Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Reaksi Tubuh Apabila Mandi Dengan Kondisi Berkeringat

Reaksi Tubuh Apabila Mandi Dengan Kondisi Berkeringat

Reaksi Tubuh Apabila Mandi Dengan Kondisi Berkeringat

Reaksi Tubuh Apabila Mandi Dengan Kondisi Berkeringat

Reaksi Tubuh Apabila Mandi Dengan Kondisi Berkeringat

Reaksi Tubuh Apabila Mandi Dengan Kondisi Berkeringat – Mandi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan badan serta memelihara kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Mandi alangkah baiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam atu hari, yaitu pagi dan sore.   Pada saat tubuh melakukan kegiatan atau aktivitas ehari – hari, dengan demikian tubuh dapat mengeluarkan keringat. Keringat apabila terus menumpuk di dalam tubuh kan menimbulkanberbagai penyakit, bahkan apabila sumber penyakit tersebutakan kembali ke bagian tubuh dari pori-pori kulit.  Semua orang dapat mempunyai waktu yang beragam untuk melakukan mandi, dapat juga akibat badan sudah tidak nyaman maka dapat memicu seseorang untuk mandi.

Setiap orang mempunyai keinginan untuk mandi karena akibat cuaca panas serta tubuh yang berkeringat. Terkadang mandi juga dapat dilakukan karena selesai berolahraga. Akan tetapi, apabila setelah olahraga yang masih dalam kondisi berkeringat, akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut merupakan reaksi tubuh apabila mandi masih dalam kondisi berkeringat, diantaranya:

1.    Tubuh Anda Sock
Pada saat tubuh masih berkeringat menudian mandi dengan menggunakan air hangat ataupun air dingin , dengan demikian reaksi pertama yaitu tubuh akan merasa sangat kaget. Tubuh akan tidak nyaman bahkan ketikasebelum selesai mandi. Hal tersebut diakibatkan karena pada saat keringat keluar dari dalam tubuh dimanakondisi pori-pori kulit masih terbuka. Kemudian keringat akan terbasuh oleh air dapat mengakibatkan lebih kering. Sehingga tubuh bisa merasa kaget yang dimulai dengan kondisi isi perut yang lebih dingin. Sistem tersebut dapat merusak organ tubuh bagian dalam.

2.    Merusak Sistem Kekebalan Tubuh
Apabila keringat yang keluar merupakan suatu reaksi metabolisme tubuh yang sangat baik. Sehingga setiap orang harus mengeluarkan keringat agar dapat menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh dapat berjalan dengan baik. Akan tetapipada saat tubuh membutuhkan keringat kemudian mandi, sehingga akan membuat imunitas atau kekebalan tubuh bisa menjadi rusak. Sistem tersebut dapat berlangsung di dalam tubuh. Pertanda apabila imunitas atau sistem kekebalan tubuh mengalami masalahdapat dimulai dengan kondisi kaki dan juga tangan menjadi dingin apabila setelah mandi. Bahkan dari kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan tubuh menjadi menggigil.

3.    Resiko Sinusitis
Apabila mandi dengan tubuh masih dalam kondisi berkeringat, banyak orang yang mengalami sinusitis. Hal tersebut akan terjadi akibat rusaknya imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan bakteri ataupun virus masuk ke dalam bagian tubuh. Bakteri dapat bertahan di dalam rongga sinus lalu dapat mengakibatkan peradangan di rongga sinus. Keadaan ini seringkalidiketahui sebagai kondisi flu sesudah mandi pada saat berkeringat.

4.    Resiko Kesehatan Pembuluh Darah
Sebetulnya pada saat tubuh mengalami berkeringat hal tersebutmerupakan pertanda yang sangat baik. Seseorang dapat mengeluarkan semua sisa dari metabolisme serta dari dalam tubuh dapat mengeluarkan panas. Apabila langsung mandi pada saat masih berkeringat, baik dengan menggunakan air panas ataupun air dingin denga demikian akanmenimbulkan panas dari dalam tubuh dapat tertahan. Hal tersebut sering mengakibatkan pembuluh darah mengalami masalah akibat perubahan suhu tubuh yang terjadi tidak normal.

5.    Menyebabkan Masalah Otot
Banyak orang yang mempunyai kebiasaan mandi apabila sudah melakukan olahraga ataupun senam. Mereka akan merasa mandi apabila sudah berolahraga dapat membuat tubuh akan menjadi segar serta nyaman. Akan tetapi dengan mandi pada saat tubuh masih dalam kondisi berkeringat dapat mengakibatkan masalah cedera pada otot. Otot akan bekerja kuat pada saat olahraga ataupun senam, lalusebetulnya otot memerlukan waktu untuk bersantai seperti halnya tubuh. Air dingin maupun air panas yang digunakan pada saat mandi dapat meningkatkan resiko cedera pada otot sebab otot tidak akan memperoleh waktu yang baik untuk beristirahat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates