Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Penggunaan Lipstik

Ketahui Bahaya Penggunaan Lipstik

Ketahui Bahaya Penggunaan Lipstik

Ketahui Bahaya Penggunaan Lipstik

Ketahui Bahaya Penggunaan Lipstik

Ketahui Bahaya Penggunaan Lipstik – Lipstik merupakan salah satu dari alat make up dari sekian banyak peralatan yang biasa digunakan kaum wanita. Lipstik sendiri pada saat ini sudah mempunyai berbagai jenis serta fungsinya. Seperti terdapat jenis lipstik yang hanya digunakan untuk melembabkan pada bagian bibir, serta terdapat jenis lipstik yang bertujuan untuk mewarnai bibir, dengan demikian bibir  akan tampak lebih menarik. Manfaat lain dari lipstik sendiri, diantaranya:

1.    Untuk mempercantik diri
2.    Meningkatkan kepercayaan diri
3.    Menutupi dan menyamarkan luka dan juga kerusakan pada bibir
4.    Melembabkan bibir
5.    Mengkilapkan bibir
6.    Membuat wajah menjadi terlihat tidak pucat
7.    Untuk menarik perhatian kaum pria
8.    Dapat meningkatkan mood

Meskipun mempunyai banyak sekali kegunaan dari penggunaan lipstik serta digemari oleh kebanyakan wanita, akan tetapidibalik banyaknya manfaat tersebut terdapat bahaya dari pengguna lipstik. Berikut merupakan beberapa bahaya lipstik untuk kesehatan, diantaranya:

1.    Dapat menyebabkan bibir menjadi menghitam
Pada dasarnya dari kebanyakan lipstick diproduksi agar dapat merubah warna pada bibir supaya menjadi lebih menarik, akan tetapi akibat penggunaan lipstik yang tidak tepat bisa mengakibatkan timbulnya gangguan dimana kondisi bibir menjadi menghitam. Selain menyebabkan bibir menjadi hitam serta dapat mengakibatkan wajah akan tampak menjadi sangat pucat. Keadaan menghitamnya bibir tersebut merupakan akibat adanya pengendapan pada pigmen warna yang terdapat dalam lipstik. Apabila lipstick terlalu sering dipakai, tanpa dilakukan pembersihan terlebih dahulu, maka dapat mengakibatkan pigmen warna pada lipstick akan menjadi mengendap, serta pada akhirnya dapat menyebabkan bibir menjadi hitam.

Berikut merupakan beberapa tips agar dapat mencegah timbulnya gejala bibir menjadi menghitam, diantaranya :
a.    Selalu membersihkan lipstick dari bibir secara benar setelah digunakan
b.    Gunakan warna lipstik yang tidak mudah mengendap
c.    Selalu menggunakan produk lipstik dari merk serta tipe yang tepercaya.

2.    Dapat menyebabkan alergi
Alergi dibagian bibir dapat muncul, terutama jika kandungan pigmen serta bahan kimia yanglainnya yang ada di dalam lipstick tidak bisa diterima oleh system kekebalan pada tubuh secara baik. Hal tersebut dapat mengakibatkan bibir akan menjadi terasa gatal serta menyebabkan bibir pecah – pecah.

3.    Waspada kandungan merkuri pada kosmetik
Merkuri merupakan salah satuk andungan yang sangat berbahaya yang ada dalam produk kosmetik, tidak terkecuali pada produk lipstik. Kandungan merkuri ini terdapat dalam produk lipstik serta produk kecantikan yang lainnya pada merk yang palsu. Kandungan merkuri dalam kosmetik salah satunya lipstik bisa menyebabkan kanker. Agar dapat mencegah bahaya yang akan terjadi, berikut merupakan tips yang harus dilakukan yaitu :

a.    Selalu gunakan produk lipstik yang original serta berkualitas
b.    Jangan pernah tergiur dengan harga yang jauh lebih ekonomis
c.    Selalu tanyakan kandungan yang tedapat dalam lipstick tersebut
d.    Gantilah tipe ataupun merk lipstik yang digunakan, jika dirasa tidak cocok, bahkan sampai menyebabkan alergi.

4.    Terdapat kandungan methyl paraben
Kandungan lainnya yang bisa mengakibatkan timbulnya bahaya pada lipstick yaitu terdapat kandungan methylparaben. Bahan tersebut adalah salah satu bahan yang kebanyakan ada dalam beberapa merk lipstik. Kandungan methylparaben dalam lipstik ini dapat berbahaya, sebab bisa meningkatkan resiko pada penggunanya untuk terserang kanker, sama halnya seperti pada kandungan merkuri.

5.    Dapat menyebabkan gangguan reproduksi
Produk lipstick juga sebagian mempunyai kandungan retinyl palmitate. Dimana kandungan tersebut bisa menyebabkan kanker, juga bisa mengakibatkan gangguan pada organ system reproduksi wanita.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates