Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Dampak Konsumsi Garam yang Berlebihan

Seputar Dampak Konsumsi Garam yang Berlebihan


Seputar Dampak Konsumsi Garam yang Berlebihan – Garam atau disebut dengan natrium adalah salah satu zat yang biasa digunakan untuk menambah rasa dalam masakan. Garam mempunyai rasa yang asin serta akan membuat gurih, garam juga mempunyai kelebihan untuk meningkatkan cita rasa dalam makanan maupun minuman. Meskipun garam mempunyai peranan yang sangat penting khususnya sebagai penambah cita rasa dalam setiap masakan, akan tetapi harus tetap memperhatikan dalam konsumsi serta asupan garam. Perlu diketahui seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi garam per hari 1500 sampai 2300 miligram tentunya kadar tersebut tubuh dalam kondisi kesehatan. Pada saat mengkonsumsi garam dengan angka di atas standarnya, dengan demikian sudah dapat dipastikan seseorang mengalami kelebihan dalam mengkonsumsi garam.Mengkonsumsi garam dengan berlebihan bisa menyebabkan berbagai efek samping terhadap kesehatan. Berikut merupakan beberapa bahaya yang bisa diakibatkan jika mengkonsumsi garam secara berlebihan, diantaranya :

1. Menyebabkan darah tinggi atau hipertensi
Bahaya mengkonsumsi garam secara berlebihan akan mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi hipertensi dapat mengakibatkan seseorang menjadi mudah terasa lemas serta pusing, dan dapat mengakibatkan tubuh menjadi sangat tidak nyaman. Seseorang dengan riwayat hipertensi wajib waspada, sebab konsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan kambuhnya hipertensi.

2. Menimbulkan penyakit kardiovaskuler
Penyakit kardiovaskuler adalah jenis penyakit yang berhubungan dengan kinerja pada jantung. Perlu diketahui bahwa terjadinya gejala penyakit kardiovaskuler salah satunya akibat mengkonsumsi garam secara berlebihan.

3. Menyebabkan serta memicu terjadinya stroke
Garam adalah salah satu mineral yang bisa meningkatkan resiko terkena stroke. Hasil penelitian menyimpulkan jika mampu mengurangi dalam konsumsi garamnya bisa mengurangi resiko terjadinya stroke sebanyak 1 / 6 kalinya.

4. Dapat menyebabkan pembengkakan jantung
Pembengkakan yang terjadi pada organ jantung sangat berkaitan dengan penyakit kardiovaskuler. Pembengkakan pada jantung akan terjadi akibat mengalami suatu kondisi yang disebut hipertrofi ventrikel kiri, atau mengalami pembesaran di bagian otot yang akan membuat ruang pompa udara bisa semakin tertekan serta menjadi sempit.

5. Menyebabkan terjadinya retensi cairan
Retensi cairan adalah suatu keadaan dimana air dapat terserap habis, oleh adanya zat natrium, dengan demikian tubuh dapat mengalami kekurangan cairan. Sehingga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

6. Dapat mempengaruhi sistem pencernaan
Asupan garam secara berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh. terdapat beberapa system pada saluran pencernaan yang akan terganggu serta terpengaruh jika mengkosumsi garam secara berlebihan, diantaranya :

a. Dapat mengakibatkan terjadinya ulkus atau mengalami luka di bagian lambung, dan mengalami duodenum
b. Dapat mengakibatkan kanker di organ pencernaan, misalnya lambung serta usus
c. Dapat mengakibatkan terjadinya penurunan zat pepsin pada saluran pencernaan.7. Dapat menyebabkan permasalahan rambut, seperti kerontokan rambut
Dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan atau natrium bisa mengakibatkan timbulnya gangguan serta permasalahan pada rambut, dimana rambut akan kerontokan rambut serta munculnya uban.

8. Menyebabkan peningkatan sekresi air empedu
Sekresi air empedu terjadi pada saat asupan garam mengalami peningkatan serta berlebihan, dengan demikian sekresi air empedu dapat meningkat serta akan menjadi tidak terkontrol. Dampak sekresi air empedu yang mengalami peningkatan akan meningkatkan densitas darah, yang berdampak menurunnya vitalitas tubuh.

9. Memicu dan menyebabkan terjadinya gejala osteoporosis
Osteoporosis terajdi bukan hanya akibat kekurangan asupan kalsium saja, namun dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan bisa mengakibatkan tubuh kehilangan mineral – mineral pada tulang, sehingga dapat memicu terjadinya osteoporosis.

10. Menyebabkan gangguan pada ginjal
Konsumsi garam yang berlebihan dapat mengakibatkan organ ginjal akan bekerja extra keras serta akan bekerja lebih berat. Jika terjadi secara terus – menerus, serta berjalan dengan waktu serta siklus yang teratur dan juga panjang, dengan demikian akan mengakibatkan terjadinya kerusakan di bagian organ ginjal.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates