Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Daun Ginseng Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Ginseng Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Ginseng Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Ginseng Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Ginseng Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Ginseng Bagi Kesehatan – Banyak masyarakat yang mengenal tanaman ginseng yang berasal dari Korea. Seorang botanis yang terkenal yang bernama C.S Meyer memberikan nama tanaman ginseng dengan sebutan Panax ginseng, berarti pan yaitu semua serta ax dari kata axosar tinya obat. Dengan demikian artinya adalah obat untuk semua penyakit. Ciri- ciri dari daun ginseng yang berwarna hijau terang ataupun agak berwarna keputihan. Kedudukan dari daun akan berhadapan ataupun bersilangan, tangkainya yang pendek, dengan bulat telur sungsang. Ditepi daunnya yang rata dengan tulang berbentuk menyirip. Permukaan pada daun yang lembut serta licin dibagian lapisan bawah dimana daun yang berwarna hijau muda.

Berikut merupakan manfaat daun ginseng bagi kesehatan tubuh, diantaranya:
1.    Digunakan untuk Obat Kuat
Hal tersebut sudah diyakini oleh masyarakat. Dengan komposisi ginseng sendiri yang mengandung saponin, kandungan tersebut merupakan glikosida yang bisa merangsang adanya selaput lendir, dapat menambah jumlah darah serta dapat memperbaiki sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain manfaat itu, dimana kemampuannya bisa mengatur kelebihan gula dalam darah serta juga tidak dapat menimbulkan kekurangan, yang dapat membuat badan tetap fit.

2.    Kandungan Antioksidan
Apabila tubuh dalam kondisi sakit, hal tersebut dapat terjadi akibat terdapat radikal bebas yang mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Sel di bagian jaringan yang rusak bisa menyebabkan ateroklerosis, penyakit jantung, penyakit stroke, menyebabkan gagal ginjal serta menyebabkan penuaan dini. Kandungan daun ginseng yaitu mengandung senyawa flavanoid yang bisa dijadikan sebagai antioksidan.

3.    Obat Alzheimer
Manfaat kandungan daun ginseng dengan dimakan mentah ataupun dimasak, bisa mengobati penyakit Alzheimer.

4.    Pencegah Iskemia Jantung
Dengan ekstrak daun ginseng mempunyai khasiat pada sistem jantung serta pembuluh darah yang dapat mencegah iskemia. Iskemia merupakan gejala menurunnya suatu aliran darah dalam sel yang bisa mengakibatkan perubahan secara fungsional.

5.    Efek Anti Kanker
Efek anti kanker dalam daun ginseng merupakan fungsi secara farmakologi yang sangat penting. Efek anti kanker dapat dijumpai dalam ekstrak daun ginseng. Hal tersebut dapat mengurangi terjadinya komplikasi hematopoietik yang diakibatkan penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi sistemik ataupun menjalani terapi radiasi.

6.    Efek anti hiperglikemia
Pada sepertiga dari penderita diabetes dapat mengkonsumsi suplemen makanan ataupun obat-obatan yang herbal. Dari sebuah penelitian menyimpulkan bahwa ginseng merupakan obat herbal yang dapat dijadikan obat alternatif yang sangat bagi dalam mengobati penyakit diabetes dimana ekstrak daun ginseng ini juga mempunyai efek sebagai anti-diabetes. Hal tersebut dijumpai di dalam daun ginseng Cinaserta di Amerika yang sudah dikenal mempunyai efek sebagai anti hiperglikemia. Penelitian yang dilakukan pada ekstraknya dapat mengurangi hiperglikemia pada tikus. Ekstrak daun ginseng sertaakarnya dapat meningkatkan kemampuan dalam sekresi glukosa untuk insulin di dalam darah.

7.    Efek anti obesitas
Obesitas merupakan kondisi akibat kelebihan berat badan yang bisa membuat terjadinya gangguan medis yang sangat serius dengan demikian bisa berpengaruh terjadinya masalah kesehatan pada tubuh. Seperti dapat berkembangnya menjadi suatu penyakit jantung, menyebabkan hipertensi serta diabetes. Dengan ekstrak daun ginseng di Amerika serta Cina mempunyai aktivitas sebagai anti obesitas.

8.    Sebagai efek anti penuaan
Hasil penelitian menunjukan dimana formula suatu obat dengan kandungan daun ginseng Cina, bisa meningkatkan berbagai jenis gejala atau tanda yang berkaitan dengan kondisi penuaan. Hal tersebut diakibatkan daun ginseng bisa meningkatkan fungsi dari imunitas atau kekebalan tubuh serta hormon, juga dapat menangkal radikal bebas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates