Thursday , 24 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Khasiat Daun Jukut Pundul Bagi Kesehatan

Seputar Khasiat Daun Jukut Pundul Bagi Kesehatan

Seputar Khasiat Daun Jukut Pundul Bagi Kesehatan

Seputar Khasiat Daun Jukut Pundul Bagi Kesehatan

Seputar Khasiat Daun Jukut Pundul Bagi Kesehatan – Jukut pendul ataupun rumput pendul adalah jenis tumbuhan kelompok rumput-rumputan dimana tanaman ini sering dianggap sebagai pengganggu atau gulma. Akan tetapi siapa sangka tanaman yang dianggap gulma ini mempunyai berbagi jenis manfaat yang sangta luar biasa.Meskipun tanaman ini termasuk gulma, tanaman jukut pendul ternyata mempunyai suatu kandungan zat yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Adapun kandungan zat yang ada dalam jukut pendul diantaranya minyak terbang, dimana kandungan tersebut mempunyai efek farmakologis misalnya sebagai diuretik, sebagai anti inflamasi, sebagai antipiretik, sebagai ekspektoran serta sebagai antitusif.

Untuk penggunaanya sebagai obat, terdapat dua cara yaitu untuk pemakaian luar dan untuk pemakaian dalam. Berikut penjelasannya:

1.    Pemakaian luar
Untuk digunakan pada pemakaian luar, yaitu dengan mengambil jukut pendul yang masih segar lalu cuci sampai bersih. Kemudian, lumatkn serta bubuhkan di tempat yang terasa sakit. Adapun cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan cara jukut pendul digodok dalam air, yang dapat digunakan sebagai pencuci luka.

2.    Pemakaian dalam
Jukut pendul mempunyai rasa agak pedas serta dengan rasa netral. Jika digunakan untuk pemakaian dalam, jukut pendul bisa dimasak terlebih dahulu untuk diminum. Dengancara ambil sebanyak 30 sampai 60 gram jukut pendul yang masih segar kemudian dicuci, setelah bersih lalu digodok serta diminum airnya.

Seperti halnya gulma yang pada umumnya, jukut pendul seringkali dianggap remeh. Namun, tanaman yang sering dianggap remeh ini ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut merupakan khasiat dari kandungannya, diantaranya:

1.    Membantu meredakan batuk
Batuk adalah suatu respon yang alami dari tubuh dalam sistem pertahanan di saluran pernafasan jika mengalami gangguan dari luar yang berguna untuk membersihkan lendir ataupun faktor penyebab terjadinya iritasi. Terdapat beberapa faktor penyebab batuk, diantaranya akibat penyakit jangka panjang seperti TBC, akibat alergi, kibat GERD, akibat cairan hidung yang terus  menetes ke bagian tengorokan, akibat kebiasaanmerokok, akibat paparan debu, akibat asap ataupun senyawa kimia. Untuk jenis batuk yang bisa diobati dengan menggunakan jukut pendul yaitu jenis batuk rejan serta bronkitis.

2.    Membantu mengobati malaria
Malaria adalah salah satu jenis penyakit yang dapat mematikan yang dapat ditularkan oleh vektor nyamuk. Agar dapat membantu untuk mengobati malaria, para ahli herbal menganjurkan untuk menggunakan jukut pendul.

3.    Membantu mengatasi disentri
Disentri adalah suatu infeksi yang terjadi di usus yang bisa mengakibatkan diare dimana diare ini disertai keluarnya darah taupun lendir. Dengan menggunakan daun jukut pendul dapat membantu untuk mengobati kondisi disentri.

4.    Membantu mengobati urin berlemak
Manfaat yang lain dari kandungan jukut pendul yaitu dapat membantu dalam mengobati urin dengan kandungan lemak.

5.    Membantu mengobati penyakit kuning
Penyakit kuning adalah jenis penyakit yang dapat ditimbulkan akibat sel darah merah yang menumpuk serta mengalami tumpah. Penyakit ini dapat ditandai dengan adanya warna kuning pada kulit, di bagian putih mata dan juga di bagian membrane mukrosa hidung serta mulut. Jukut pendul adalah salah satu obat yang bisa bermanfaat dalam mengobati kondisi penyakit kuning.

6.    Rematik (gout)
Rematik adalah jenis penyakti yang bisa mengakibatkan nyeri di bagian anggota gerak khususnya di sendi. Penyakit ini dapat sangat mengganggu. Agar dapat mengatasinya, bisa menggunakan tanaman jukut pendul.

7.    Membantu mengobati gatal pada kulit
Gatal di bagian kulit akibat kondisi alergi akan sangat mengganggu aktivitas dalam sehari-hari. Jika bagian kulit mengalami gatal, maka salah satu solusinya yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan tanaman jukut pendul.

8.    Sakit perut karena peredaran darah tidak lancar
Manfaat lain dari tanaman jukut pendul yaitu dapat mengobati sakit perut kibat peredaran darah yang tidak lancar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates