Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menyembuhkan Jantung Bengkak

Tips Menyembuhkan Jantung Bengkak

Tips Menyembuhkan Jantung Bengkak

Tips Menyembuhkan Jantung Bengkak

Tips Menyembuhkan Jantung Bengkak – Jantung bengkak atau disebut dengan hepatomegali merupakan bukanlah suatu penyakit akan tetapi suatu gejala akibat gangguan kesehatan yang lainnya. Seseorang akan mengalami pebengkakan pada organ jantung apabila sedang dalam kondisi stres, melemahnya otot jantung, irama jantung mengalami abnormal dan lainya. Pada umumnya penyebab yang paling sering terjadi akibat penyakit arteri koroner atau mengalami penyumbatan pada Arteri koroner serta akibat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain hal tersebut, berikut yang menjadi penyebab jantung bengkak yaitu :a. Infeksi virus hati
b. Katup jantung yang abnormal
c. Kehamilan
d. Penyakit ginjal
e. Infeksi HIV AIDS
f. Konsumsi Alkohol  ataupun kokain
g. Kondisi genetik

Berikut merupakan beberapa gejalanya meskipun pada tahap awal tidak dapat menimbulkan gejala, namun harus berhati-hati jika mengenali gejala ini:

a. Sesak napas (terutama pada saat aktif atau pada saat berbaring datar)
b. Kaki bengkak
c. Berat badan bertambah (perut menjadi buncit)
d. Perasaan lelah
e. Palpitasi atau miss detak jantung

Adapun cara menyembuhkan jantung bengkak yang sesuai dengan penyebabnya sebagai berikut:
1. Apabila kondisi jantung bengkak akibat penyakit arteri koroner: agar dapat meningkatkan aliran darah ke bagian otot jantung dengan membuka sumbatan pada pembuluh darah untuk memasok oksigen ke organ jantung. Apabila jantung mengalami pembesaran akibat penyumbatan, dengan demikian solusinya seperti itu.

2. Akibat hipertensi: dengan melakukan pengecekan tekanan darah tinggi bisa mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Hal tersebut juga bisa membuat jantung akan bekerja lebih baik.

3. Akibat konsumsi minuman alkohol atau akibat penggunaan obat : caranya dengan menghentikan penggunaan zat berbahaya (minuman alkohol dan obat terlarang) bisa meningkatkan fungsi dari kerja jantung.

4. Akibat penyakit katup jantung: dengan bedah ataupun prosedur invasif minim kadang – kadang bisa memperbaiki atau dapat mengganti katup jantung yang mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan kardiomegali.

5. Pada saat jantung mengalami pembesaran yang dapat mengakibatkan gagal jantung yang kongestif, perawatan yang lain lebih fokus untuk mengurangi gejala serta menjaga jantung bekerja optimal, misalnya:

a. Pemberian diuretik (Pil air) akan membuat seseorang buang air kecil yang lebih. Artinya bahwa jantung tidak dituntut untuk memompa lebih banyak. Hal ini juga dapat membantu untuk meringankan pembengkakan pada kaki.

b. ACE (Angiotensin-converting enzyme) inhibitor serta beta-blocker. Golongan ini akan paling sering digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi, akan tetapi ia juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

c. ARB (Angiotensin receptor blocker) agar dapat memberikan manfaat untuk inhibitor ACE bagi seseorang yang tidak bisa mengambil inhibitor ACE.

d. Beta blocker berfungi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan dapat meningkatkan fungsi organ jantung.

e. Implan cardioverter-defibrillator, merupakan sebuah perangkat yang dimasukkan ke dalam dada yang dapat me-restart jantung apabila berhenti berdetak. Beberapa hal ini juga akan membantu untuk memompa jantung menjadi lebih efektif.

f. Antikoagulan berperan untuk mengurangi resiko terjadinya penggumpalan darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung maupun stroke.

g. Anti-arrhythmics berperan untuk menjaga detak jantung supaya iramanya tetap dalam kondisi normal.Agar kondisi jantung tetap dalam kondisi sehat, maka lakukan pola hidup sehat sebagai berikut:
1. Olahraga ringan secara teratur.
2. Jangan konsumsi makanan berlemak
3. Hindari konsumsi garam berlebihan
4. Hindari minuman bersoda
5. Hindari konsumsi kafein
6. Hindari penggunaan alcohol

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates