Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Kesalahan pada Saat Mencuci Muka

Ketahui Seputar Kesalahan pada Saat Mencuci Muka

Ketahui Seputar Kesalahan pada Saat Mencuci Muka

Ketahui Seputar Kesalahan pada Saat Mencuci Muka

Ketahui Seputar Kesalahan pada Saat Mencuci Muka

Ketahui Seputar Kesalahan pada Saat Mencuci Muka – Cuci muka adalah salah satu cara untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran ataupun debu yang menempel di bagian wajah. Meskipun mencuci muka merupakan sesuatu yang biasa dalam melakukannya, akan tetapi masih banyak orang yang salah dalam melakukan mencuci muka. Terjadi kerusakan pada kulit serta timbulnya jerawat pada wajah merupakan akibat dari kesalahan dalam mencuci muka.

Kesalahan pada saat mencuci muka bisa membuat kulit pada wajah menimbulkan masalah. Dengan demikian harus mengetahui cara yang benar untuk mencuci muka. Dianjurkan untuk setiap harinya harus mencuci muka minimal dua kali dalam satu hari agar dapat menghilangkan kotoran ataupun debu yang menempel pada wajah.
Berikut merupakan kesalahan yang sering dilakukan pada saat mencuci muka, diantaranya:

1.    Mencuci muka dengan telapak tangan yang kotor
Telapak tangan merupakan bagian kulit yang sangat sering melakukan kontak dengan berbagai jenis benda. Benda yang dipegang tersebut tidak tahu tingkat kebersihannya, dimana kemungkinan besar terdapat banyak kotoran serta bakteri yang berkumpul pada telapak tangan. Apabila membersihkan muka tanpa terlebih dahulu membersihkan telapak tangan maka sama dengan memindahkan semua kotoran serta bakteri yang terdapat pada telapak tangan. Dengan demikian pastikanlah untuk membersihkan terlebih dahulu telapak tangan sebelum membersihkan wajah anda.

2.    Sembarang pilih produk
Kebanyakan orang menggunakan produk cuci wajah sembarangan, tanpa melihat komposisi dari produk pencuci wajah tersebut. Dalam memilih produk dengan sembarangan serta tidak sesuai bisa menyebabkan timbulnya masalah pada kulit wajah misanya flek hitam, minyak berlebih, timbulnya jerawat, dan lainnya.

3.    Menggunakan pelembap untuk kulit kering
Penggunaan pelembap bisa menghalangi radikal bebas, partikel asing serta racun yang dapat berbahaya untuk kesehatan kulit. Anda bisa mengoleskan pelembap sesudah mencuci muka supaya lebih lembap. Pijatlah area wajah secara lembut serta dengan melingkar agar dapat hasil yang lebih maksimal.

4.    Menggunakan suhu air yang salah
Kebanyakan orang untuk mencuci muka dengan menggunakan air panas agar dapat membuka pori -pori serta engan menggunakan air dingin agar dapat menutup pori – pori. Akan tetapi, sebetulnya pori – pori tidak mempunyai otot untuk membuka serta untuk menutup dengan demikian tidak perlu untuk melakukan hal tersebut sebab penggunaan air panas bisa membuat kondisi kulit wajah menjadi iritasi serta menyebabkan kering.

5.    Terlalu sering cuci muka atau hanya sekali dalam sehari
Dengan mencuci muka bisa membersihkan kotoran yang ada pada wajah. Mencuci muka dua kali saja sudah cukup yaitu pada pagi serta malam hari. Mencuci muka secara sering bisa menipiskan kulit muka serta tidak bagus untuk kesehatan kulit.

6.    Terlalu sering exfoliasi
Pada umumnya, exfoliasi dapat dilakukan sekitar 1 sampai tiga kali dalam satu minggu. Hindari  melakukan dengan berlebihan serta sembarangan dalam menggosok scrub sebab bisa membuat kulit menjadi iritasi, peradangan, infeksi serta menyebabkan kulit menjadi kering, selain itu juga dapat mengakibatkan jerawat di daerah kulit wajah.

7.    Kebiasaan menggosok
Untuk menggunakan masker, pembersih ataupun exfoliant harus berhati – hati dalam penggunaanya dalam semua jenis kulit. Jika sembarangan dalam menggosok kulit wajah ataupun terlalu kencang bisa menarik kulit. Oleh sebab itu, hindari menggosok kulit pada wajah secara kencang dengan kondisi kering sebab bisa mempengaruhi elastisitas pada kulit wajah.

8.    Menggunakan handuk kasar
Apabila sudah membersihkan wajah hindari penggunaan handuk yang berbahan kasar, hal tersebut dapat menyebabkan wajah menjadi iritasi. Gunakanlah handuk yang khusus untuk lap wajah dengan berbahan lembut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates