Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Berkurangnya Nafsu Makan

Ketahui Penyebab Berkurangnya Nafsu Makan

Ketahui Penyebab Berkurangnya Nafsu Makan

Ketahui Penyebab Berkurangnya Nafsu Makan

Ketahui Penyebab Berkurangnya Nafsu Makan

Ketahui Penyebab Berkurangnya Nafsu Makan – Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk manusia sebab apabila tanpa makan dengan demikian tubuh bisa menjadi lemas dan tidak memiliki energi yang cukup dalam melakukan berbagai aktivitas sehari – hari, bahkanakibat kurang makan atau kelaparan dapat mengakibatkan seseorang meninggal. Dengan demikian tidak heran jika para ahli kesehatan menganjurkan agar selalu mengkonsumsi jenis makanan yang sehat serta bergizi untuk setiap harinya dengan teratur supaya tubuh menjadi bugar serta sehat.

Menurunnya nafsu makan merupakan masalah dalam makan. Meskipun menurunya nafsu makan tersebut bukanlah sesuatu terjadinya penyakit yang serius akan tetapi tidak boleh mengabaikannya. Dengan demikian harus diketahui penyebab nafsu makan menurun ataupun berkurang. Kebanyakan orang menganggap bahwa kondisi menurunya nafsu makan dapat diakibatkan oleh kondisi tubuh yang mengalami masalah kesehatan, padahal selain akibat kondisi kesehatan yang kurang baik,juga terdapat beberapa hal yang dapat menjadi pemicu ataupun yang dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang. Berikut merupakan penyebab yang dapat membuat nafsu makan menurun, diantaranya:

1. Demam
Demam dapat menjadi salah satu faktor penyebab menurunya nafsu makan. Biasanya pada saat sedang demam dengan demikian kondisi lidah dapat terasa pahit maka apapunjenis makanan yang dikonsumsi menjadi terasa tidak enak. Jika kondisi tersebut dialami seseorang dengan demikian dapat membuat nafsu makan menjadi berkurang serta menurun. Akan tetapi, pada saat sembuh sehingga nafsu makan dapat segera meningkat kembali.

2. Stres
Selain karena keadaan tubuh yang sedang tidak sehat, stress juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab nafsu makan menurun. Seseorang yang sedang mengalami banyak pikiran dapat menurunkan selera makan serta akan cenderung murung. Jika hal tersebut dibiarkan tanpa dilakukan penanganan dengan demikian kondisi stress dapat berubah menjadi kondisi depresi. Lakukanlah olahraga sebab dengan olahraga dapat membantu untuk menghilangkan tingkat stress serta dapat meningkatkan nafsu makan.

3. Bosan
Kondisi bosan disini dimana seseorang jenuh dengan jenis makanan yang tersedia sebab merasa tidak ada variasi menu makanan. Sehingga cobalah untuk bervariasi dalam menghidangkan makanan.

4. Adanya Suatu Penyakit
Selain ketiga factor tersebut diatas, terdapat juga faktor penyebab yang dapat membuat nafsu makan berkurang atau menurun. Faktor penyebab ini yakni terdapat suatu penyakit misalnya mengalami peradangan di bagian perut serta di bagian usus, mengalami penyakit diabetes, mengalami influensa, mengalami suatu penyakit yang serius misalnya penyakit jantung, liver ataupun penyakit ginjal dan juga penyakit – penyakit yang lainnya.

5. Usia
Faktor usia dapat menjadi penyebab menurunya nafsu makan. Pada saat usia bertambah dengan demikian kondisi indera perasa serta indera bau dapat menjadi kurang peka dengan demikian hal tersebut dapat membuat nafsu makan menjadi kurang menurun.

6. Mengkonsumsi Obat Tertentu
Mengkonsumsi jenis obat – obatan tertentu misalnya fluoxetine, digoksin, hydralazine serta quinidine dapat menjadi faktor penyebab menurunya nafsu makan.

7. Merokok dan Alkohol
Lalu faktor penyebab terakhir yang dapat menurunkan nafsu makan yakni akibat kebiasaan merokok serta akibat kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Dengan demikian, jika seseorang mempunyai kebiasaan merokok serta sering mengkonsumsi minuman beralkohol sehingga segera untuk menghentikan kebiasaan burukini sebab sebetulnya kebiasaan tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan serta dapat memicu nafsu makan menjadi menurun.
Janganlah anggap sepele serta jangan biarkan apabila nafsu makan mengalami penurunan. Sebab menurunya nafsu makan jika tidak segera ditangani dapat berdampak negatif terhadap kondisi kesehatan tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates