Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab Sakit pada Leher

Seputar Penyebab Sakit pada Leher

Seputar Penyebab Sakit pada Leher

Seputar Penyebab Sakit pada Leher

Seputar Penyebab Sakit pada Leher

Seputar Penyebab Sakit pada Leher – Leher yang mengalami sakit memang merupakan hal yang biasa.Akan tetapi, bukan berarti harus diabaikan jika kondisinya terlalu lama.  Sakit leher bisa dialami mulai di bagian sisi bawah kepala hingga di bagian bahu di bagian sisi atasnya. Akan tetapi rasa sakitnya bisa menjala sampai ke lengan kemudian akan menyerang pada bagian punggung ke bagian atas. Jika tidakdiketahui penyebabnya serta solusinya, dengan demikian bagian kepala serta leher akan menjadi sulit untuk digerakkan. Berikut merupakan beberapa penyebab sakit pada leher, diantaranya:

1.    Salah Posisi Tidur
Leher yang terasa sakit dapatdiakibatkanoleh salah dalam posisi tidur serta efeknya akan dirasakan pada saat bangun tidur di esok paginya. Leher rasanya sangat tidak nyaman, mengalami tegang serta kaku dengan demikia dapat mengganggu aktivitas harian. Gunakanlah minyak gosok yang ke bagian leher dengan memberikan pijatan-pijatan pada leher.

2.    Banyak Beban Pikiran
Pada saat sedang stres, seseorang yang mempunyai banyak beban pikiran bisa lebih rentan untuk terkena sakit pada leher. Pada saat mengalami stres maupun tekanan, ketegangan bisa sangat mudah untuk menjangkiti di bagian leher serta bahu. Psikosomatis merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi karena akibat adanya tekanan serta adanya beban pikiran yang berlebih. Keadaan tersebut merupakan suatukondisi fisiologis dimana pemicu utamanya yaitu mengalami gangguan di daerah psikologis. Saraf dan juga otot akan menjadi bagian yang terkena dampaknya dengan dmeikianakan menjadi tegang dan terasa lebih kaku pada saat digerakkan.

3.    Cedera
Leher yang mengalami sakit dapat disebabkan cedera, baik akibat cedera karena kecelakaan motor maupun mobil, dapat juga akibat cedera karena terpeleset, akibat terkena pukulan di daerah wajah ataupun di kepala bagian atas serta belakang, maupun akibat jatuh dari ketinggian. Apabila orang yang aktif dalam melakukan olahraga, leher sakit dapat diakibatkan cedera.

4.    Saraf  Terjepit
Pada saat saraf terjepit, maka otomatis dampaknyaleher akan mengalami sakit, akan tetapi kondisi ini dapat dialami oleh orang tua. Dengan usia yang semakin tua bisa menunjukkan terdapat perbedaan dengan kondisi celah antara tulang ataupun diskus. Saraf terjepit dapat terjadi pada saat kandungan air yag mulai hilang dengan diskus tersebut.Spondilosis servikal merupakan istilah kondisi sakit leher akibat saraf terjepit.Penyebab utama dari kondisi spondilosis servikal yaitu tulang mengalami robek ataupun bergeser dengan salah satu diskus dengan demikian akan mengalami gangguan saraf yang terdapat di sekelilingnya.

5.    Kekakuan Leher
Leher terasa kaku dapat menjadi penyebab leher yang sakit. Leher yang kaku akibat posisi yang kurang tepat serta terlalu lama yang disebut tortikolis akut karena otot leher mengalami cedera. Apabila tidur tidak menggunakan alas ataupun penopang leher, dengan demikian memiliki potensi leher akan menjadi kaku serta akan mudah sakit.

6.    Membawa Beban Berat
Akibat membawa beban yang berat seperti membawa tas dengan beban berat merupakan salah satu penyebab leher sakit. Dengan mengangkat beban dengan berat berlebih, apalagi dilakukan setiap hari serta dalam waktu yang sangat lama dapat membuat leher, bahu serta lengan akan menjadi kurang nyaman.

7.    Tekanan Darah Tinggi
Pada saat mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka otomatis leher dapat terasasangat sakit, terasa sering tegang, kaku serta kencang. Jika mempunyai kebiasaanmengkonsumsi makanan yang berlemak serta berkolesterol tinggi dengan pola hidup yang tidak sehat maka akan menyebabkan tekanan darah menjadi naik.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates