhu yang terlalu panas, oleh sebab itu pada saat mengolah ataupun memasak jenis bahan makanan dengan kandungan asam folat sebaiknya jangan terlalu lama serta jangan memasaknya dengan suhu yang tinggi.

Asam folat, atau sering disebut folat, kandungan asam folat ini masih dengan bentuk yang alami, yang dapat ditemukan dengan sangat mudah dalam berbagai jenis buah dan juga sayuran. Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber dari asam folat yang utama. Berikut uraian selengkapnya, diantaranya:

1.    Kacang-Kacangan
Asam folat atau dinamankan vitamin B9 kandungannya banyak dijumpai dalam jenis makanan kacang-kacangan. Bukan hanya mengandung asam folat, akan tetapi dalam beberapa jenis kacang-kacangan juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang penting lainnya, misalnya kalsium, protein serta vitamin D yang tida kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan menjaga asupan kacang- kacangan satu cangkir kacang, maka dapat memperoleh asupan sekitar 180 mg asam folat. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang mencakup hampir setengah dari jumlah vitamin B9 (asam folat) yang diperlukan oleh tubuh dalam setiap harinya. Jenis kacang – kacangan dengan kandungan asam folat yakni terdapat dalam semua jenis kacang-kacangan, misalnya dalam kacang hijau atau beans, sejenis kacang merah, serta kacang tanah atau disebut peanuts.

2.    Buah – Buahan
Buah dengan kandungan asam folat misalnya buah melon, buah pisang, buah mangga, alpukat, sertapada keluarga citrus, yakni segala semua jeruk. Kandungan vitamin C serta kandungan folat yang terdapat dalam buah-buahan dapat dinilai sangat berperan untuk dapat menguatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Jeruk, pisang, serta buah alpukat merupakan sumber asam folat bagia ibu hamil, dengan demikian buah ini bagus untuk ibu hamil.

3.    Sayuran
Jenis makanan dengan kandungan asam folat yaitu jenis sayuran yang berdaun hijau, khususnya yang berwarna hijau gelap. Misalnyanya sayuran ini yaitu brokoli, selada, asparagus, kubis, sawi, serta sayur bayam. Selain kaya dengan kandungan asam folat, sayuran ini juga kaya dengan nutrisi yang lain.

4.    Hati Hewan
Bagi orang yang sedang menjalani program diet atau bagi orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan, jenis makanan ini lebih sering dihindari oleh orang tersebut, sebab hati hewan ini cukup banyak mengandung lemak dan juga kolesterol. Akan tetapi memandang hati hewan ini dari sisi buruknya saja, karena ternyata ada keuntungan yang bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi hati hewan. Hati hewan di dalamnya mengandung asam folat yang cukup banyak sama seperti halnya pada beberapa jenis makanan yang tadi sudah dibahas. Akan tetapi bagi ibu hamil, meskipun termasuk makanan yang mengandung asam folat dan DHA, sebaiknya hindari mengkonsumsi hati hewan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates