Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Penyakit Pada Bibir

Ketahui Jenis Penyakit Pada Bibir

Ketahui Jenis Penyakit Pada Bibir

Ketahui Jenis Penyakit Pada Bibir

Ketahui Jenis Penyakit Pada Bibir

Ketahui Jenis Penyakit Pada Bibir – Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang harus di jaga kesehatanya sebab dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Jenis penyakit yang terjadi pada bagian bibir adalah akibat kerusakan serta kelainan yang terjadi dirongga mulut yang meliputi bagian bibir dalam serta bagian bibir luar. Penyakit yang terjadi di bagian bibir bisa menyerang semua usia serta relatif mudah untuk disembuhkan selama jenis penyakit yang dialami bukan dari golongan akibat pertumbuhan sel yang abnormal. Berikut merupakan penyakit bibir yang dapat terjadi, diantaranya:

1.    Herpes simpleks
Penyakit herpes simpleks merupakan jenis penyakit bibir yang sering menyerang orang dewasa dan orang tua. Penyakit ini muncul karena serangan virus hominis yang biasa menyerang bagian bibir dan menyebabkan efek rasa panas, gatal, nyeri dan bibir tidak nyaman ketika makan.

2.    Sariawan
Meskipun sariawan mudah disembuhkan, akan tetapi apabila tidak segera ditangani bisa berbahaya. Sariawan dapat menyebabkan iritasi, luka, terjadilepuhan yang memerah serta dapat mengakibatkan timbulnya bau mulut dan juga bisa meningkatkan perkembangbiakan bakteri pada rongga mulut.

Sariawan terjadi sering diakibatkan karena keadaan tangan yang kotor, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi bakteri, karena permukaan bibir yang terlalu sensitive karena adanya bahan pengawet dalam makanan serta akibat zat kimia yang terdapat dalam obat- obatan tertentu.

3.    Kanker
Kanker bibir adalah jenis penyakit yang terjadi padabibir yang timbul karena pembentukan sel yang abnormal yang diakibatkan oleh gaya hidup serta kebiasaan buruk yang biasa dilakukan selama bertahun – tahun misalnya seringnya terpapar sinar matahari sebab bahaya radiasi sinar matahari dapat memicu timbulnya selyang abnormal. Selain akibat radiasi matahari juga akibat mengkonsumsi minuman beralkohol, akibat kebiasaan merokok yang berlebihan serta akibat serangan viva papilloma.

4.    Penyakit Kawasaki
Penyakit Kawasaki merupakan jenis penyakit gangguan yang terjadi dimana terdapat bintik- bintik hitam serta berwarna kecokelatan yang biasanya menyerang anak- anak pada usia dibawah 8 tahun. Dimana gejala umumnya yakni timbul luka – luka, bibir mengalami pecah -pecah, bibir kering serta mudah mengalami iritasi.

5.    Jerawat bibir
Jerawat adalah jenis penyakit pada bagian bibir yang umum dialami banyak orang karena terjadi ketidakseimbangan hormone sebagai akibat daya tahan tubuh yang menurun ataupun dapat juga diakibatkan serangan bakteri yang terdapat dalam kosmetik bibir. Jerawat bibir dapat ditandai dengan gejala timbulnya bintil – bintil gelembung akan tetapi tidak terisi cairan, apabila terluka sehingga dapat menimbulkan rasa perih serta akan rentan menulari pada bagian permukaan kulit di daerahnya yang akan mengakibatkan tumbuhnya jerawat yang baru.

6.    Angular cheilitis
Angular cheilitis merupakan peradangan yang terjadidi bagianmulut. Gangguan di bagianmulut termasukdi bagian bibir ini diakibatkan terjadinya infeksi bakteri serta jamur candida. Peradangan yang paling sering terjadi yakni disudut bibir yang dapat menyebabkan rasa nyeri serta menurunnya nafsu makan.

7.    Sindrom Sjogren
Sindrom sjogren adalah jenis penyakit autoimun yang dapat menyerang kelenjar air mata serta dapat mengakibatkan terjadinya gangguan dipermukaan kulit bibir yakni kulit akan menjadi merah meradang, akan terasa panas, kering serta dapat mengakibatkan penderitanya sering kehausan.

8.    Eksim (dermatitis)
Eksim adalah jenis penyakit yang tidak hanya akan menyerang kaki, tangan serta tubuh yang terbuka lainnya, namun juga dapat terjadi pada bibir yang disebut dengan eksimbibir. Eksim adalah penyakit peradangan yang diakibatkan bakteri serta alergi akibat mengkonsumsi jenis makanan tertentu atau makanan yang sudah terkontaminasi bakteri. Eksim pada bibir dapat mengakibatkan penyebaran luka, menimbulkan rasa nyeri serta menyebabkan pembengkakan apabila terjadi radang akut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates