Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan yang Mengandung Senyawa Zeaxanthin dan Lutein

Ketahui Jenis Makanan yang Mengandung Senyawa Zeaxanthin dan Lutein

Ketahui Jenis Makanan yang Mengandung Senyawa Zeaxanthin dan Lutein

Ketahui Jenis Makanan yang Mengandung Senyawa Zeaxanthin dan Lutein

Ketahui Jenis Makanan yang Mengandung Senyawa Zeaxanthin dan Lutein

Ketahui Jenis Makanan yang Mengandung Senyawa Zeaxanthin dan Lutein – lutein dan zeaxanthin merupakan suatu senyawa yang banyak dijumpai dalam sayuran serta buah-buahan alami. Kedua macam senyawa tersebut sering ditandai dengan adanya warna-warna yang cerah dalam buah maupun sayur yang menyegarkan. Tubuh membutuhkanasupan sayur serta buah yang mengandung suatu senyawa lutein serta senyawa zeaxanthin agar dapat memelihara kesehatan pada mata. Kemampuan senyawa lutein serta zeaxanthin bisa melindungi daerah makula di bagian retina mata.

Sehingga senyawa Lutein dan juga zeaxanthin dapat memelihara kondisi kesehatan mata. harus akan tetapi dalam mengkonsumsinya harus tetap dalam jumlah yang dianjurkan. Berikut merupakan jenis makanan yang mengandung senyawa Lutein dan zeaxanthin, diantaranya:

1.    Kale
Sayuran hijau kale di dalamnya mengandung sedikitnya 23.6 mg senyawa lutein serta zeaxanthin. Hal tersebut dapat ditandai dengan warna hijau pada sayuran kale. Senyawa Lutein dapat membantu mata pada saat terkena panas sinar matahari dengan demikian dapat memberikan perlindungan didaerah makula. Kale juga mengandung antioksidan yang dapatberperan untuk menjalankan fungsi tersebut. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau juga bisa mencegah dari adanya berbagai jenis penyakit misalnya penyakit jantung, penyakit stroke, serta penyakit lainnya.

2.    Bayam
Sayuran bayam mempunyai kandungan senyawa lutein serta zeaxantin yang dapat menjaga kondisi kesehatan mata. Bahkan sayuran bayam juga mempunyai kandungan beta karoten yang dapat bekerja dengan senyawa lutein serta senyawa zeaxantin yang berperan untuk mencegah defisiensi vitamin A.

3.    Lobak Hijau
Lobak hijau merupakan salah satu sayuran yang mempnyai kandungan senyawa karotenoid, lutein, senyawa zeaxanthin serta beta karoten. Lutein serta senyawa zeaxanthin sangat dibutuhkan dalam tubuhuntuk melindungi makula. Pigmen yang alami ini juga dapat membantu untuk memperoleh perlindungan dari berbagai jenis penyakit misalnya kebutaan serta degenarasi makula.

4.    Collards
Collards adalah jenis sayuran hijau yang mempunyai bentuk mirip dengan sayuran sawi. Sayura collards merupakan salah satu sayuran yang kaya dengan kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin. Mata memerlukan senyawa lutein dan zeaxanthin agar dapat menyaring cahaya biru yang dapat mengenai pada bagian retina. Senyawa Lutein dan zeaxanthin juga dapat sebagai antioksidan untukmemberikan perlindungan pada saat mata terkena sinar matahari.

5.    Jagung Manis
Jagung manis merupakan jenis sayuran yang dapat memberikan perlindungan pada bagian mata. Kandungan Jagung manis mempunyai senyawa lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis senyawa tersebutdapat melindungi mata di daerah degerasi makula. Bahkan senyawa lutein dan zeaxanthin juga dapat mencegah mata dari kondisi katarak yang akan terjadi pada usia lanjut.

6.    Brokoli
Sayuran brokoli kaya dengan kandungan nutrisi misalnya lutein, fosfor, zeaxanthin, magnesium, vitamin C, vitamin A, vitamin E serta vitamin B kompleks. Vitamin ini dapat memelihara kesehatan tubuh khususnya kesehatan mata. Senyawa lutein dan senyawa zeaxanthin juga dapat melindungi mata di bagian lapisan retina.

7.    Romaine Lettuce
Romaine lettuce merupakan jenis selada hijau yang dapat menjaga kesehatan mata sebab mempunyai kandungan vitamin C, senyawa lutein, dan senyawa zeaxanthin. Beberapa jenis nutrisi di dalmnya juga dapat melindungi mata serta mencegah sakit mata, katarak, kerusakan kornea dan juga retina mata, kondisi glaukoma serta penyakit degenerasi makula.

8.    Kacang Polong
Kacang polong kandungannya dapat melindungi kesehatan mata. Kacang polong mempunyai kandungan misalnya vitamin A, senyawa lutein serta senyawa zeaxanthin, yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates