Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Bisul Supaya Tidak Membesar dan Sakit

Tips Mencegah Bisul Supaya Tidak Membesar dan Sakit

Tips Mencegah Bisul Supaya Tidak Membesar dan Sakit

Tips Mencegah Bisul Supaya Tidak Membesar dan Sakit

Tips Mencegah Bisul Supaya Tidak Membesar dan Sakit

Tips Mencegah Bisul Supaya Tidak Membesar dan Sakit – Bisul adalah suatu kondisi yang terjadi pada kulit dimanaberisi nanah. Bisul awalnya dapat terlihat seperti halnya bintik merah yang kecil lalu berisi nanah. Pada saat nanah pecah dengan demikian akan membuat semua kotoran menjadi keluar. Akan tetapi terdapat beberapa bisul yang tidak akan pecah serta akan menjadi infeksi pada bagian dalam.  Penyebab bisul merupakan infeksi akibat bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi pada awalnyadapat menyerang di bagian akar rambut. Lalu dapat naik sampai menumbuhkan berupakan bintik kecil pada bagian kulit.
Berikut merupakan beberapa tips untuk mencegah bisul supaya tidak membesar diantaranya:

1.    Jangan Stres
Stres dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan pada hormon. Gejala awalnya dapat mengalami jerawat lalu akan tumbuh menjadi bisul. Kondisi stres juga dapatmengakibatkan aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu kendalikan stress untuk mencegahnya.

2.    Lakukan Detoksifikasi
Bisul merupakan indikasi bahwa dalam tubuh mempunyai racun sehingga harus dikeluarkan. Racun dapat berasal dari asupan makanan dengan kandungan lemak tinggi, mengandung bahan pengawet, mengandung bahan perasa dalam makanan serta radikal bebas. Racun dalam tubuh tidak selamanya dapat dikeluarkan lewat hati dan ginjal. Oleh sebab itu racun dapat menumpuk di dalam darah. Dengan demikian lakukandetoksifikasi, seperti olahraga secara teratur, auspan makan yang sehat, dan lainnya.

3.    Mengelola Alergi
Alergi dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya bisul. Alergi dapat mengakibatkan bisul sebab sistem kerja sel dalam darah putih akan merusak keseimbangan aliran di dalam darah. Salah satu untuk mencegah bisul supaya tidak membesar yakni dengan mengelola alergi. Apabilamempunyai alergi maka hindari konsumsi ikan, telur, lemak serta jenis makanan lain, dengan berlebihan.

4.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Agar dapat melawan bisul sehingga harus mempunyai sistem kekebalan tubuh dengan baik. Salah satucaranya yaitu denganmengkonsumsi jenis makanan dengan kandungan vitamin C yang paling tinggi.

5.    Kurangi Produk Garam
Untuk yang sering mengalami bisul sehingga harus dapat mengurangi asupan makanan yang asin ataupun garam. Produk garam dapat mengakibatkan bisul yang lebih parah terutama pada penderita dengan gangguan tiroid. Gangguan tersebut sangat berat sebab kelenjar tiroid tidak dapatberperan dengan baik. Disamping itu dapat mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar.

6.    Cukup Minum Air Mineral
Bisul dapat dicegah dengan minum air putih atau mineral. Air adalah salah satu zat yang sangat diperlukan di dalam tubuh. Tubuh memerlukan air agar dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam darah, dapat menjaga sistem metabolism dalam tubuh, dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat menjaga tubuh dari kondisi dehidrasi. Bisul yang terjadi merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan racun.

7.    Kurangi Konsumsi Gorengan
Kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan dengan pengolahan yang digoreng dapat menyebabkan tubuh mempunyai banyak minyak serta lemak. Tidak semua jenis minyak serta jenis lemak dapat diolah di dalam tubuh. Terkadang minyak dapat menganggu kelenjar minyak di dalam tubuh yang akan mengakibatkanterjadinya bisul. Selain itu juga akibat konsumsi gorengan yang berlebihan dapat meningkatkan kolesterol serta lemak.

8.    Hindari Makanan Cepat Saji
Akibat kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan yang cepat saji dapat memicu timbulnya bisul. Sebab makanan cepat saji mengandung lemak dan garam yang dapat memicu bisul akan menjadi lebih parah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates