Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Saat Sakit

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Saat Sakit

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Saat Sakit

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Saat Sakit

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Saat Sakit

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Pada Saat Sakit – Pada saat jatuh sakit seperti yang diketahui bahwa tubuh dapat terasa lemas, panas serta tidak bertenaga dengan demikian akan menjadi malas dalam melakukan berbagai macam aktivitas sehari – hari. Tidak hanya hal itu, bahkan pada saat kondisi demam ataupun sakit dapat membuat berat badan menjadi menurunsebagai akibat menurunya nafsu makan.

Pada saat dalam kondisi sakit menurunya nafsu makan adalah sesuatu yang wajar sebab biasanya jika sedang dalam kondisi sakit sehingga kondisi mulutpun dapat merasa pahit maka jenis makanan dengan rasa yang enak sekalipun akan menjadi terasa tidak enak pada lidah. Padahal perlu diketahui bahwa pada saat sakit, seseorang memerlukan asupan makanan yang cukup, sebab hal tersebut dapat berpengaruh besar dalam proses penyembuhan.
Berikut merupakan cara untuk meningkatkan nafsu makan pada saat sedang dalam kondisi sakit, diantaranya:

1.    Ciptakan Suasana Menyenangkan
Pada saat sedang dalam kondisi sakit biasanya seseorang tidak dapat menyukai suasana yang keadaanya ribut apalagi terdapat banyak suara – suara yang bising sebab dapat membuat kepala akan menjadi tambah pusing. Setiap orang pastinyamempunyai keinginan suasana yang tenang agar proses penyembuhan dapat berjalan secara cepat. Selain dapat membuat terasa tenang, suasana yang nyaman dan dapat menyenangkan, hal tersebut akan sangat membantu sebabbisa dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada saat sedang sakit. Dengan demikian, untuk seseorang yang tidak nafsu makan pada saat sedang sakit sehingga cobalah untuk menciptakan kondisi suasana yang menyenangkan supaya nafsu makan dapat kembali meningkat.

2.    Hindari Gorengan dan Makanan Bersantan
Pada saat keadaan tubuh fit dengan mengkonsumsi jenis makanan yang bersantan serta konsumsi makanan yang di goreng memang sangat enak untuk dikonsumsi serta dapat menggugah selera, akan tetapi jika kondisi tubuh masih sedang tidak fit atau dalam kondisi demam dengan demikian jenis makanan yang bersantan maupun makanan yang digoreng sangatlah tidak disarankan sebabjenis makanan ini dapat mengakibatkanseseorang menjadi mual dan juga muntah. Sehigga, alangkah baiknya hindarilah jenis makanan tersebut serta pilihlah jenis makanan yang pengolahanya dengan cara direbus ataupun sedikit santan supayatidak menyebabkan mual.

3.    Konsumsi Makanan Berenergi Tinggi
Mengkonsumsi makanan yang berenergi sangatlah penting untuk seseorang yang sedang dalam kondisi sakit sebab dapat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Perlu diketahui bahwa pada saat sakit menyebabkan tubuh mengalami penurunan energy, dengan demikian seseorang yang sakit harus mengembalikan energinya dengan mengkonsumsi jenis makanan yang berenergi misalnya telur, sup, soto daging serta jenis makanan lainnya.

4.    Makanlah Dalam Porsi Kecil Tapi Sering
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada saat badan jatuh sakit dengan demikian segala jenis makanan rasanya menjadi tidak enak sebab lidah akan terasa pahit. Agar dapat mengatasinya supaya nafsu makan menjadi tidak menurun dengan demikian cobalah untuk mengkonsumsi jenis makanan dalam porsi yang kecil serta sedikit meskipun tidak terlalu mengenyangkan akan tetapi usahakan supaya makan dengan frekuensi yang sering.

5.    Sajikan Makanan Dengan Tampilan Menarik
Untuk cara yang terakhir agar sapat meningkatkan nafsu makan yaitu dengan menyajikan jenis makanan yang memiliki tampilan yang menarik. Meskipun untuk menyajikannya sedikit merepotkan akan tetapi cara ini benar – benar ampuh dalam menggugah selera makan menjadi lebih tinggi.
Asupan makan merupakan salah satu faktor untuk menentukan kesembuhan pada saat sedang sakit. Semakin tinggi selera makan dengan demikian akan semakin cepat untuk sembuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates