Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Daun Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Tubuh – Jeruk mempunyai banyak golongan salah satunya adalah buah lemon. Pada beberapa orang mempunyai anggapan bahwa lemon merupakan jeruk nipis. Namun lemon serta jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang mempunyai perbedaan, mulaidari perbedaan pada tampilan, pada warna serta dari ukurannya. Jeruk nipis mempunyai warna kulit yang berwarna hijau, sedangkan pada jeruk lemon mempunyai warna kulit yang kuning cerah. Jeruk lemon ataupun buah yang bernama latin Citrus limon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi dengan demikian mempunyai banyak manfaat untuk mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan.

Dalam buah lemon mempunyai sifat anti bakteri serta sebagai antivirus yang bisa menghancurkan virus sebagai penyebab malaria, penyakit kolera, tipus, difteria serta beberapa masalah penyakit yang lainnya yang dapat timbul karena akibat bakteri. Selain dalam buahnya, dari pohon jeruk lemon juga mempunyai khasiat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, yaitu pada bagian daun lemon.

Terdapat beberapa kandungan yang ada dapat dimanfaatkan dalam daun buah jeruk lemon. Berikut beberapa zat yang terkandung di dalam daun jeruk lemon sebagai berikut:

1.     Limonene
Limonen merupakan salah satu zat yang terdpat dalam daun buah lemon. Zat yang ada dalam daun jeruk lemon yang dapat menimbulkan rasa pahit ini, namun mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, dimana dapat mengatasi penyakit yang berbahaya. Sebuah penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa limonene bisa membantu dalam mencegah suatu aktivitas multiplikasi sel kanker dalam beberapa bagian tubuh misalnya pada mulut, kolon, paru, dan payudara. Selainitu juga, limonene bisa membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam organ hati ataupun liver.

2.    Tanin
Tanin juga terdapat dalam buah lemon. Tanin ini hanya dapat ditemukan dibagian kulit serta pada daun jeruk lemon. Dalam daun jeruk lemon tanin mempunyai fungsi untuk anti bakteri serta juga sebagai antioksidan. Pada umumnya tanin dapat digunakan sebagai menyamak tulang serta untuk kulit binatang supaya awet serta mempunyai tekstur yang lentur. Tanin juga sangat dibutuhkan oleh tumbuhan sebab bisa melindungi tanaman dari adanya serangan hama serta hewan herbivora. Selain itu juga, tannin dapat berperan penting untuk proses pemasakan buah.

3.    Antioksidan
Daun buah lemon mengandung antioksidan yang mempunyai khasiat dalam mengatasi serta untuk mencegah terjadinya penyakit kanker yang dapat menyerang tubuh. Hampir sama dengan kandungan limonene, tannin juga dapat menimbulkan rasa pahit serta rasa asam.

4.    Fenol
Zat fenol yang ada dalam tanaman jeruk lemon sama dengan zat tanin, yaitu berada dibagian kulit serta daun jeruk lemon. Namun, Fenolbisa terdapat pada perasan jeruk lemon. Fenol juga mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh, sebab bisa membantu untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalamdarah. Apabila kadar kolesterol di dalam darah menjadi berkurang dengan demikian dapat terhindar dari potensi penyakit jantung. Dengan cara mengambil ekstrak zat fenol dalam daun jeruk lemon serta pada beberapa bagian lemon yang lainnya, darah dapat bersih dari adanya kolesterol serta dapat bebas dari adanya resiko penyakit jantung.

Meskipun tidak banyak diketahui oleh masyarakat yang luas, dari daun jeruk lemon bisa berguna untuk kesehatan. Daun jeruk lemon bisa membantu untuk mengatasi berbagai masalah penyakit yang sangat berbahaya. Untuk merekan yang sudah menderita beberapa jenis penyakit misalnya penyakit kanker, jantung serta liver, bisa mencoba untuk memanfaatkan daun jeruk lemon dalam mengatasinya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates