Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengobati Bisul dengan Cara Alami

Tips Mengobati Bisul dengan Cara Alami

Tips Mengobati Bisul dengan Cara Alami

Tips Mengobati Bisul dengan Cara Alami

Tips Mengobati Bisul dengan Cara Alami

Tips Mengobati Bisul dengan Cara Alami – Kata bisul sudah tidak asing lagi di dengar, sebab kondisi bisul dapat terjadi pada siapa saja tua maupun muda, laki- laki maupun perempuan. Bisul berasal dari bahasa latin yang disebut dengan abscessus, yaitu kumpulan suatu nanah dimana terakumulasi serta terkumpulnya di bagian rongga-rongga jaringan apabila sudah mengalami infeksi akibat sesuatu. Bisul adalah salah satu macam penyakit yang menular, terutama dapat melalui kontak dengan kulit. Pada saat bisul sudah berukuran besar serta kemudian pecah, dengan demikian bisul dapat mengeluarkan nanah dimana isi dari nanah tersebut berisi bakteri, yang bisa menyebabkan bisul didaerah lain dengan kontak langsung bersama bakteri tersebut. Sebelum bakteri tumbuh serta berkembang menjadi kondisi bisul, terdapat beberapa tahap yang harus dilewati, sebagai berikut:

1.    Jika bakteri yang sudah masuk ke dalam tubuh, dapat mengeluarkan racun serta dapat membunuh sel – sel yang ada dibagian lapisan kulit.

2.    Bakteri akan masuk ke dalam tubuh dengan melalui jaringan kulit.

3.    Dengan cara alami, pada saat infeksi yang diakibatkan oleh bakteri yang terjadi, dengan demikian tubuh dapat mengeluarkan sel darah putih agar dapat melawan bakteri tersebut.

4.    Setelah tubuh melawan dengan menggunakan sel darah putih yang ada dalam tubuh, dengan demikian sel kulit dapat menutup racun tersebut supaya tidak menyebar yakni dengan cara membentuk dinding.

5.    Proses pembentukan dinding tersebut dapat membentuk bisul, yang di dalamnya akan berisi racun serta berisi nanah.

Bisul adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong penyakit ringan, serta dapat dengan mudah untuk disembuhkan. Berikut merupakan beberapa langkah untuk mengobati kondisi bisul, diantaranya:

1.    Dikompres dengan menggunakan air hangat
Air hangat bisa berperan dalam membunuh kuman serta bakteri yang ada di daerah tubuh yang mengalami bisul. Selaini tu juga, air hangat dapat mengatasi masuk angin.

2.    Memanfaatkan obat salep untuk penyakit bisul
Terdapat banyak jenis obat bisul salah satunya dengan sediaan salep. Salep untuk obat bisul penggunaannya sangat mudah yakni dengan mengoleskan salep ke daerah yang mengalami bisul.

3.    Konsumsi obat yang dapat membersihkan darah
Dengan mengkonsumsi obat jenis suplemen serta obat – obatan yang mempunyai kandungan sebagai pembersih darah, dengan demikian dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah dengan lebih banyak serta bisa membunuh kuman sebagai penyebab bisul yang ada di dalam tubuh.

4.    Menggunakan bawang putih
Bawang putih adalah salah satu bahan dalam makanan yang mempunyai banyak manfaat sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu sebagai obat jerawat dan bisul.

5.    Memanfaatkan daun ubi jalar
Kandungan daun ubi jalar mempunyai khasiat sebagai obat bisul. Dengan beberapa lembar daun ubi jalar, dimana ubi jalar dibuat layu dengan medekatkanya pada api. Apabila sudah layu, kemudian kompres bisul yang terjadi pada tubuh.

6.    Menggunakan parutan buah timun
Timun dan buah pala berkhasiat sebagai penangkal racun. Dengan demikian jika memanfaatkan ke dua bahan tersebut dapat mengobati bisul yang terjadi pada tubuh.

7.    Menggunakan daun cabe
Selain kandungan vitamin C yang terdapat dalam cabe yang dapat berguna untuk menjaga imunitas tubuh, daun cabe juga mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit bisul.

8.    Menggunakan daun kangkung
Kangkung mengandung zat besi tinggi yang dapat mencegah anemia. Selain itu juga, kandungan dalam sayur kangkung dapat mengobati bisul.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates