Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Usaha Menjelang Pilkada

Peluang Usaha Menjelang Pilkada

Peluang Usaha Menjelang Pilkada

Peluang Usaha Menjelang PilkadaPeluang Usaha Menjelang Pilkada

Peluang Usaha Menjelang Pilkada

Peluang Usaha Menjelang Pilkada – Biasanya untuk peluang usaha saat menjelang pilkada dilakukan pada beberapa bulan sebelum pemilihan sampai dengan hari H pemilihan. Bahkan pada saat calonnya menang untuk atribut partai politiknya juga masih banyak bertebaran. Banyak sekali potensi bisnis yang dapat digali selama beberapa bulan pada saat menjelang pemilihan.
Apalagi tahun depan katanya atau kabarnya akan ada pemilihan untuk kepala daerah yang dilakukan secara serentak. Sehingga baik yang biasa melakukan bisnis maupun yang pemula bisa mulai memanfaatkan moment ini dengan cara mulai membuka peluang usaha pada saat menjelang pilkada.

Berikut adalah peluang usaha atau bisnis yang bisa Anda lakukan pada saat menjelang pilkada :

1. Peluang bisnis usaha sablon
Salah satu dari peluang usaha menjelang kegiatan atau moment pilkada adalah berbisnis sablon.  Biasanya pada saat menjelang pilkada para partai politik akan membutuhkan beberapa atribut untuk mengkampanyekan calon mereka. Atribut yang biasanya bisa disablon adalah seperti spanduk, kaos, baju, topi Gelas, kerudung, pirirng sampai dengan sajadah. Biasanya bisnis sablon ini menyatu dengan bisnis konveksi tapi ada juga yang mencoba untuk berdiri sendiri.

2. Usaha kaos parpol
Ketika akan menjelang pemilihan kepala daerah atau pilkada pastinya kaos parpol akan bertaburan dimana-mana. Apalagi ketika musim kampanye tiba kaos parpol ini pasti ditemui di sepanjang atau setiap jalannya. Wajar karena kaos parpol ini memang dijadikan sebagai ciri khas dari suatu parpol. Jadi wajar bila kaos parpol ini bertaburan.
Saat And aakan membuka bisnis kaos parpol ini yang perlu diperhatikan adalah apakah yang akan digunakan adalah kaos parpol dengan sablon manual, kaos parpol dengan sablon digital atau kaos parpol dengan sablon DTG. Karena dari ketiga jenis sablon ini memerlukan alat yang amat berbeda-beda. bila kaos sablon manual maka Anda cukup mengaplikasikannya dengan media tangan seorang manusia. Sehingga harganya pun relative lebih murah jika dibandingkan dengan jenis sablon yang lainnya.  Harga untuk alatnya hanya sekitar Rp200.000 sampai dengan Rp1.000.000. Meski begitu alat sablon ini memang sulit ditemui dan juga untuk melakukan percetakannya biasanya akan memakan waktu yang lama. Berbeda dengan cara sablon manual, sablon jenis digital ini dalam cara pencetakannya tidak menggunakan tangan melainkan menggunakan sebuah komputer dan juga printer dengan tinta sublin, mesin hotpress dan juga kertas transfer. BIla menyablon kaos parpol dengan menggunakan sablon digital maka harganya akan lebih murah dan juga proses cetaknya akan lebih murah. Namun untuk hasil sedikit kurang bagus bila menggunakan bahan dasar dari katun sehingga lebih baik sablon ini untuk mencetak kaos yang berbahan dasar dari polyester . DTG atau Direct To Grament sablon ini agax mirip dengan sablon digital hanya saja pada sablon ini memerlukan printer yang memang lebih khusus untuk mencetak sebuah produk atau kaos namun kaos sablon ini tidak akan memerlukan printer yang khusus untuk sebuah kaos. Selain itu jenis dari tintanya pun merupakan tinta textil sehingga untuk hasilnya akan lebih tajam. Harga untuk sebuah mesin sablon DTG ini mencapai harga sekitar Rp 5juta.

3. Peluang usaha konveksi
Untuk bisa memulai usaha konveksi Anda harus memerlukan beberapa mesin untuk bisa mendukung usaha ini seperti berikut :
1. Mesin potong pola harga mulai 500. 000 sampai 2. 200. 000
2. Mesin jahit harga mulai 3. 000. 000 sampai 4.000.000 itu tergantung merk
3. Mesin obras  harganya sekitar 4. 000. 000 itu tergantung merk
4. Mesin overdeck harganya sekitar 5. 000. 000 itu tergantung merk
5. Peralatan jahit seperti gunting, jarum, dll membutuhkan dana sekitar 500.000
6. Bahan konveksi membutuhkan modal sekitar 10. 000.000

4. Peluang bisnis usaha percetakan
Peluang bisnis usaha percetakan pun akan menjadi salah satu dari bisnis yang sangat akan potensial menjelang pada masa kampanye. Biasanya para partai politik ingin mencetak banyak stiker, kemudian mencetak pamplet, flyers, leaflet ssampai dengan kartu nama. Tidak hanya itu percetakan juga biasanya akan membuka jasa untuk pembuatan spanduk, banner untuk sebuah keperluan kampanye.

5. Peluang bisnis usaha katering
Menjelang pilkada juga biasanya para partai politikl banyak mengadakan sebuah acara-acara tertentu untuk bisa memperkenalkan visi dan misinya kepada para masyarakat. Biasanya mereka akan mengadakan acaranya di iringi dengan makan-makan, baik itu makan ringan ataupun makan berat.

6. Peluang bisnis usaha sound sistem
Tidak ketinggalan usaha untuk peminjaman sound sistem akan menjadi salah satu dari peluang usaha yang besar pada saat pilkada datang. Karena ketika melakukan kegiatan kampanye para calon akan mulai melakukan orasi untuk bisa mengenalkan visi dan juga misinya kepada masyarakat sehingga membutuhkan sebuah pengeras suara supaya bisa terdengar oleh banyak orang.

7. Peluang bisnis usaha panggung
Saat menjelang kegiatan pilkada tidak sedikit para partai politik yang mencoba melakukan sebuah kampanye di atas panggung. Selain untuk dapat mengenalkan visi dan misinya mereka juga biasanya mengundang beberapa artis dari ibu kota untuk mampu menghibur para masyarakat yang pada saat itu datang pada saat kampanye digelar.

8. Peluang usaha tenda
Biasanya pada saat kampanye menjelang selain butuh panggung, tenda juga adalah salah satu  yang diminati oleh para parpol untuk bisa melakukan kegiatan kampanye.

9. Peluang usaha transfortasi
Usaha untuk penyewaaan trasnportasi juga akan menjadi salah satu peluang usaha yang bisa menjanjikan pada saat menjelang pilkada. Biasanya transportasi yang selalu dibutuhkan adalah pickup, truk, bus dan juga mini mobil. Namun yang paling terlihat banyak disewa ialah mobil pick up atau juga mobil dengan bak terbuka.

10. Peluang bisnis usaha bendera parpol
Atribut yang tidak akan mungkin bisa terlupa ketika menjelang pilkada datang adalah sebuah bendera parpol dan juga bendera merah putih. Makanya untuk Anda yang biasanya mencoba menjual bendera ketika hari kemerdekaan tiba, kali ini Anda juga jangan melewatkan sebuah kesempatan emas untuk membuka peluang usaha pada saat kegiatan kampanye ini.

11. Peluang usaha jual bambu
Ketika ada bendera laku otomatis juga bambu akan ikutan laku. Karena kedua benda ini adalah yang paling banyak digunakan pada saat kampanye. Salah satunya untuk bisa mempublikasikan partai politik mereka kepada khlayak masyarakat.

12. Peluang bisnis usaha merchandise
Meski pada saat kampanye bukanlah sebuah acara pernikahan yang bisanya diberikan sebuah merchandise atau juga souvenir. Namun biasanya para partai politik akan mencoba untuk memberikan pada saat merchandise  kampanye kepada khalayak masyarakat yang hadir. Merchandisenya juga beragam ada yang memeberi mug, piring, pin, kerudung lalu gantungan kunci dll

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates