Friday , 24 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Fakta Seputar Khasiat Daun Cincau

Fakta Seputar Khasiat Daun Cincau

Fakta Seputar Khasiat Daun Cincau

Fakta Seputar Khasiat Daun Cincau

Fakta Seputar Khasiat Daun Cincau

Fakta Seputar Khasiat Daun Cincau – Daun cincau bisa ditemukan secara mudah sebab dapat tumbuh secara liar di pekarangan. Untuk masyarakat luas, dimana daun cincau ini bisa dikonsumsi untuk pengobatan tradisional akibat berbagai penyakit. Penggunaan sebagai obat dari daun cincau ini, sudah digunakan sejak zaman dulu. Selain dapat digunakan sebagai obat, daun cincau juga dapat ditambahkan dalam suatu minuman yang dapat menyegarkan. Kandungan yang terdapat dalam daun cincau, dapat memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1.    Obat Anti Inflamasi
Cincau di dalamnya mengandung suatu zat klorofil yang cukup besar yang terdapat pada daunnya. Zat ini bisa meredakan kondisi peradangan yang terjadi karena bakteri maupun kuman dibagian tertentu. Untuk penggunaanya, daun cincau bisa ditumbuk serta dapat diberi sedikit garam lalu dioleskan pada bagian yang sakit tiga kali sehari.

2.    Obat Demam
Kandungan dalam dauncincausalah satunta yaitu saponin serta antioksidan yang dapat berperan dalam menurunkan demam.

3.    Obat Diabetes Mellitus
Daun cincau mempunyai suatu senyawa yang berupa bisbenzilsokuinolin serta zat klorofil yang berguna dalam menstabilkan kadar gula di dalam darah. Hal ini juga dapat memperbaiki kinerja dari hormon insulin pancreas untuk mengatur kadar gula dalam darah.

4.    Obat Radang Lambung
Kandungan vitamin C serta kandungan antioksidan yang terdapat pada daun cincau dapat membantu dalam mengatasi radang pada lambung. Senyawa tersebut, bisa menguatkan kondisi otot pada dinding lambung dalam membunuh bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit pada lambung.

5.    Obat Penyakit Hipertensi
Dalam daun cincau mengandung suatu senyawa S-S tetandrin yang berguna dalam mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Senyawa ini bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dengan demikian darah dapat mengalir yang lebih lancar. Dengan system peredaran darah dalam kondisi lancar, dapat mengatasi tekanan darah yang awalnya tinggi serta kemudian akan kembali normal.

6.    Obat Keracunan Akibat seafood
Pada umumnya makanan yang berasal dari laut, mempunyai banyak zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun jenis makanan misalnya udang serta cumi bisa menyebabkan keracunan. Jika seseorang mengalami keracunan akibat mengkonsumsi seafood, maka dapat diatasi dengan daun cincau.

7.    Obat Sakit Tipes
Mineral fosfor terdapat dalam daun cincau, juga mengandung senyawa tokoferol, serta mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh pada orang yang mengalami penyakit tipus. Daun cincau dapat direbus yang dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari.

8.    Mengatasi permasalahan otot
Daun cincau mengandung suatu senyawa yaitu dimetil kurin-1 dimetoidida yang dapat membantu untuk mengatasi kondisi gangguan pada otot misalnya otot kaku, pegal serta mengalami nyeri. Selain itu juga dapat membantu dalam proses peregangan otot.

9.    Efektif untuk kanker
Daun cincau mengandung suatu senyawa isokandro dendrin serta S-S tetandrin yang dapat berguna untuk mematikan sel tumor yang dapat menjadi sel kanker. Selain itu juga, dari kedua senyawa tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh atau system imun di dalam tubuh, mengolahnya dengan merebus daun cincau menjadi seperti agar-agar.

10.    Mematikan sel tumor
Daun cincau mengandung suatu senyawa isokandro dendrin yang dapat mematikan sel tumor yang bisa menyerang organ tertentu misalnya organ ginjal, lambung, serta hati. Daun cincau bisa dikonsumsi dengan bentuk agar, air rebusan, maupun serbuk yang dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari untuk obat anti tumor.

11.    Mengatasi diare
Senyawa alkaloid dalam daun cincau mempunyai kandungan vitamin C serta mempunyai kandungan vitamin B yang bisa mengatasi diare apabila dikonsumsi dengan teratur sebanyak tiga kali sehari. Senyawa alkaloid tersebut bisa membantu untuk membunuh kuman akibat penyakit yang ada dalam makanan serta dapat meningkatkan dalam penyerapan sari makanan.

12.    Pencegah Osteoporosis
Daun cincau mengandung mineral magnesium, fosfor serta kalsium yang sangat tinggi dimana kandungan tersebut dapat bermanfaat sebagai regenerasi sel- sel tulang yang mengalami keropos. Kandungan yang berguna ini, dapat memberi nutrisi tulang untuk membentuk sel- sel darah yang mengalami rusak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates