Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab Penyakit Celiac

Seputar Penyebab Penyakit Celiac

Seputar Penyebab Penyakit Celiac

Seputar Penyebab Penyakit Celiac

Seputar Penyebab Penyakit Celiac

Seputar Penyebab Penyakit Celiac – Penyakit Celiac merupakan jenis penyakit yang berkaitan dengan kondisi pencernaan. Pada saat terjadi reaksi yang negatif di bagian pencernaan ketika seseorang mengkonsumsi gluten, dengan demikianhal tersebut dinamakan penyakit Celiac. Gluten merupakan jenis protein yang bisa dijumpaidalam sejumlah sereal, misalnya gandum, gandum hitam ayaupun barley atau jelai.

Terdapat anggapan bahwa kondisi celiac merupakan suatu reaksi alergi biasa ataupun intoleransi gluten. Penyakit celiac ini merupakan jenis penyakit autoimun dimana tubuh mengalami kesalahan untuk mengenali suatu senyawa yang terdapat dalam gluten sebagai suatu hal yang dapat mengancam tubuh.

Akibat kesalahan tersebut pada akhirnya sistem daya tahan tubuh atau imunitas dapat melakukan penyerangan terhadap suatu senyawa yang akan berimbas terhadap jaringan tubuh yang dalam kondisi sehat. Risikonya dapat cukup buruk jika keadaan ini dibiarkan tanpa dilakukan penanganansebab dapat mengakibatkan timbulnya peradangan. Kondisi peradangan ini lalu dapatmerusak dinding usus jika penyerangan pada sistem imun ke bagian jaringan dengan kondisi sehat terus terjadi.

Bedanya penyakit Celiac dengan kondisi alergi dimanakondisi alergi biasanya hanya akan menyerang terhadap saluran pencernaan yang kecil. Saluran tersebut adalah lokasi makanan yang berjalan sesudah melewati perut. Jika mengalami penyakit celiac ini, maka penderitanya tidak akan mengalami penyembuhan sampai total.
Berikut merupakan penyebab penyakit celiac, diantaranya:

1.    Terdapat reaksi yang tidak wajar berasal dari imunitas atau sistem imun tubuh dengan gluten yang merupakan penyebab pertama terjadinya penyakit Celiac serta oleh sebab itulah, penyakit celiac ini merupakan termasuk ke dalam gangguan autoimun.

2.    Antibodi dapat terproduksi di dalam tubuh oleh adanya imunitas atau sistem daya tahan tubuh pada saat menganggap bahwa gluten merupakan ancaman yang dapat membahayakan tubuh. Antibodi tersebut kemudian dapat mengakibatkan kerusakan di bagian villi atau bulu-bulu halus yang terdapat di permukaan usus. Akibat kerusakan yang terjadi di bagian tersebut, maka gangguan pencernaan juga akan terjadi.

3.    Adanya gangguan pencernaan tersebut merupakan akibat kondisi penyerapan pada nutrisi yang tidak lancar serta akan menjadi kurang dalam kesempurnaannya. Jika aktifnya penyakit Celiac ini terkadang akan terjadi apabila pasca prosedur dengan pembedahan, pada saat hamil ataupun pasca persalinan, mengalami gangguan emosional dengan tingkat tinggi ataupun akibat infeksi virus. Terdapat berbagai faktor yang dapatmeningkatkan terjadinya jenis penyakit celiac ini, diantaranya:

1.    Riwayat Kesehatan Tertentu
Pada beberapa orang yang mengalami masalah kondisi kesehatan tertentu, maka potensi jenis penyakit Celiac ini akan menjadi jauh lebih tinggi. Jenis riwayat gangguan kesehatan tertentu disini adalah jenis penyakit misalnya diabetes tipe 1, kolitis ulseratif, penyakit autoimun, gangguan saraf sindrom Turner, sindrom Sjorgen sertadown syndrome .

2.    Faktor Keturunan
Apabila di dalam keluarga ada yang mengalami riwayat jenis penyakit Celiac berarti bahwa salah satu anggota keluarga terdapat yang mengalami jenis penyakit celiac ini, dengan demikian otomatis seseorang akan mempunyai risiko mengalami penyakit celiac ini yang lebih tinggi. Hal tersebut dapat terjadi pada saat orang tua yang mempunyai penyakit Celiac dengan demikian anggota keluarganya kemungkinan besar akan menderitanya juga.

3.    Faktor Lingkungan
Faktor risiko yang satu ini akan lebih kepada keadaan seseorang pada masa kanak-kanaknya, misalnya mengalami infeksi pada bagian sistem pencernaannya. Pada saatmasa anak-anak pernah mengalami infeksi rotavirus, dengan demikian pada saatia bertumbuh dewasa, maka potensi untuk terkena penyakit Celiac juga akan jauh lebih tinggi. Sehinggapenanganan infeksi ini dari awal pada saat masih anak-anak sangat dibutuhkan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates