Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Tips Mengurangi Halitosis pada Saat Puasa

Ketahui Tips Mengurangi Halitosis pada Saat Puasa

Ketahui Tips Mengurangi Halitosis pada Saat Puasa

Ketahui Tips Mengurangi Halitosis pada Saat Puasa

Ketahui Tips Mengurangi Halitosis pada Saat Puasa

Ketahui Tips Mengurangi Halitosis pada Saat Puasa – Bau mulut pada saat puasa adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang ketika menjalankan puasa, bahkan kondisi baumulut yang timbul pada saatberpuasadapatlebihmenyengat dari pada biasanya dengan demikian bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman pada saat berada serta berbicara dengan jarak dekat. Pada saat melakukan puasa sehingga tidak ada makanan ataupun minuman yang masuk dengan demikian akan membuat mulut menjadi kekeringan akibat kurangnya cairan dalam ludah atau sativa. Kurangnya cairan ludah tersebut di dalam mulut dapat membuat bakteri akan berkembang lebih cepat dengan demikian dapat menyebabkan halitosis atau baumulut.

Akan tetapi meskipun demikian artinya bukan tidak dapat mengatasi bau mulut pada saat berpuasa, namun dapat mensiasati hal tersebut dengan beberapa langkah berikut, diantaranya:

1.    Konsumsi Air 8 Gelas Sehari
Hal yang pertama harus dilakukanya itu memastikan bahwa kondisi tubuh tidak mengalami kekurangan cairan, dimana setidaknya untuk mengkonsumsi delapan gelas air dalam satu hari.  Semua sudah mengetahui bahwa pada saat sedang berpuasa dilarang untuk mengkonsumsi makanan maupun minuman disiang hari dengan demikian agar dapat mengatasi hal tersebut kita harus mengikuti pola 2 + 4 + 2  untuk mengkonsumsi air supaya asupan cairan yang ada di dalam tubuh dapat tetap terpenuhi.

Pola 2 + 4 + 2 ini merupakan anjuran untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2 gelas pada saat berbuka kemudian 4 gelas pada saat makan malam sampai menjelang tidur serta 2 gelas pada saat  sahur. Apabila mengikuti pola ini dengan demikian selain dapat menjaga tubuh tetap sehat akan tetapi juga dapat mengatasi kondisi halitosis atau bau mulut.

2.    Menggosok Gigi
Apabila biasanya menggosok gigi ketika pagi hari serta malam hari sehingga pada saat menjalani ibadah puasa tentunya kebiasaan ini juga harus disesuaikan sebab menggosok gigi pada saat sedang menjalani puasa dianggap makruh. Supaya kondisi mulut tetap dalam kondisi segar serta dapat terhindar dari kondisi bau mulut pada bulan puasa dengan demikian gosoklah gigi pada waktu setelah buka serta setelah sahur ataupun dapat ditambah dengan menggosok gigi pada waktu sebelum tidur malam. Agar dapat hasil yang maksimal dengan demikian gunakanlah mouthwash, akan tetapi cukup dua kali dalam satu minggu saja sebab apabila terlalu sering menggunakan mouthwash dapat menyebabkan mulut menjadi kering.

3.    Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi serta untuk mencegah bau mulut pada saat berpuasa yaitu dengan rajin mengkonsumsi sayur serta buah – buahan pada saat berbuka ataupun pada saat sahur sebab hal tersebut dapat membantu untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut dengan demikian akan mengurangi bau mulut.

4.    Hindari Rokok
Merokok adalah salah satu penyebab halitosis atau bau mulut dengan demikian pada saat dibulan puasa harus menghindari rokok. Selain itu juga, untuk seseorang yang ingin mencegah kondisi kulit keriput pada usia muda dengan demikian jauhi rokok serta alkohol.

5.    Hindari Makanan Yang Menyengat
Tips yang selanjutnya yaitu harus menghindari jenis makanan yang menyengat misalnya bawang putih ataupun bawang merah supaya nafas menjadi tetap segar pada saat berpuasa. Apabila tidak dapat menghindari jenis makanan tersebut dengan demikian alangkah baiknya langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsinya ataupun dapat mengunyah beras sebab cara ini bisa terbilang ampuh dalam mengurangi bau mulut dengan cara alami.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates