Friday , 28 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Dampak Kekurangan serta Kelebihan Eritrosit di Dalam Tubuh

Ketahui Seputar Dampak Kekurangan serta Kelebihan Eritrosit di Dalam Tubuh

Ketahui Seputar Dampak Kekurangan serta Kelebihan Eritrosit di Dalam Tubuh

Ketahui Seputar Dampak Kekurangan serta Kelebihan Eritrosit di Dalam Tubuh

Ketahui Seputar Dampak Kekurangan serta Kelebihan Eritrosit di Dalam Tubuh

Ketahui Seputar Dampak Kekurangan serta Kelebihan Eritrosit di Dalam Tubuh – Sel darah merah merupakan salah satu komponen untuk menyusun darah di dalam tubuh yang disebut dengan eritrosit, yang diciptakan pada sumsum tulang bagian belakang yang dibantu oleh berbagai jenis nutrisi dan juga vitamin yang ada di dalam tubuh. Akibat kekurangan sel darah merah atau eritrosit dapat meningkatkan resiko untuk terjadinya anemia yang sangat beragam dengan tanda seperti penderita akan mengalami pucat warna pada tubuh di daerah mata serta mata mengalami cekung, mudah lelah dan akan mudah sakit, apabila imunitas atau kekebalan tubuh yang semakin melemah maka dampaknya terjadi kerontokan pada rambut karena mengalami kurang asupan nutrisi, menurunya pasokan O2 atau oksigen bisa menyebabkan pusing dan sesak atau susah bernafas.

Berikut merupakan bahaya akibat kekurangan eritrosit atau sel darah merah, diantaranya:
1.     Anemia Defisiensi Vitamin
Anemia pada jenis ini karena disebabkan rendahnya serapan pada asupan vitamin pokok sebagai pembentuk darah merah sepertivitamin B12, zat besi, dan juga folat. Dampak rendahnya asupan nutrisi di dalam tubuh dengan demikian sumsum tulang tidak dapat menyuplai sel darah merah sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan demikian tanda anemia dapat terjadi.

2.    Menyebabkan Penyakit Ginjal
Menurunya prosuksi sel darah merah, akan menimbulkan beberapa penyakit kronis misalnya penyakit gagal ginjal. Organ ginjal memerlukan pasokan darah merah dengan demikian apabila tubuh mengalami kekurangan eritrosit dapat dipastikan kinerja organ bisa terganggu serta akanmengalami kehilangan fungsinya.
3.    Anemia Aplastik
Pada dasarnya terjadinya anemia aplastik dapat terjadi akibat menurunya kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi keseluruhan sel darah (eritrosit).

4.    Penyakit Sumsum Tulang
Sumsum tulang akan memproduksi darah putih dengan berlebihan dan dapat menurunkan jumlah sel darah merah dengan drastis, maka akan mengakibatkan penyakit anemia serta penyakit pada sumsum tulang belakang.

5.    Anemia Hemolitik
Seperti halnya penyakit autoimun dijumpai zat antibodi yang diproduksi tubuh bukan sebagai mengatasi sel yang sakit namun untuk melawan serta untuk menghancurkan sel darah merah, dengan demikian dapat menimbulkan anemia yang parah.

Berikut merupakan akibat kelebihan eritrosit jauh melebihi ambang batas normal, diantaranya:
1.    Terajdi Penggumpalan Darah
Terdapat beragam bahaya yang mengintai jiwa akibat yang ditimbulkan dari kondisi penggumpalan darah, apabila darah merah yang diproduksi dengan jumlah yang jauh di atas normalnya, dengan demikian aliran darah bisa semakin berdesakan serta akan penuh dengan sel eritrosit dimana hal tersebut dapatmeningkatkanpotensi terhadap pengentalan hinggakan mengalami penggumpalan darah, serta dapatdi pastikan bahwa hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan jantung serta untuk otak sebab setiap waktu pada pembuluh darah di bagian vital tersebut dapatmengancaman dari adanya eritrosit dengan jumlah yang berlebihan tersebut.

2.    Terjadi Kerusakan Organ
Akibat kelebihan eritrosit bisa merusak limpa yang berperan penting untuk tubuh manusia. Untuk memfilter keberadaan sel darah merah atau eritrosit dengan jumlah yang banyak dapat mengalami pembengkakan dengan waktu yang sangat singkat. Hal tersebut merupakan salah satu peran dari organ limpa, apabila kondisi tersebut terus berlanjut, maka kerusakan yang terjadi pada limpa akan sulit untuk diobati. Organ lain misalnya ginjal juga tidak dapat memberikan toleransi dengan eritrosit yang jumlahnya melebihi batas serta dapat menyebabkan dampak terhadap kinerja ginjal. Pada mata juga akan mengalami kerusakan karena akibat sel darah merah yang jumlahnya tidak normal.

Seperti itulah dampak kelebihan serta akibat kekurangan eritrosit yang terdapat di dalam tubuh manusia. Tetaplah untuk melakukan pola hidup dan pola makan yangsehat agar dapat terhindar dari berbagai penyakit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates