Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Gambir bagi Penderita Diabetes

Khasiat Gambir bagi Penderita Diabetes

Khasiat Gambir bagi Penderita Diabetes

Khasiat Gambir bagi Penderita Diabetes

Khasiat Gambir bagi Penderita Diabetes

Khasiat Gambir bagi Penderita Diabetes – Gambir atau dengan nama latinya Uncaria gambir merupakan jenis tanaman yang berasal dari negara Indonesia dan negara Malaysia. Oleh orang Indonesia tanaman gambir ini sering dimanfaatkan sejak dulu sebagaib ahan untuk menyirih. Kandungan dalam gambir sudah dipercaya bisa menguatkan serta dapat mengobati masalah pada gigi dan juga mulut.

Gambir merupakan jenis tanaman yang merambat mempunyai daun yang bulat serta meruncing yang hampir menyerupai daun sirih. Dibagian tanaman gambir dapat dijumpai terdapat duri yang melindungi tanaman gambir. Gambir juga mempunyai bunga dengan warna pink yang cantik serta mencolok.

Beberapa jenis kandungan yang terdapat dalam gambir sebagai berikut: gambir mengandung alkaloid, dihidrotanin, tanin, katekin, okso tannin serta flavonoid. Dari kandungan yang terdapat dalam gambir, mempunyai banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dapat bermanfaat untuk seseorang yang mengalami penyakit diabetes.

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit akibat kondisi kadar gula dalam darah dengan kadar yang tinggidi dalam tubuh. Sebetulnya dalam kondisi yang normal kadar gula dalam darah bisa meningkat satu ataupun dua jam apabila setelah makan. Hal tersebut diakibatkan makanan yang dicerna dalam tubuh sedang dalam proses diserap serta sedang diedarkan ke dalam darah. Pada kasus diabetes dengan tipe 1, tubuhtidak akan menghasilkan suatu hormon insulin yang dapat mengolah gula darah dengan demikian kadar gula dalam darah akan meningkat dengan signifikan.

Sedangkan untuk kasus diabetes pada tipe 2, tubuh dapat menghasilkan sejumlah insulin akan tetapi dengan jumlah yang sangat sedikit. Oleh sebab itu pada penderita diabetes harus tetap menjaga pola makannya secara baik.
Sebagimana yang sudah dipaparkan pada uraian diatas, tanaman gambir mempunyai kandungan alkaloid, dihidrotanin, tanin, katekin, okso tannin serta flavonoid. Kandungan dalam gambir bisa mengontrol kadar gula di dalam darah dengan demikian sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit diabetes. Kandungan alkaloid dalam gambir mempunyai fungsi untuk melancarkan masuknya nutrisi, dalam hal tersebut gula darah akan masuk serta akan diproses di dalam sel tubuh. Jika semakin banyak sel yang dapat mengolah gula darah dengan demikian kadar dalam gula darah bisa menurun. Alkaloid akan membuka pori- pori sel untuk jalan masuk ke dalam sel juga sekaligus untuk jalan keluar hasil dari metabolisme tubuh. Dengan demikian bukan hanya dapat membantu untuk pengolahan gula darah, kandungan alkaloid juga dapat membantu untuk proses pembuangan dari hasil metabolisme dari sel tubuh.

Selain kandungan alkaloid, flavonoid juga terdapat dalam gambir. Flavonoid mempunyai peran yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Flavonoid merupakan suatu senyawa bioaktif yang dapat ditemukan di dalam buah, biji, kacang-kacangan, serta dalam beberapa sayuran dan juga dapat berperan untuk perkembangan sel. Beberapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa flavonoid bisa dimanfaatkan untuk terapi dalam pengobatan penyakit diabetes. Dalam penelitian yang menggunakan hewan tikus percobaan dapat ditemukan efek dari kandungan flavonoid bisa menurunkan suatu enzim aldose reductase, dapat membantu regenerasi pada sel beta pankreas, serta dapat meningkatkan sekresi insulin. Sel beta pankreas merupakan suatu tempat dimana hormon insulin akan diproduksi. Dengan demikian secara tidak langsung adanya kandungan flavonoid bisa meningkatkan dalam produksi hormon insulin.
Demikian uraian artikel terkait khasiat gambir untuk penyakit diabetes. Meskipun gambir mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh, dalam mengkonsumsinya harus tetap dibatasi. Cukup dengan mengkonsumsi gambir dua kali dalam sehari. Konsumsi yang berlebihan bisa mengakibatkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates