Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat dan Efek Samping Temulawak

Khasiat dan Efek Samping Temulawak

Khasiat dan Efek Samping Temulawak

Khasiat dan Efek Samping Temulawak

Khasiat dan Efek Samping Temulawak

Khasiat dan Efek Samping Temulawak – Temulawak adalah salah satu tanaman dengan jenis temu – temuan, yang berbentuk akar serta rimpang atau batang ada di bawah tanah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat ramuan obat. Temulawak dapat hidup didaerah yang ketinggiannya 5 sampai 750 meter dengan diatas permukaan laut. Sebagai jenis tanaman herbal, pastinya temulawak mempunyai segudang manfaat, akan tetapi harus tetap berhati – hati terhadap efek sampingnya serta harus dikonsumsi secara teratur atau tidak berlebihan. Temulawak mempunyai banyak berguna untuk kesehatan tubuh, berikut merupakan beberapa khasiat tanaman temulawak diantaranya :

1.    Obat penyembuhan penyakit hepatitis
Siapkan sebanyak dua jari temulawak, kemudian cuci serta kupas bagian luarnya. Iris serta rebus temulawak dengan menambahkan ½ liter air serta tambahkanlah sedikit gula aren. Rebus sampai airnya tersisa setengahnya. Minumlah ramuan temulawak ini 2 kali dalam satu hari.

2.    Meredakan derita asma
Siapkanlah setengah rimpang tanaman temulawak, lalu cuci hingga bersih. Kupas bagian luarnya serta iris bagia daging temulawaknya. Rebus dengan menambahkan lima gelas air serta campurkan gula aren dengan secukupnya. Rebus sampai airnya hingga setengahnya. Larutan temulawak herbal ini dapat diminum tiga kali dalam satu hari.

3.    Pengobatan untuk sakit ginjal
Tanaman temulawak dicuci terlebih dahulu sampai bersih serta dikupas bagian luarnya. Siapkan empat gelas air kemudian rebuslah tanaman temulawak ditambah segenggam daun kumis kucing serta segenggam daun meniran. Rebus hingga airnya menjadi tersisa setengahnya. Rebusan ini dapat diminum sebanyak 3 kali dalam satu hari.

4.    Menyembuhkan bisul
Ambil tanaman temulawakkemudian cuci sampai bersih, kupaslah bagian kulitnya. Rebus tanaman temulawak yang sudah bersih dengan dua gelas air serta sedikit gula aren. Rebus sampai airnya setengah kemudian angkat. Tambahkanlah asam jawa sebesar ibu jari. Tunggu sampai dingin, lalu disaring serta diminum sekaligus.

5.    Temulawak efektif untuk mengatasi mual terutama akibat morning sicknes
Tanaman temulawak sangat efektif dalam mengatasi morning sickness dan rasa mual akibat faktor yangl ainnya.

6.    Mengurangi kelelahan otot
Temulawak sangat efektif dalam membantu untuk mengatasi kelelahan pada otot, terutama untuk seseorang yang sering melakukan latihan pada saat fitness.

Selain manfaat tersebut diatas, temulawak juga bisa berperan untuk berbagai bidang kesehatan diantaranya:
1.    Sebagai Antioksidan
2.    Mencegah darah kotor
3.    Melancarkan haid
4.    Obat untuk jerawat
5.    Obat untuk komedo
6.    Membersihkan wajah
7.    Bahan herbal kecantikan
8.    Meningkatkan mood
9.    Meningkatkan nafsu makan
10.    Mencegah insomnia

Berikut merupakan efek samping temulawak
Tanaman temulawak tampaknya akan aman dikonsumsi untuk kebanyakan orang pada saat digunakan dalam jangka waktu yang sebentar atau singkat, sampai 18 minggu. Akan tetapi temulawak dapat menjadi tidak aman apabila dikonsumsi dengan jumlah yang besar atau dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada lambung serta menyebabkan mual. Bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui, mendapatkan peringatan yang khusus, sebab mempunyai efek samping jika dikonsumsi.

Konsumsi untuk dosisyang tepatpada ramuan tanaman temulawak ini, akan tergantung dari beberapa faktornya misalnya faktor usia dari pengguna, kondisi kesehatan pengguna, serta akibat beberapa keadaan lain. Ketika tidak terdapat informasi yang ilmiah sehingga tidak cukup untuk menentukan besar dosis yang tepat dalam mengkonsumsi temulawak. Harus diketahui juga bahwa produk yang alami tidak selamanya aman dikonsumsi, selama konsumsi melebihi dari takarannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates