Tuesday , 21 November 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui 10 Jenis Gaya Hidup Tidak Sehat

Ketahui 10 Jenis Gaya Hidup Tidak Sehat

Ketahui 10 Jenis Gaya Hidup Tidak Sehat

Ketahui 10 Jenis Gaya Hidup Tidak Sehat

Ketahui 10 Jenis Gaya Hidup Tidak Sehat

Ketahui 10 Jenis Gaya Hidup Tidak Sehat – Gaya hidup sehat merupakan suatu langkah yang dilakukan agar dapat memperoleh kesehatan tubuh yang optimal. Terdapat beberapa aktivitas untuk menempuh gaya hidup yang sehat dan tentunya harus dilakukan secara rutin. Seperti melakukan olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan dengan kaya asupan nutrisi yang cukup, minum sedikitnya 8 gelas per hari, dan masih banyak lagi langkah untuk menempuh hidup sehat.

Ketika seseorang sering sakit, maka salah satu faktornya akibat kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat, dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga akan rentan sakit. Lalu apa saja jenis gaya hidup yang tidak sehat, berikut penjelasanya:

1.    Sering Bangun Tidur Tiba–Tiba
Perlu diketahui bahwa pada saat kita dalam kondisi tidur, otot- otot akan mengendur dan beristirahat sedangkan ketika beraktifitas otot akan mengalami kontraksi atau ketegangan. Pada saat sedang tertidur lelap kemudian tiba-tiba terbangun, tidak jarang seseorang merasakan pusing serta bingung akan arah. Jika hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang, maka akan menjadi tidak baik untuk fungsi kinerja otak.

2.    Sering Bangun Kesiangan
Kesiangan adalah salah satukebiasaan buruk yang yang menyebabkan fisik akan cenderung mudah terserang suatu penyakit, salah satunya penyakitkanker hati.

3.    Tidak Sarapan Pagi
Hasil penelitian menyimpulkan diketahui bahwa anak-anak sekolah yang tidak melakukan sarapan akan menurunkan kemampuan dalam memecahkan suatu masalah di usia sekolah.

4.    Kurang Minum Air Putih
Pada saat tidak membiasakan diri untuk minum air putih, maka akan mempengaruhi kondisi kesehatan individu tersebut, sebagai berikut :

a.    Menggangu Fungsi kerja Otak,
b.    Infeksi pada Kandung Kemih,
c.    Kulit akan tampak Kusam
d.    Membahayakan organ Ginjal
e.    Gangguan Kesehatan yang lainnya .

5.    Sering Tidak Mandi
Beberapa orang yang memiliki kesibukan yang minim atau pengangguran, pada saat tidak melakukan kegiatan keluar rumah masih banyak yang tidak menjaga kebersihan diri, dalam hal ini yaitu mandi pagi. Manfaat mandi sendiri salah satunya dapat membersihkan kotoran yang terdapat dalam tubuh serta dapat mencegah stres. Mandi juga berperan dalam menjaga imunitas agar tidak mudah terserang penyakit.

6.    Makan Terlalu Cepat
Idealnya kita harus mengunyah makanan sampai halus agar organ pencernaan tidak akan bekerja dua kali.Perlu diketahui dimana penyakit asam lambung dapat diakibatkan oleh makanan yang ditelan masih dalam bentuk yang kasar. Dengan demikian lambung serta usus halus akan dituntut untuk bekerja keras untuk mengolahnya.

7.    Konsumsi Lemak Berlebihan
Kondisi obesitas dimana salah satu penyebabnya akibat konsumsi lemak yang berlebihan. Hal tersebut juga dipengaruhi karena aktifitas fisik yang kurang sehingga dapat memicu terjadinya berbagai jenis penyakit kronis, sepertihipertensi,jantung,diabetesdan sebagainya.

8.    Makan Dalam Kondisi Panas
Konsumsimakanan yang masih dalam kondisi panas bisamengakibatkan rasa sakit, perih, panas, kembung dan mual pada permukaan selaput lendir saluran cerna. Hal tersebut tentunya apabila dibiarkan, akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat setelah makan ataupun ketika makan.

9.    Makan Gorengan
Mengkonsumsi makanan dengan pengolahan dengan cara digoreng bisa merangsang untuk pembentukan suatu senyawa karsignogenik, yakni suatu senyawa yang dapatmemicu penyakit kanker, yang bernama akrilamida.

10.    Minum Alkohol
Minumman Khamar atau dikenal dengan minuman keras seperti minuman alcohol kandungannya lebih banyak bahayanya dibandingkan manfaatnya. Salah satunya apabila minum alkohol dapat menyebabkan terjadinya kerusakan di seluruh bagian tubuh manusia, misalnya pembuluh darah, system syaraf, hati, jantung, serta saluran pencernaan, dan lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates