Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Daun Kelor dalam Menurunkan Kolesterol

Khasiat Daun Kelor dalam Menurunkan Kolesterol

Khasiat Daun Kelor dalam Menurunkan Kolesterol

Khasiat Daun Kelor dalam Menurunkan Kolesterol

Khasiat Daun Kelor dalam Menurunkan Kolesterol

Khasiat Daun Kelor dalam Menurunkan Kolesterol – Kelor atau dengan nama latin Moringaoleifera, mempunyai daun yang majemuk dengan ukuran kecil –kecil serta berwarna hijau. Pohon kelor dapat menghasilkan suatu buah kelor yang berbentuk seperti halnya kacang panjang akan tetapi lebih keras, yang dengan disebut kelentang. Baik pada daun maupun pada buahnya bisa dimasak serta dapat dijadikan sayur. Kelor mempunyai kandungan nutrisi yang bayak yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun kelor serta kelentang mempunyai kandungan vitamin C sangat tinggi, kandungan vitamin A, kandungan kalsium, mineral, potasium, magnesium, protein, zat besi dan lain sebagainya. Salah satu khasiat dari daun kelor ini yakni bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang manfaat daun kelor yang dapat menurunkan kadar kolestrol, kita ketahui dulu terkait penyakit kolesterol. Kolesterol merupakan kondisi lemak yang ada dalam aliran darah ataupun dalam sel tubuh. Kolesterol dapat dibagi menjadi dua, yakni: Kolestrol baik atau HDL yang bermanfaat untuk cadangan dalam metablisme tubuh serta jenis kolesterol jahat atau LDL yang dapat mengakibatkan timbulnya beberapa jenis penyakit

Kadar kolesterol dengan berlebihan bisa memberikan efek buruk terhadap kesehatan. Kadar kolestrol yang tinggi bisa menumpuk di bagian pembuluh darah serta dapat menghambat aliran darah di dalam vena, dimana kondisi ini merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung koroner serta penyakit stroke.

Pada saat mengkonsumsi makanan, organ yang pertama untuk menyimpan makanan yaitu organ lambung. Lambung akan bertugas untuk menghaluskan makanan serta dapat meneruskannya ke bagian usus. Usus akan berperan untuk penyerapan sari-sari makanan. Sari-sari makanan akan dikirim ke organ hati agar dapat disebar ke seluruh bagian tubuh. Dalam prosesnya hati akan menghasilkan VLDL. VLDL merupakan lipo pretein yang sangat banyak mengandung trigliserida serta dapat diubah menjadi bentuk LDL di dalam pembuluh darah. LDL ataupun lemak jahat dapat melekat di bagian pembuluh darah.

Seiring dengan terjadinya penebalan lemak yang akan melekat di bagian pembuluh darah, lalu akan mengalami arteri sklerosis ataupun plak lemak di dalam pembuluh darah. Terjadinya penyumbatan oleh plak di dalam pembuluh darah bisa menyebabkan kerja jantung dapat meningkat serta menyebabkan pecahnya plak atau thrombus yang dapat mengalir ke bagian pembuluh darah ataupun ke cabang arteri yang ukurannya lebih kecil. Apabila trombus sampai ke bagian arteri koroner dengan demikian dapat menjadi suatu penyakit jantung koroner, jika trombus sampai di percabangan arteri pada otak dengan demikian dapat menyebabkan stroke.

Berikut merupakan cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan daun kelor
Beberapa pilihan yang dapat dilakukan, diantaranya seperti menjaga bobot badan ideal, melakukan olahraga rutin minimalnya 30 menit dalam satu hari, mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjauhi makanan junk food, konsumsi buah – buahan serta konsumsi  sayur -sayuran yang berwarna hijau. Jenis makanan tersebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Salah satu solusinya yakni dengan mengkonsumsi tanaman kelor bagian daunnya ataupun buah kelor.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh ekstrak daun kelor dengan terjadinya penurunan kadar kolesterol pada uji coba tikus. Hipotesa dapat muncul karena efek tersebut yakni adanya peran dari suatu senyawa bio aktif, senyawa sitosterol dalam daun kelor. Peran sitosterol ataupun disebut dengan beta sitosterol dapat meningkatkan fungsi bagian usus untuk menyerap lemak ataupun kolesterol dengan demikian kadar kolesterol yang beredardi dalam darah bisa diturunkan. Hal tersebut sehingga bisa mencegah perubahan VLDL yang menjadi LDL ataupun lemak jahat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates