Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Jenis Penyakit jantung

Seputar Jenis Penyakit jantung

Seputar Jenis Penyakit jantung

Seputar Jenis Penyakit jantung

Seputar Jenis Penyakit jantung

Seputar Jenis Penyakit jantung – penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Dari sebuah data yang diperoleh dari hasil penelitian menyatakan bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian dengan angka tertinggi di dunia. Hal yang paling mengejutkan dari akibat penyakit jantung yaitu terjadinya kematian secara mendadak dimana pada awalnya sering tidak disertai adanya gejala. Agar dapat menghindari jenis penyakit yang dapat terjadi pada organ jantung, dengan demikian terlebih dahulu harus mengenal jenis penyakit jantung serta upaya untuk mencegahnya. Berikut merupakan jenis penyakit jantung yang sering dialami, diantaranya:1. Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner dapat terjadi akibat ada arteri yang berperan sebagai pengangkut darah ke bagian organ jantung tidak dapat berfungsi. Hambatan ini dapat terjadi akibat lapisan plak yang tumbuh di dalam arteri serta biasanya plak akan berisi kolesterol serta lemak. Proses ini dapat mengakibatkan arteri akan menjadi lebih sempit dengan demikian akan mengakibatkan jantung tidak memperoleh oksigen yang cukup. Keadaan penyakit jantung koroner ini akan mengakibatkan angina atau serangan jantung secara mendadak. Penyebab lain selain terjadi penumpukan kolesterol dan lemak dalam arteri, sebagai berikut:

a. Akibat kebiasaan merokok
b. Kadar kolesterol yang tinggi
c. Penyakit darah tinggi atau hipertensi
d. Penyakit diabetes
e. Aktivitas fisik yang berlebihan
f. Obesitas
g. Depresi atau tingkat stres yang tinggi.
h. Riwayat penyakit jantung.

2. Aritmia
Aritmia merupakan penyakit yang dapat ditandai dengan denyut jantung yang abnormal atau denyut jantung tidak beraturan. Keadaan ini akan mengakibatkan denyut jantung akan menjadi lebih lambat atau bradikardia, menyebabkan denyut jantung akan menjadi lebih cepat atau takikardia atau bahkan menyebabkan denyut jantung sama sekali menjadi tidak teratur.

3. Penyakit Gagal Jantung
Penyakit gagal jantung ditandai dengan adanya gerakan spontan pada jantung yang tidak dapat memompa darah dengan demikian akan mengakibatkan kebutuhan oksigen untuk darah dengan otomatis dapat terhenti. Keadaan lain yang dapat memicu gagal jantung seperti mengalami penyempitan pada arteri, karena penyakit tekanan darah tinggi atau hipetensi serta kurangnya kemampuan pada jantung untuk memompa darah.

4. Penyakit Katup Jantung
Penyakit katup jantung merupakan suatu keadaan dimana katup jantung tidak dapat berfungsi secara optimal. Katup jantung berperan dalam membantu aliran darah yang di pompa oleh organ jantung dapat mengalir secara baik dengan demikian darah akan beredar ke semua bagian organ dalam tubuh.

5. Penyakit Otot Jantung (Kardiomiopati)
Kardiomiopati merupakan suatu kondisi penyakit jantung yang mengakibatkan ukuran jantung akan menjadi lebih besar atau terjadi penebalan di bagian dinding jantung. Kelainan ini akan mengakibatkan jantung tidak dapat memompa darah ke semua bagian organ tubuh dimana dampaknya yaitu penyakit gagal jantung.

6. Serangan Jantung
Serangan jantung merupakan suatu  kondisi penyakit yang diakibatkan karena di bagian otot jantung mengalami kerusakan atau kematian dengan demikian aliran darah pada jantung akan mengalami penyumbatan atau bahkan tidak dapat terjadi. Penyumbatan ataupun kegagalan fungsi dengan waktu yang singkat dapat mengakibatkan tubuh tidak dapat menerima oksigen serta darah ataupun nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan. Serangan jantung akan sering terjadi dengan waktu yang sangat singkat sehingga memerlukan perawatan yang sifatnya darurat.

Jenis pada penyakit jantung dari bawaan juga dapat terjadi terutama apabila berhubungan bersama orang dengan riwayat penyakit jantung di dalam keluarganya. Akan tetapi pada umumnya dapat dilakukan pencegahan penyakit jantung dengan mempunyai kebiasaan yang baik termasuk dalam mengendalikan beberapa penyakit yang mempunyai potensi sebagai penyebab penyakit jantung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates