Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Mata Silinder

Ketahui Gejala Mata Silinder

Ketahui Gejala Mata Silinder

Ketahui Gejala Mata Silinder

Ketahui Gejala Mata Silinder

Ketahui Gejala Mata Silinder – Terdapat sejumlah komponen yang ada dalam indera penglihatan agar bisa melihat secara sempurna, yaitu lensa serta kornea. Dua komponen tersebut sangat vital sebab keduanya dapat bekerja samaagar cahaya yang masuk agar terfokus sertauntuk proses dalam pembentukan gambar yang baik pada retina. Ketidaksempurnaan dalam bentuk kornea dapat dialami pada penderita dengan kondisi mata silinder.

Kornea yang seharusnya berbentuk dengan cembungan yang bagus serta mirip seperti halnya lengkungan pada bola. Cembungan pada bola mata yang dengan kondisi mata silinder akantampak seperti halnya bola rugbi serta cembungan denga kondisi tidak sempurna pada lensa mata juga dapat menjadi pemicu untuk mengalai mata silinder.
Kondisi mata silinder dapat diakibatkan oleh masuknya cahaya pada kornea yang tidak difokuskan pada satu titik dalam retina serta pada akhirnya dapat membuat penglihatan menjadi kabur. Terdapat dua jenis kondisi yang harus diperhatikan, yaitu kondisi astigmatisma rendahserta astigmatisma tinggi, dimana keduanya mempunyai gejala yang berbeda. Berikut gejala dari dua kondisi astigmatisma, diantaranya:

1.    Gejala Astigmatism Tinggi
a.    Penglihatan Berbayang atau Buram
Pada saat penglihatan tampak kabur seringkali penderita kepala terasa sakit atau mengalami asthenopia. Keluhan tersebutakan timbul akibat akomodasi dimana akomodasi tidakmemiliki kemampuan dalam memberikan power cylinder, dengan demikian astigmatism tinggi juga tidak tertolong sebab mengoreksi keburaman pada penglihatan. Ketidaknyamanan dapat terjaid pada saatterdapat sisa astigmatism sebab astigmatism tidak bisa dinetralisir secara seluruhnya.

b.    Sudut Penglihatan Menyempit
Pada penderita myopia, sudut penglihatan mengalami penyempitan merupakan salah satu gejala yang akan dialami. Dengan otomatis penderita dapat mempunyai kebiasaan untuk menyipitkan mata tidak hanya pada saat melihat jauh, kan tetapi juga pada saat melihat dengan jarak dekat.

c.    Memutar Kepala untuk Penglihatan Lebih Jelas
Pada penderita mata silinder, maka penderitanya akan kerap memutar-mutar kepalanya agardapat melihat untuk lebih jelas.

d.    Memiringkan Kepala
Pada penderita astigmatism yang tinggi bisa sering untuk memiringkan kepala. Namun hal tersebut dapat dialami pada astigmatism oblik yang tinggi.

e.    Membaca Lebih Dekat
Seperti halnya yang dialami pada orang dengan kondisi mata minus ataupun myopia, dimana tanda mata silinder ataupun astigmatism tinggi yaitu akan membaca dengan jarak yang dekat.

2.    Gejala Astigmatism Rendah
a.    Mata Cepat Lelah
Jika mengalami mata cepat lelah, maka kemungkinan positif mengalami mata silinder terutama astigmatism rendah.

b.    Penglihatan Buram saat Melihat Dekat
Gejala penglihatan buram pada saat melihat jarak dekat dimana gejala ini seperti halnya gejala pada mata plus sebab penglihatan menjadi mengabur pada saat melihat dengan jarak dekat.

c.    Sakit Kepala
Apabila terjadi pengaburan ketika melihat sesuatu, maka otomatis akan sakit kepala dimana menjadi suatu efek yang sangat jelas. Namun, sakit kepala yang dialami penderita yaitu khusus pada bagian depan ataupun frontal.

d.    Sulit Fokus
Akibat penglihatan yang berbayang, dengan demikian kepala dapat terasa sakit serta pada akhirnya dapat sulit untuk fokus, utamanya pada saat mencoba untuk fokus ketika melihat suatu benda tertentu.

e.    Ketegangan Mata
Akibat mata dalam kondisi yang lelah serta disertai kondisi kepala yang sakit, maka akhirnya mata dapat merasakan ketegangan.

f.    Tak Dapat Melihat Cahaya
Pada mata dengan kondisi silinder, jika terdapat cahaya yang terkena mata secara langsung bisa mengganggu pada penderita dengan kondisi mata silinder.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates